11 August 2023
3 menit baca

Slow Living: Pengertian, Manfaat, & Cara Melakukannya

3 menit baca

slow living adalah

 

Kehidupan modern seringkali membuat kita terjebak dalam rutinitas yang padat dan menyita banyak waktu. Akibatnya, perasaan stres dan kelelahan sering menghantui, dan kita mungkin kehilangan momen-momen berharga dalam hidup. Inilah mengapa semakin banyak orang yang beralih ke konsep slow living. Kira-kira, apa itu slow living dan kenapa gaya hidup ini semakin tren dari hari ke hari?

 

Apa itu Slow Living?

 

Slow living adalah sebuah filosofi hidup yang menekankan pentingnya melambat, merenung, dan menikmati setiap momen dalam hidup. Konsep ini berasal dari gerakan Slow Movement yang pertama kali muncul di Italia pada akhir 1980-an. 

 

Ide dasar dari slow living adalah untuk mengurangi stres dan tekanan hidup dengan sengaja melambatkan langkah, menghargai kebersamaan, dan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting.

 

Baca Juga: Memahami Law of Attraction: Apa Pengaruhnya untuk Kesuksesan?

 

Manfaat Slow Living

 

Terdengar menarik, bukan? Namun, apa saja manfaat nyata dari mengadopsi gaya hidup slow living? Mari kita jelaskan beberapa poin pentingnya:

 

  • Mengurangi Stres dan Kecemasan

Slow living memungkinkan kita untuk melepaskan diri dari tekanan kehidupan sehari-hari. Dengan melambatkan langkah, kita dapat mengurangi stres dan kecemasan yang berlebihan. Kita dapat mengalami momen-momen santai tanpa harus terburu-buru menyelesaikan segala sesuatu.

 

  • Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan mengalami setiap momen dengan penuh kesadaran, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Slow living mengajarkan kita untuk menikmati hal-hal kecil yang sering terlupakan, seperti menikmati secangkir kopi di pagi hari atau menyaksikan matahari terbenam.

 

  • Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

Saat kita melambatkan aktivitas kita, otak kita memiliki kesempatan untuk bersantai dan merefresh. Ini dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas kita karena kita menjadi lebih fokus dan terinspirasi.

 

  • Menciptakan Hubungan yang Lebih Dalam

Slow living juga memungkinkan kita untuk menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita. Kita dapat memberikan perhatian yang lebih dalam pada orang yang kita cintai dan benar-benar hadir dalam setiap interaksi sosial.

 

Baca Juga: Apa itu Gaya Hidup Minimalis? Simak Manfaat dan Tips Memulainya

 

Tips dan Cara Melakukan Slow Living

 

Sekarang, mari kita bahas tips dan cara melaksanakan gaya hidup santai atau slow dalam kehidupan sehari-hari:

 

  • Memulai Dengan Kesadaran

Langkah pertama adalah menjadi sadar tentang kebutuhan untuk melambatkan langkah. Tanamkan dalam diri Anda bahwa slow living adalah hal yang positif dan akan memberikan manfaat besar bagi kesejahteraan Anda.

 

  • Batasi Ketergantungan pada Teknologi

Teknologi, meskipun bermanfaat, sering kali membuat kita terjebak dalam ketergantungan. Kurangi waktu Anda untuk terus-menerus mengecek ponsel atau media sosial. Alihkan perhatian Anda pada hal-hal nyata di sekitar Anda.

 

  • Nikmati Momen-Momen Kecil

Perhatikan momen-momen kecil dalam hidup Anda. Nikmati aroma bunga, bunyi hujan, atau senyuman dari orang yang Anda temui. Kehidupan menjadi lebih berarti ketika kita benar-benar merasakan dan menikmati momen-momen ini.

 

  • Hindari Terburu-Buru

Biasakan untuk tidak terburu-buru dalam segala hal. Berikan waktu ekstra untuk menyelesaikan tugas-tugas dan jadwalkan dengan bijaksana sehingga Anda tidak merasa tergesa-gesa.

 

Hubungan antara Slow Living dan Kebiasaan Investasi dari Dini

 

Tidak banyak yang menyadari, tetapi slow living dan kebiasaan investasi dari dini memiliki keterkaitan yang penting. Dalam kehidupan yang lambat, Anda belajar untuk merencanakan masa depan dengan bijaksana dan memahami pentingnya menabung dan berinvestasi secara teratur.

 

Dengan mengurangi konsumsi berlebihan dan menghargai kualitas, Anda dapat mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk tabungan dan investasi jangka panjang. Semakin awal Anda mulai berinvestasi, semakin besar potensi keuntungan yang dapat Anda raih di masa depan.

 

Menerapkan konsep slow living juga dapat membantu Anda merencanakan pensiun dengan lebih baik, mengurangi tekanan keuangan, dan menikmati kehidupan setelah masa kerja aktif. 

 

Baca Juga: Perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset, Anda Tipe Mana?

 

Rencanakan Investasi dari Sekarang, Mulai dari Rp1 Juta bisa Beli Franchise Favorit

 

Saat ini, ada banyak pilihan investasi yang dapat dipertimbangkan. Salah satunya adalah berinvestasi di platform securities crowdfunding Bizhare. Dengan modal mulai dari Rp1 juta, Anda dapat berinvestasi di berbagai franchise populer seperti Sour Sally, Kebuli Abuya, Holycow, dan banyak lagi. 

 

Bizhare menyediakan kesempatan bagi individu untuk berinvestasi dengan bijaksana, tanpa terjebak dalam tekanan untuk mencari keuntungan secepat mungkin.

 

Jadi, jika Anda tertarik untuk menciptakan kehidupan yang seimbang antara slow living dan investasi cerdas, Anda dapat mempertimbangkan untuk mulai berinvestasi di bizhare sekarang.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Slow living adalah sebuah filosofi hidup yang memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik dan mental. Dengan melambatkan langkah, kita dapat mengurangi stres, meningkatkan kreativitas, dan menciptakan hubungan yang lebih dalam. 

 

Selain itu, melakukan investasi dengan bijaksana juga sesuai dengan prinsip slow living, karena kita lebih berfokus pada tujuan jangka panjang daripada mencari keuntungan secepat mungkin.

1049 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
238 Suka