01 April 2024
4 menit baca

10 Tips Hemat saat Bulan Ramadan, Dijamin THR Utuh!

4 menit baca

Tips Hemat Bulan Ramadan

 

Bulan Ramadan tidak hanya merupakan bulan suci yang penuh berkah, tetapi juga saat yang tepat untuk merencanakan keuangan dengan bijak. Untuk membantu Anda mengelola pengeluaran selama bulan puasa, berikut adalah beberapa tips hemat yang bisa Anda terapkan.

 

  • Rencanakan Menu Berbuka Puasa

 

Rencanakanlah menu berbuka puasa dengan cermat untuk menghindari pemborosan. Pilihlah menu-menu yang sederhana namun bergizi, seperti sayur-sayuran, lauk pauk yang tidak terlalu mahal, dan buah-buahan segar sebagai penutup. 

 

Dengan merencanakan menu secara intens, Anda dapat mengatur belanjaan dengan lebih efisien, menghindari pembelian impulsif, dan memastikan asupan nutrisi yang cukup untuk seluruh keluarga.

 

Baca Juga: Apa Itu Uang THR dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

 

  • Belanja dengan Bijak

 

Saat berbelanja kebutuhan bulan puasa, manfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh berbagai toko dan supermarket. Bandingkan harga dari beberapa tempat sebelum memutuskan untuk membeli, dan prioritaskan belanja kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, dan bahan makanan lain yang dibutuhkan selama bulan puasa. Selain itu, hindari belanja dengan perut kosong agar terhindar dari pembelian yang tidak diperlukan.

 

  • Kurangi Makan di Luar

 

Mengurangi frekuensi makan di luar selama bulan puasa dapat membantu menghemat pengeluaran. Lebih baik masak di rumah untuk mengontrol kualitas dan kuantitas makanan yang dikonsumsi. Selain lebih ekonomis, makanan yang dimasak sendiri juga lebih higienis dan sehat. Jika memang ingin makan di luar, pilihlah tempat yang menyediakan menu hemat seperti nasi rames atau nasi campur yang biasanya lebih terjangkau dibandingkan dengan menu-menu lainnya.

 

Baca Juga: Apa itu Sukuk: Pengertian, Jenis, dan Cara Membelinya

 

  • Bagi-bagi Takjil

 

Manfaatkan momen berbagi dengan tetangga atau keluarga dengan membagikan takjil. Selain mendapatkan pahala, ini juga dapat mengurangi biaya membeli takjil setiap harinya. Anda bisa membuat takjil sederhana seperti kolak, es buah, atau kurma yang kemudian dibagikan kepada tetangga atau orang-orang di sekitar Anda. Selain itu, dengan berbagi takjil, Anda juga dapat mempererat tali silaturahmi dengan orang-orang di sekitar Anda.

 

  • Hemat Listrik

 

Untuk menghemat pengeluaran listrik selama bulan puasa, Anda dapat melakukan beberapa langkah sederhana seperti menggunakan lampu hemat energi, mematikan lampu dan perangkat elektronik yang tidak sedang digunakan, serta memanfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin. Selain itu, hindari menggunakan perangkat elektronik yang menghabiskan energi secara berlebihan, seperti AC atau oven listrik, kecuali benar-benar diperlukan.

 

Baca Juga: Risiko Investasi Sukuk dan Cara Mitigasinya

 

  • Gunakan Transportasi Umum

 

Jika memungkinkan, gunakan transportasi umum atau carpooling untuk pergi ke masjid atau tempat lain selama bulan Ramadan. Selain dapat menghemat bahan bakar, penggunaan transportasi umum juga lebih ramah lingkungan. 

 

Jika jaraknya dekat, pertimbangkan untuk berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk pergi ke masjid atau tempat lainnya. Dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, Anda juga dapat mengurangi polusi udara dan menjaga kebersihan lingkungan.

 

  • Beli Kebutuhan Lebaran Secara Bertahap

 

Mulailah membeli kebutuhan untuk merayakan Idul Fitri seperti baju baru, oleh-oleh, dan perlengkapan lainnya secara bertahap sejak awal Ramadan. Dengan membeli secara bertahap, Anda dapat menghindari pembelian besar-besaran di akhir bulan yang dapat membebani keuangan. Selain itu, dengan merencanakan belanja secara bertahap, Anda juga dapat memanfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh berbagai toko dan online shop.

 

  • Berbagi dengan yang Membutuhkan

 

Bulan Ramadan juga merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan kegiatan berbagi dengan mereka yang membutuhkan. Sisihkan sebagian rezeki Anda untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung. Berbagi tidak hanya memberikan manfaat bagi orang lain, tetapi juga dapat memberikan kebahagiaan dan kedamaian batin bagi Anda.

 

  • Hindari Pemborosan

 

Selalu bersikap bijak dalam menggunakan uang selama bulan Ramadan. Hindari pemborosan pada hal-hal yang tidak penting atau berlebihan. Pertimbangkan kembali kebutuhan dan keinginan Anda sebelum melakukan pembelian. Selain itu, cobalah untuk mengendalikan emosi dan menghindari tindakan pembelian impulsif yang dapat mengganggu keseimbangan keuangan Anda.

  • Cari Promo dan Diskon

 

Manfaatkan promo dan diskon yang tersedia selama bulan puasa untuk menghemat pengeluaran. Anda dapat mencari promo dan diskon di supermarket, restoran, atau warung makan terdekat. Sebelum berbelanja, pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk agar Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencari promo dan diskon untuk pembayaran tagihan, transportasi, atau kebutuhan lainnya yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Salah satunya, jika Anda sering berinvestasi di Bizhare, Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

90 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
19 Suka