01 April 2024
4 menit baca

Daftar Investasi yang Bagus & Aman di saat Masa Resesi

4 menit baca

investasi saat resesi

 

Resesi ekonomi seringkali dianggap sebagai masa sulit bagi banyak orang. Namun, bagi sebagian investor, resesi juga bisa menjadi peluang untuk mengembangkan portofolio investasi. Di tengah ketidakpastian ekonomi, investasi yang tepat bisa memberikan keuntungan jangka panjang. Berikut pembahasannya, lengkap dengan daftar instrumen investasi yang terbukti aman dan bagus saat masa resesi.

 

Haruskah Anda Berinvestasi Selama Resesi?

 

Resesi ekonomi sering kali membuat banyak orang was-was dan ragu-ragu untuk melakukan investasi. Namun, bagi sebagian investor, resesi bisa menjadi momen yang tepat untuk mempertimbangkan berinvestasi. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk memutuskan apakah Anda harus berinvestasi selama resesi.

 

  • Harga yang Lebih Murah

Selama resesi, harga aset seperti saham dan properti cenderung turun. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagus bagi investor untuk membeli aset dengan harga lebih murah dari nilai sebenarnya.

 

  • Peluang Diversifikasi

Resesi bisa menjadi momen yang tepat untuk melakukan diversifikasi portofolio. Dengan memasukkan berbagai jenis aset, seperti saham, obligasi, dan properti, Anda dapat mengurangi risiko investasi Anda.

 

  • Pengembalian Jangka Panjang

Investasi selama resesi sebaiknya dipandang sebagai investasi jangka panjang. Meskipun pasar mungkin mengalami volatilitas saat ini, ekonomi cenderung pulih dalam jangka waktu tertentu. Investasi jangka panjang dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada investasi jangka pendek.

 

  • Kesempatan Membeli Aset Produktif

Selama resesi, aset produktif seperti properti atau bisnis dapat dijual dengan harga yang lebih rendah. Bagi investor yang memiliki modal yang cukup, ini bisa menjadi kesempatan untuk membeli aset dengan potensi keuntungan jangka panjang yang besar.

 

Baca Juga: Dana Pensiun: Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

 

Investasi Apa yang Bagus di saat Resesi?

 

Di saat resesi ekonomi, memilih investasi yang tepat bisa menjadi kunci untuk melindungi portofolio Anda dan bahkan memperoleh keuntungan. Berikut adalah beberapa jenis investasi yang biasanya dianggap bagus di saat resesi.

 

  • Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah dianggap sebagai salah satu investasi yang relatif aman di saat resesi. Obligasi ini dijamin oleh pemerintah dan memberikan pembayaran bunga tetap serta pengembalian pokok pada saat jatuh tempo.

 

  • Emas

Emas sering dianggap sebagai investasi yang aman saat kondisi ekonomi tidak stabil. Harga emas cenderung naik saat pasar saham dan mata uang melemah.

 

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Benar untuk Pemula, Dijamin Untung!

 

  • Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang merupakan investasi yang relatif aman karena mengalokasikan dana pada instrumen keuangan dengan jangka waktu pendek dan risiko rendah, seperti deposito bank dan obligasi jangka pendek.

 

Baca Juga: Reksa Dana: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Risikonya

 

  • Saham Defensif

Saham-saham dari sektor-sektor yang dianggap tahan terhadap resesi, seperti perusahaan yang bergerak di bidang konsumsi primer (makanan, minuman, obat-obatan), bisa menjadi pilihan untuk mengurangi risiko selama resesi.

 

  • Obligasi Korporasi Berkualitas Tinggi 

Obligasi korporasi yang diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan dengan peringkat kredit tinggi dianggap relatif aman karena perusahaan tersebut dianggap mampu membayar kembali utangnya.

 

  • Investasi Properti

Investasi properti, meskipun nilainya bisa turun selama resesi, masih dianggap relatif aman dalam jangka panjang karena nilainya cenderung meningkat seiring waktu.

 

Baca Juga: Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Dari Nol, Khusus Pemula

 

  • Investasi dalam Dividen

Saham-saham perusahaan yang memiliki kebiasaan membayar dividen secara teratur bisa menjadi pilihan karena dividen dapat memberikan pendapatan tetap meskipun harga saham turun.

 

Tips Menghadapi Resesi Ekonomi

 

Resesi ekonomi dapat menjadi masa yang sulit bagi banyak orang, namun dengan persiapan yang tepat, Anda dapat mengurangi dampaknya pada keuangan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi resesi.

 

  • Mengelola Keuangan dengan Bijak

Buatlah anggaran yang realistis dan prioritaskan pengeluaran yang penting. Hindari utang yang tidak perlu dan pertimbangkan untuk menabung untuk masa depan.

 

  • Diversifikasi Portofolio Investasi

Diversifikasi portofolio investasi Anda untuk mengurangi risiko. Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam berbagai aset seperti saham, obligasi, emas, dan properti.

 

  • Meningkatkan Keterampilan dan Pendidikan

Meningkatkan keterampilan dan pendidikan Anda dapat membantu Anda tetap relevan dan bersaing dalam pasar kerja yang sulit selama resesi.

 

  • Memperkuat Jaringan dan Hubungan

Hubungan yang baik dengan orang lain dapat membantu Anda mendapatkan peluang bisnis atau pekerjaan baru di masa sulit.

 

  • Menghemat dan Berinvestasi dengan Bijak

Hematlah uang dan investasikanlah dengan bijak untuk masa depan. Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam instrumen keuangan yang relatif aman seperti obligasi pemerintah atau reksa dana pasar uang.

 

  • Memperkuat Kesehatan Finansial

Pastikan Anda memiliki perlindungan finansial yang memadai, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari risiko finansial.

 

  • Bersikap Positif dan Fleksibel

Bersikaplah positif dan fleksibel dalam menghadapi perubahan ekonomi. Selalu mencari peluang baru dan siap untuk beradaptasi dengan kondisi yang berubah.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi, Bisa Untuk Jangka Panjang!

 

Investasi lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting saat menghadapi resesi ekonomi. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak resesi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

312 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
66 Suka