28 September 2023
3 menit baca

10 Pilihan Gaya Hidup Zaman Now, Anda yang Mana?

3 menit baca

gaya hidup zaman now

 

Gaya hidup bukanlah sekadar rutinitas harian, tetapi juga cerminan dari kepribadian dan nilai-nilai yang diyakini seseorang. Setiap individu memiliki preferensi unik dalam mengarahkan kehidupan mereka, dan gaya hidup adalah cara mereka mengungkapkan diri. Berikut daftar gaya hidup zaman now yang bisa Anda pilih.

 

  • Gaya Hidup Aktif

 

Gaya hidup aktif tidak hanya mencakup rutinitas olahraga, tetapi juga mencakup komitmen untuk menjaga kesehatan secara holistik. Aktivitas fisik yang teratur, seperti berjalan, berlari, berenang, atau yoga, membantu menjaga kebugaran tubuh dan pikiran. Seseorang yang menganut lifestyle ini dapat mengalami peningkatan energi, kekuatan otot, dan perasaan bahagia yang berkelanjutan.

 

  • Gaya Hidup Sehat

 

Gaya hidup sehat adalah pilihan bijak untuk masa depan yang lebih baik. Lifestyle ini melibatkan pola makan seimbang yang kaya akan nutrisi, konsumsi air mineral yang cukup, tidur yang berkualitas, dan menghindari kebiasaan merokok dan alkohol. 

 

Dengan mengadopsi gaya hidup ini, Anda dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi, serta meningkatkan vitalitas dan daya tahan tubuh.

 

  • Gaya Hidup Minimalis

 

Gaya hidup minimalis mengajarkan arti penting kebebasan dari kebanyakan kepemilikan. Dengan mereduksi barang-barang yang dimiliki, Anda dapat fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan mendapatkan perasaan ketenangan yang mendalam. Ini juga berdampak positif pada lingkungan, mengurangi jejak karbon dan kontribusi limbah.

 

Baca Juga: Apa itu Gaya Hidup Minimalis? Simak Manfaat dan Tips Memulainya

 

  • Gaya Hidup Bohemian

 

Bagi orang-orang yang berjiwa bebas dan tidak suka aturan, gaya hidup bohemian adalah jalan menuju ekspresi diri yang tak terbatas. Terinspirasi oleh seni, musik, dan kreativitas, lifestyle ini menghargai keindahan dalam hal-hal yang unik dan berbeda. Berpakaian dengan gaya boho, mencipta karya seni, dan menjelajahi tempat-tempat eksotis adalah bagian integral dari gaya hidup bohemian.

 

  • Gaya Hidup Nomaden

 

Gaya hidup nomaden adalah pola hidup yang dilakukan oleh manusia purba dengan berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Menariknya, lifestyle semacam ini tetap lestari hingga kini. Gaya hidup nomaden dianut oleh para pekerja lepas atau freelancers

 

Mereka yang memilih gaya hidup ini mengejar kebebasan dan pengetahuan melalui perjalanan. Dengan bekerja jarak jauh atau mengandalkan kemampuan online, para nomaden modern dapat menjelajahi tempat-tempat baru, mengeksplorasi beragam budaya, dan menggali pengalaman hidup yang tak ternilai.

 

  • Gaya Hidup Slow Living

 

Gaya hidup slow living mengajak kita untuk melambat dan menikmati setiap momen dengan penuh kesadaran. Dengan mengurangi hiruk-pikuk dan kesibukan yang berlebihan, Anda dapat merasakan kebahagiaan dalam hal-hal sederhana seperti menikmati secangkir kopi di pagi hari atau berjalan-jalan di taman. 

 

Lifestyle ini hadir sebagai bentuk perlawanan terhadap budaya hurry society. Slow living juga menjadi cara untuk menemukan kedamaian dan makna hidup dalam setiap detiknya.

 

Baca Juga: Slow Living: Pengertian, Manfaat, & Cara Melakukannya

 

  • Gaya Hidup Individualis

 

Gaya hidup minimalis menonjolkan pentingnya menjadi diri sendiri. Individu yang mengadopsi gaya hidup individualis percaya pada hak mereka untuk mengejar minat dan keinginan pribadi, tanpa dibatasi oleh norma sosial atau ekspektasi orang lain. Ini bisa mencakup gaya berpakaian yang unik, hobi yang tidak konvensional, dan pandangan hidup yang independen.

 

  • Gaya Hidup Pedesaan

 

Bagi mereka yang merindukan kedamaian alam dan kehidupan yang lebih sederhana, gaya hidup pedesaan adalah jawaban. Mengambil langkah mundur dari keramaian perkotaan, pendukung gaya hidup ini menikmati kesejukan dan ketenangan pedesaan. Mungkin terlibat dalam pertanian, berkebun, atau kegiatan alam lainnya, mereka menemukan kebahagiaan dalam kesederhanaan.

 

  • Gaya Hidup Sedentari

 

Gaya hidup sedentari adalah pola hidup di mana seseorang cenderung malas melakukan aktivitas fisik atau menggerakkan tubuhnya. Contohnya seperti duduk di depan komputer dalam waktu lama ataupun bermain smartphone seharian. Meskipun sekilas tampak kurang aktif secara fisik, kehadiran mereka tetap penting dalam realitas kehidupan modern. 

 

Biasanya, seorang yang menekankan lifestyle sedentari cenderung menyukai pekerjaan yang melibatkan komputer atau ruang tertutup. Tentu saja, diharapkan mereka tetap menekankan pentingnya mengatur waktu untuk istirahat dan memastikan kegiatan fisik teratur. Dengan strategi yang tepat, kenyamanan dapat terjaga tanpa harus mengorbankan kesehatan.

 

  • Gaya Hidup Hedonisme

 

Gaya hidup hedonisme menempatkan kesenangan dan kenikmatan sebagai pusat perhatian. Ini bukan hanya tentang hedonisme materi, tetapi juga tentang mencari kenikmatan dalam pengalaman hidup. Dari kuliner lezat hingga perjalanan mewah, pendukung gaya hidup ini mengejar kepuasan diri dengan penuh semangat.

 

Baca Juga: Waspada Gaya Hidup Hedonisme: Arti, Ciri, Dampak Negatif, dan Cara Mengatasinya

 

Pemilihan gaya hidup zaman now bukanlah keputusan yang diambil dengan ringan. Namun, dengan pemahaman yang lebih dalam tentang pilihan yang ada, Anda dapat memilih jalan yang paling sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan pribadi Anda. Setiap pilihan membawa potensi untuk pengalaman hidup yang kaya dan bermakna.

321 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
68 Suka