04 August 2023
4 menit baca

Menerapkan Metode SMART untuk Mencapai Tujuan Bisnis yang Efektif

4 menit baca

metode smart

 

SMART Goal adalah suatu metode populer untuk mencapai target pekerjaan dengan efektif. Melalui metode ini, Anda akan  fokus membuat tujuan dan target yang jelas. Hal ini pun akan membantu Anda untuk tetap fokus dan memprioritaskan tugas-tugas penting. Metode ini sangat aplikatif terutama jika diterapkan dalam bisnis.

 

Apa Itu Metode SMART?

 

Metode SMART Goal adalah metode digunakan untuk membantu penggunanya mencapai tujuan secara efektif. SMART merupakan akronim dari specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bond.

 

Komponen penting tersebut yang menjadi acuan dasar yang membantu Anda fokus mencapai tujuan bisnis dengan melakukan hal-hal yang paling penting.

 

Melalui penetapan tujuan tersebut, seseorang akan memiliki peluang lebih besar untuk mencapainya, dibanding orang yang tidak menetapkan tujuan sama sekali.

 

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Target Penjualan dengan Efektif

 

Elemen Penting pada Metode SMART

 

SMART adalah akronim dari lima komponen yang menjadi elemen penting dalam metode ini. Berikut penjelasan dari masing-masing elemen yang wajib Anda ketahui.

 

  • Specific (Spesifik)

Buatlah tujuan yang jelas dan spesifik agar Anda lebih mudah melihat dan mengukur target yang ingin dicapai. Anda pun akan lebih fokus mengerjakan sesuatu karena memiliki dasar tujuan yang jelas. 

 

Apa yang menjadi tolok ukur dari sebuah tujuan bisnis yang spesifik? Untuk menentukannya dengan lebih mudah, Anda dapat merumuskannya dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut;

 

  1. What: Apa tujuan bisnis yang ingin dicapai?
  2. Why: Kenapa tujuan bisnis tersebut penting?
  3. Who: Siapa saja orang yang akan terlibat dalam mencapai tujuan bisnis tersebut?
  4. Where: Dimana tujuan bisnis tersebut akan dilakukan?
  5. When: Kapan Anda ingin mencapai tujuan bisnis tersebut?

 

  • Measurable (Terukur)

Measurable merupakan elemen penting berikutnya yang harus Anda perhatikan saat menetapkan tujuan bisnis. Measurable berarti terukur dan dapat diawasi, sehingga Anda tidak menetapkan tujuan secara asal-asalan. 

 

Artinya, Anda harus mengetahui apa ukuran dan indikator kemajuan dari tujuan bisnis atau proyek yang dikerjakan. Tetapkan apa saja tugas yang ingin dilakukan dan target penyelesaiannya. 

 

Selama proses tersebut, terus pantau dan awasi agar Anda dapat memastikan tugas tersebut sesuai dengan indikator yang ingin diraih dan mendukung tujuan bisnis Anda.

 

  • Achievable (Tercapai)

Pastikan bahwa tujuan bisnis dan target yang ingin diraih merupakan sesuatu yang realistis dan dapat dicapai. Menetapkan tujuan yang realistis sangat penting agar Anda dapat mencapainya dengan mengandalkan kemampuan dan sumber daya yang ada. Anda pun paham bagaimana cara agar bisa mencapai tujuan tersebut.

 

Tentu saja tidak masalah ketika Anda ingin memiliki tujuan bisnis yang dapat memberikan tantangan baru, namun pastikan bahwa Anda mengetahui cara mengatasi tantangan tersebut. Bisa jadi dengan melibatkan lebih banyak anggota, menambah sumber daya, dan aktif mencari peluang-peluang baru.

 

  • Relevant (Relevan)

Elemen penting selanjutnya dalam metode SMART adalah relevan dengan nilai bisnis dan rencana jangka panjang perusahaan Anda. Relevansi ini diperlukan agar Anda dapat menjaga konsistensi perusahaan secara keseluruhan.

 

Kuncinya adalah dengan menetapkan tujuan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan. Apakah tujuan bisnis tersebut sesuai mencerminkan nilai yang dipegang dan dapat memberikan manfaat baik bagi keberlanjutan bisnis. 

 

  • Time-Bound (Tepat Waktu)

Untuk dapat terus fokus mencapai tujuan bisnis dengan efektif, selain menentukan cara untuk mencapainya, Anda juga harus memberikan tenggat waktu. Sehingga, Anda tahu kapan harus memulai dan menghindari pengerjaan proyek secara mendadak.

 

Untuk melakukannya, buatlah timeline yang realistis yang sesuai dengan tingkat kesulitan, kondisi bisnis dan lingkungan, serta dukungan sumber daya, agar Anda bisa mencapainya tepat waktu dan bisa termotivasi untuk melakukannya.  

 

Baca Juga: 5 Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Menjadi Lebih Produktif Saat Bekerja

 

Alasan Menggunakan Metode SMART untuk Efektivitas Bisnis

 

Mengelola bisnis terkadang memang bukan hal mudah. Namun, ada banyak metode yang bisa Anda gunakan untuk membantu meningkatkan efektivitas, salah satunya metode SMART. Berikut alasan mengapa menggunakan metode SMART efektif bagi bisnis.

 

  • Rencana Jadi Lebih Terarah

Memiliki tujuan dan rencana, namun tidak spesifik dan tidak tahu akan mengarah ke mana, akan memperlambat dalam mencapai tujuan tersebut. Sebab, Anda akan kesulitan menentukan langkah yang tepat dan bingung akan memulainya dari mana. Oleh sebab itu, menetapkan tujuan yang spesifik di awal, dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bisnis.

 

  • Fokus pada Tujuan

Metode SMART digunakan agar Anda fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Ketika tujuan sudah ditetapkan, maka hal itulah yang akan Anda prioritaskan. Sehingga, Anda dapat terbebas dari gangguan yang akan berdampak pada pemborosan sumber daya, waktu, dan tenaga.

 

  • Meningkatkan Motivasi dan Disiplin

Menggunakan metode SMART memungkinkan Anda untuk menentukan target yang ingin dicapai dengan indikator kesuksesan yang jelas, terukur, dan realistis. Sehingga, ketika Anda akan merasa lebih termotivasi dan dapat meningkatkan kedisiplinan agar tujuan tersebut berhasil diraih.

 

  • Mampu Menentukan Prioritas

Metode SMART secara jelas dapat membantu Anda menentukan skala prioritas. Mana pekerjaan yang harus Anda kerjakan untuk mendukung tujuan yang ingin diraih. Terlebih dengan adanya penetapan deadline atau tenggat waktu, Anda akan berusaha untuk mengesampingkan segara distraksi dan memprioritaskan hal-hal penting.

 

  • Membantu Identifikasi dan Evaluasi Target

Metode SMART membantu Anda menentukan ukuran dan indikator kemajuan atau keberhasilan sebuah target bisnis. Indikator tersebutlah yang harus Anda pantau dan awasi untuk membantu mengidentifikasi apakah target dan strategi bisnis yang ditetapkan berjalan dengan baik. Jika Anda menemukan kekurangan, maka Anda pun akan lebih mudah untuk menentukan saran perbaikan di masa depan.

 

Menerapkan metode SMART untuk mencapai tujuan bisnis dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi, terutama dalam penggunaan dan pengelolaan sumber daya bisnis yang Anda miliki. Metode SMART juga dapat diaplikasikan dalam berbagai tujuan dan keperluan lainnya untuk mencapai target pribadi Anda.

 

Baca Juga: Ingin Sukses? Adopsi 15 Pola Pikir Pengusaha Berikut!

 

Agar efektivitas bisnis semakin meningkat, sekaligus membantu Anda fokus pada tujuan utama dalam target bisnis yang ingin diraih, Anda juga dapat merencanakan strategi bisnis dengan bantuan lembaga konsultasi bisnis. 

 

Temukan layanan jasa laporan keuangan berstandar PSAK, pajak, legalitas, hingga solusi terbaik untuk permasalahan dan strategi pengembangan bisnis Anda demi mencapai peningkatan efektivitas dan efisiensi bisnis bersama MBN Consulting. 

 

MBN Consulting adalah agensi konsultan bisnis terpercaya dan berpengalaman yang akan membantu Anda mencapai target bisnis secara efektif. Tertarik dengan layanan yang kami berikan? Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi, GRATIS!

 

Konsultasi Sekarang 

1516 Reads
Author: Bizhare Contributor
272 Suka