11 December 2023
5 menit baca

10 Tips Perencanaan Keuangan bagi Orang Tua Baru

5 menit baca

perencanaan keuangan orang tua baru

 

Perencanaan keuangan dibutuhkan oleh semua orang, tak terkecuali orang tua baru. Di balik momen kelahiran sang bayi yang menggembirakan, budgeting keluarga wajib dilakukan untuk memastikan masa depan yang aman dan stabil bagi keluarga Anda. Berikut ulasan lengkap mengenai bagaimana merencanakan keuangan sebagai orang tua baru.

 

  • Pertimbangkan Asuransi Jiwa

 

Asuransi jiwa adalah langkah pertama yang harus dipertimbangkan oleh orang tua baru. Ini merupakan perlindungan finansial paling ampuh bagi keluarga, khususnya bila terjadi sesuatu pada kedua orang tua. 

 

Dengan premi yang terjangkau, Anda dapat memastikan bahwa sumber daya keuangan akan tersedia untuk keluarga secara full. Hal ini juga mampu memberikan ketenangan pikiran kepada pasangan dan orang yang Anda cintai selama Anda masih hidup.

 

  • Persiapkan Dana Darurat

 

Dana darurat merupakan elemen yang krusial untuk keluarga, terutama orang tua baru. Kehadiran anak meningkatkan kebutuhan finansial dan keamanan ekonomi menjadi lebih genting. Pastikan Anda dapat menjalankan rumah tangga Anda dengan lancar bahkan dalam situasi darurat seperti kehilangan pekerjaan, sakit, atau pengeluaran besar yang tak terduga.

 

Sebagai pedoman, disarankan untuk memiliki dana darurat setara dengan tiga hingga enam bulan biaya hidup. Dana ini sebaiknya mudah diakses dan tersedia dalam investasi yang relatif likuid. Ini bisa mencakup rekening cek atau pasar uang yang menghasilkan bunga, sertifikat deposito, atau surat utang negara jangka pendek.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkannya

 

  • Kelola Pengeluaran dengan Bijak

 

Manajemen pengeluaran adalah faktor kunci dalam perencanaan keuangan orang tua baru. Saat memasuki fase kehidupan yang melibatkan perawatan bayi, pengeluaran keluarga mungkin cenderung meningkat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola pengeluaran Anda dengan bijak.

 

Buatlah anggaran yang rinci untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan keluarga. Ini akan membantu Anda memahami di mana uang Anda sebenarnya digunakan dan mengidentifikasi area di mana Anda dapat melakukan penghematan.

 

Cari cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, mulai dari menghindari pembelian impulsif, membandingkan harga sebelum membeli, atau mencari diskon dan promosi. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda melacak pengeluaran Anda dengan lebih efisien.

 

  • Menyisihkan Dana untuk Pendidikan

 

Pendidikan anak adalah investasi penting dalam masa depan mereka. Semakin awal Anda mulai menyisihkan dana untuk pendidikan mereka, semakin baik. Harga pendidikan tinggi terus meningkat, dan persiapan dini adalah kunci untuk menghindari utang pendidikan yang berat.

 

Anda dapat mempertimbangkan rencana tabungan pendidikan seperti reksa dana pendidikan. Investasi rutin dalam rencana seperti ini dapat membantu Anda mencapai tujuan pendidikan anak Anda.

 

Baca Juga: 5 Langkah Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak, Dari TK sampai Kuliah!

 

  • Prioritaskan Tabungan Pensiun

 

Meskipun pendidikan anak adalah prioritas, Anda juga harus memprioritaskan tabungan pensiun Anda. Ingatlah bahwa anak Anda mungkin memiliki berbagai cara untuk membiayai pendidikan mereka, seperti beasiswa, pinjaman, atau bantuan keuangan. Namun, Anda tidak dapat menggantikan tabungan pensiun yang terlambat.

 

Pensiun adalah masa depan Anda, dan menabung untuk pensiun adalah langkah bijak. Pastikan Anda berinvestasi dalam rencana pensiun yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

 

Baca Juga: Cara Menghitung & Mempersiapkan Dana Pensiun, Yuk Mulai dari Sekarang!

 

  • Perbarui Perencanaan Warisan Anda

 

Merencanakan warisan adalah hal penting untuk orang tua baru. Dalam wasiat, Anda dapat menentukan siapa yang akan menjadi wali anak Anda jika terjadi sesuatu. Pastikan bahwa dokumen-dokumen perencanaan warisan Anda, seperti surat kuasa keuangan dan kesehatan, serta penunjukan penerima, selalu diperbarui.

 

Jika Anda memiliki aset yang signifikan, pertimbangkan untuk mengatur trust guna melindungi dan mengelola aset tersebut. Bicarakan dengan seorang pengacara yang berpengalaman dalam perencanaan warisan untuk memastikan semua dokumen dan rencana Anda berjalan dengan baik.

 

Dalam rangka mengelola keuangan sebagai orang tua baru, perencanaan yang baik adalah kunci. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan bahwa keluarga Anda memiliki perlindungan finansial yang memadai dan masa depan yang cerah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan seorang penasihat keuangan jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut dalam merencanakan keuangan keluarga Anda.

 

  • Menciptakan Wasiat yang Bijak

 

Wasiat adalah salah satu dokumen penting dalam perencanaan keuangan keluarga. Dalam wasiat, Anda dapat menentukan bagaimana aset Anda akan dibagikan jika terjadi sesuatu pada Anda atau pasangan Anda. Ini juga adalah tempat di mana Anda dapat menunjuk wali untuk anak Anda.

 

Menetapkan wali adalah keputusan serius dan memerlukan pertimbangan yang matang. Anda ingin memastikan bahwa orang yang Anda pilih adalah seseorang yang dapat memberikan perawatan yang baik dan mencintai anak Anda jika Anda tidak lagi ada. Bicarakan dengan pasangan Anda dan seorang pengacara perencanaan warisan untuk memastikan bahwa wasiat Anda mencerminkan keinginan Anda.

 

  • Memperbarui dan Memonitor Perencanaan Keuangan Anda

 

Perencanaan keuangan adalah proses yang berkelanjutan. Ini bukan sekadar dokumen yang Anda buat dan lupakan. Anda perlu memperbarui perencanaan Anda secara berkala, terutama ketika ada perubahan dalam kehidupan keluarga Anda. Misalnya, ketika Anda memiliki anak lagi, perubahan besar dalam pendapatan, atau perubahan besar dalam kebutuhan keuangan Anda.

 

Selain itu, Anda juga perlu memantau investasi Anda secara teratur dan memastikan bahwa portofolio Anda sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Jika Anda tidak yakin cara melakukannya, konsultasikan dengan penasihat keuangan yang berpengalaman.

 

  • Konsultasi dengan Financial Advisor

 

Terakhir, jika Anda merasa perencanaan keuangan ini terlalu rumit atau Anda ingin memiliki panduan yang lebih mendalam, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang perencana atau penasihat keuangan. Seorang penasihat keuangan berpengalaman dapat membantu Anda membuat rencana keuangan yang sesuai dengan situasi Anda, tujuan, dan toleransi risiko.

 

Mereka juga dapat membantu Anda mengidentifikasi kesalahan yang perlu dihindari dan peluang yang dapat dimanfaatkan dalam perencanaan keuangan Anda. Financial advisor dapat memberikan wawasan berharga dan membantu Anda merencanakan masa depan keuangan yang lebih baik bagi keluarga Anda.

 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat Sesuai Kebutuhan

 

  • Investasi Sebijaksana Mungkin

 

Selain mempersiapkan dana darurat, pendidikan anak, dan persiapan pensiun, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam instrumen keuangan yang dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Investasi adalah cara yang efektif untuk mengembangkan kekayaan Anda, asalkan Anda melakukannya dengan bijak.

 

Pelajari investasi seperti saham, obligasi, dan properti, dan mulailah berinvestasi untuk pertumbuhan kekayaan jangka panjang. Investasi dengan bijak dapat membantu mengembangkan kekayaan Anda seiring berjalannya waktu. Salah satunya yang sedang viral saat ini adalah investasi dari platform securities crowdfunding.

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Sebagai orang tua baru, perencanaan keuangan adalah salah satu langkah terpenting yang dapat Anda ambil untuk melindungi masa depan keluarga Anda. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat merencanakan dengan bijak, memberikan perlindungan finansial yang memadai, dan menciptakan dasar yang kokoh untuk keluarga Anda. Ingatlah bahwa perencanaan keuangan adalah investasi dalam masa depan Anda dan anak-anak Anda.

261 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
77 Suka