02 September 2023
4 menit baca

Menggali Potensi Kreatif Profesi Creativepreneur, Punya Prospek Bisnis Unik!

4 menit baca

 

Bekerja sesuai passion atau hobi memang jadi keinginan banyak orang, mungkin Anda salah satunya. Pilihan untuk bisa berkarir sesuai hobi bisa dilakukan dengan bekerja sebagai creativepreneur. Terlebih, peluang bisnis di bidang kreatif sedang tumbuh pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Tertarik untuk mendalami pekerjaan dengan profesi creativepreneur? 

 

Apa Itu Profesi Creativepreneur?

 

Profesi creativepreneur adalah sebutan untuk individu yang menggabungkan kreativitas dan keahlian wirausaha dalam menjalankan bisnis. Seorang creativepreneur biasanya memiliki bakat dan minat mendalam di bidang kreativitas seperti seni, desain, musik, atau bahkan memproduksi konten kreatif. Nah, keterampilan tersebut lah yang akan digunakan untuk menciptakan produk atau layanan unik dan inovatif yang dipasarkan kepada pelanggan.

 

Dalam menjalankan bisnis kreatifnya, seorang creativepreneur juga mesti paham mengenai strategi pemasaran, branding, hingga manajemen keuangan yang baik. Bisa dibilang, creativepreneur memainkan peran ganda, yaitu sebagai seniman sekaligus pengusaha. 

 

Baca Juga: Solopreneur: Bangun Bisnis Tanpa Karyawan, Perhatikan Hal Ini Sebelum Mulai!

 

Keuntungan Profesi Creativepreneur 

 

Seorang creativepreneur tidak hanya leluasa mengekspresikan kreativitasnya saat bekerja, namun juga memiliki banyak keuntungan lain sebagai berikut:

 

  • Kesempatan Mengekspresikan Diri 

Seperti yang sudah disebutkan, creativepreneur memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri secara kreatif. Terutama karena mereka menciptakan produk dan layanan yang unik dan inovatif. Selain itu, mereka cenderung akan merasa lebih puas dengan hasil pekerjaan yang dilakukan karena dapat menuangkan kreativitasnya pada media yang tepat.

 

  • Bekerja Sesuai Passion 

Profesi sebagai creativepreneur umumnya ditekuni individu yang sedari awal memang memiliki bakat dan minat di bidang kreatif. Mereka cenderung telah melatih bakat atau passion tersebut sebelum memutuskan untuk menjual kemampuannya. Jadi, seorang creativepreneur memiliki kesempatan untuk bekerja dan menghasilkan pendapatan dari sesuatu yang mereka sukai.

 

  • Berpotensi Berpenghasilan Tinggi

Jika seorang creativepreneur menghasilkan produk dan layanan unik yang bernilai tinggi, kemungkinan besar produk tersebut akan jadi rebutan di pasaran. Nah, kesempatan ini dapat digunakan untuk mengontrol harga. Alhasil, seorang pebisnis kreatif berpeluang menghasilkan pendapatan besar. Tentu saja waktu yang dibutuhkan untuk mencapai posisi ini tidak sebentar. Dibutuhkan kerja keras dan konsistensi tinggi agar seorang creativepreneur dapat bersaing industri kreatif.

 

  • Fleksibilitas Waktu

Keuntungan sebagai creativepreneur berikutnya adalah memiliki fleksibilitas waktu dalam bekerja. Jadwal kerja dapat ditentukan sendiri, sehingga bisa menyesuaikan dengan kehidupan pribadi. Sehingga, mereka dapat leluasa untuk bisa bekerja sesuai kondisi, preferensi, dan kebutuhan. Selain itu, mereka juga cenderung dapat bekerja dari mana saja. Jadi, ketika ingin istirahat, mereka dapat memutuskan untuk tidak menerima klien atau memproduksi karya apapun.  

 

Baca Juga: Menerapkan Metode SMART untuk Mencapai Tujuan Bisnis yang Efektif

 

Tantangan Profesi Creativepreneur

 

Tantangan yang dihadapi orang-orang dengan profesi creativepreneur terbilang unik dan menarik. Berikut beberapa tantangan yang kemungkinan akan dihadapi oleh creativepreneur:

 

  • Harus Terus Menjaga Kreativitas 

Para creativepreneur dituntut untuk terus menghidupkan keterampilan kreatif mereka, sebab pekerjaan mereka bergantung pada ide-ide tersebut. Mereka harus terus menemukan inspirasi baru, menciptakan inovasi, dan mengatasi creative block atau keterbatasan ide untuk tetap bisa berkarya. Mencari cara agar selalu dalam kondisi baik inilah yang seringkali menjadi tantangan tersendiri. Setiap individu tentu harus punya cara masing-masing agar bisa bertahan di industri kreatif.

 

  • Mengikuti Perkembangan Industri

Industri kreatif adalah industri yang dinamis. Banyak tren yang cepat berubah dan membutuhkan penanganan berbeda-beda. Tidak heran jika pengusaha dan pekerja kreatif diharuskan untuk selalu up-to-date dengan tren dan perkembangan industri. Kemampuan ini berguna agar tetap relevan dan kompetitif di tengah persaingan pasar, sehingga tercipta produk-produk atau layanan yang dapat mengikuti selera pasar.

 

  • Menghadapi Ketidakpastian

Profesi creativepreneur tidak seperti karyawan atau pegawai yang pekerjaannya cenderung stabil karena memperoleh gaji bulanan sesuai ketetapan. Mereka biasanya akan menghadapi isu soal stabilitas pekerjaan. Sama seperti banyak bisnis lainnya, penghasilan yang diperoleh sangat bergantung pada pasar dan juga dari ide-ide kreatif yang mereka hasilkan. Jadi, dibutuhkan kesiapan mental yang baik untuk menghadapi tantangan ini dengan tetap tekun dan mudah beradaptasi.

 

  • Keterampilan Manajemen Waktu 

Pekerjaan sebagai creativepreneur memang cenderung fleksibel dari segi waktu dan tempat. Namun, fleksibilitas dapat menjadi tantangan tersendiri yang harus diatasi. Fleksibilitas waktu berarti harus mampu mengatur jadwal sendiri dan disiplin mengikutinya agar tetap produktif meski tanpa adanya pengawasan. Caranya adalah dengan menetapkan tujuan kerja yang ingin dicapai dan tentukan waktu pengerjaannya. Jangan lupa untuk terus mengikutinya secara konsisten.

 

  • Sistem Manajemen Keuangan 

Tantangan sebagai seorang creativepreneur berikutnya adalah kemampuan mengelola keuangan. Termasuk untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran, mengecek pembayaran klien, membuat pembukuan keuangan, dan mengatur anggaran keuangan pribadi dan bisnis secara terpisah. Meski terlihat sepele, namun kemampuan ini sangat menentukan keberlanjutan bisnis ke depan..

 

Baca Juga: Manajemen Keuangan Usaha untuk Pelaku UMKM yang Harus Anda Terapkan

 

Peluang Menjalankan Profesi Creativepreneur

 

Pada era digital saat ini, menjadi seorang creativepreneur memberikan peluang yang luas. Manfaatkan akses internet dan platform online untuk menjangkau audiens global dalam menjual karya yang dibuat. Selain itu, berkolaborasi dengan sesama creativepreneur juga akan sangat membantu dalam membuka peluang bisnis yang lebih besar..

 

Terlebih saat ini permintaan konten kreatif cukup meningkat setelah banyak bisnis yang saat ini mengutamakan online presence mereka di media sosial. Peluang seperti inilah yang bisa dicoba untuk dikembangkan sembari terus mengasah ide-ide unik dan kreatif. Dengan begitu, jalan menjadi seorang creativepreneur semakin terbuka lebar. 

 

Beberapa contoh pekerjaan yang termasuk dalam creativepreneur dan mungkin akan menarik minat Anda saat ini antara lain; menjalankan bisnis desain grafis, memproduksi konten-konten foto dan video di media sosial sebagai content creator, atau menjual produk kerajinan tangan. Tertarik untuk pindah karier?

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan Paling Cuan di Tahun 2023

 

Menjadi seorang creativepreneur adalah pilihan yang menarik bagi individu yang memiliki minat dan bakat dalam bidang kreatif. Kombinasi antara kreativitas dan kemampuan bisnis atau wirausaha dapat menjadi menciptakan kesuksesan karir seorang creativepreneur.

 

Nah, jika Anda adalah pemilik bisnis yang ingin memiliki kemudahan dalam membuat laporan keuangan berstandar akuntansi keuangan atau PSAK, legalitas, hingga membutuhkan solusi dan pengembangan terkait bisnis, konsultasikan secara GRATIS dengan MBN Consulting.

 

MBN Consulting telah dipercaya oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk berkolaborasi dalam mendukung pengembangan UKM dan UMKM di Indonesia. Tertarik untuk mengetahui layanan lain yang kami berikan? Silakan klik tombol berikut untuk memulai sesi konsultasi.

 

MBN Consulting

139 Reads
Author: Bizhare Contributor
35 Suka