05 June 2024
6 menit baca

15 Cara Menghemat Uang Belanja, Sisanya Bisa Ditabung!

6 menit baca

Cara Menghemat Uang Belanja

 

Cara menghemat uang belanja sangatlah tricky dan perlu Anda aplikasikan secara disiplin. Dengan konsistensi yang ketat selama berbulan-bulan, Anda bisa menghemat uang sehingga bisa dialokasikan untuk tabungan, investasi, ataupun dana darurat. Berikut ulasan lengkapnya!

 

  • Buat Daftar Belanja

 

Membuat daftar belanja adalah cara pertama yang sangat penting untuk menghemat uang belanja. Daftar belanja membantu Anda fokus pada apa yang benar-benar Anda butuhkan dan menghindari pembelian impulsif. Sebelum membuat daftar, periksa stok barang di rumah Anda, seperti bahan makanan, kebutuhan sehari-hari, dan barang-barang lain yang sering Anda gunakan. 

 

Catat apa saja yang sudah habis atau hampir habis. Susun daftar belanja berdasarkan prioritas, seperti makanan pokok dan bahan-bahan penting yang diutamakan dibandingkan barang-barang yang tidak mendesak. Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk membuat dan mengatur daftar belanja. Aplikasi ini biasanya dilengkapi dengan fitur pengingat sehingga Anda tidak lupa membeli barang yang dibutuhkan.

 

Baca Juga: Tujuan Keuangan: Pengertian, Jenis, & Cara Menentukannya

 

  • Tetapkan Anggaran Belanja

 

Menetapkan anggaran belanja membantu Anda mengendalikan pengeluaran. Dengan menetapkan batas pengeluaran, Anda dapat menghindari pemborosan dan tetap berada dalam batas keuangan yang aman. Evaluasi pengeluaran bulanan Anda dan tentukan berapa banyak uang yang dapat dialokasikan untuk belanja. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian untuk tabungan dan dana darurat. 

 

Selain itu, bagilah anggaran belanja Anda menjadi beberapa kategori, seperti makanan, kebutuhan rumah tangga, dan kebutuhan pribadi. Ini membantu Anda lebih mudah mengontrol setiap kategori pengeluaran. Selalu catat setiap pembelian dan bandingkan dengan anggaran yang telah ditetapkan. Jika perlu, sesuaikan anggaran Anda untuk bulan berikutnya berdasarkan pengeluaran yang terjadi.

 

Baca Juga: Cara Menyusun Rencana Masa Depan & Contohnya

 

  • Belanja dalam Jumlah Besar

 

Membeli barang dalam jumlah besar sering kali lebih ekonomis. Beberapa barang seperti bahan makanan kering, produk pembersih, dan kebutuhan sehari-hari biasanya lebih murah jika dibeli dalam jumlah besar. Fokus pada produk yang tahan lama dan sering digunakan, seperti beras, gula, tepung, dan produk pembersih. 

 

Pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan yang cukup. Jika Anda merasa membeli dalam jumlah besar terlalu banyak, pertimbangkan untuk berbelanja bersama teman atau keluarga dan membagi barang belanjaan. Coba cari toko grosir yang ada di dekat Anda. Pasti mereka terkenal sering menawarkan harga lebih murah untuk pembelian dalam jumlah besar. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk menghemat uang.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

  • Bandingkan Harga

 

Membandingkan harga sebelum membeli adalah cara yang efektif untuk mendapatkan penawaran terbaik. Gunakan aplikasi dan situs web yang memungkinkan Anda membandingkan harga produk dari berbagai toko. Ini membantu Anda menemukan toko yang menawarkan harga terbaik. 

 

Selain harga, pastikan Anda juga membandingkan kualitas produk. Produk yang lebih murah namun berkualitas rendah mungkin tidak memberikan nilai yang baik dalam jangka panjang. Cari tahu waktu terbaik untuk berbelanja di toko favorit Anda, karena beberapa toko menawarkan harga khusus atau diskon pada hari-hari tertentu.

 

  • Hindari Belanja Saat Lapar

 

Belanja saat lapar bisa membuat Anda tergoda untuk membeli lebih banyak makanan, terutama camilan dan makanan siap saji. Pastikan Anda sudah makan sebelum pergi berbelanja. Ini membantu Anda fokus pada barang yang memang dibutuhkan. 

 

Jika Anda berencana untuk belanja dalam waktu lama, bawa camilan sehat sebagai pencegah rasa lapar yang bisa memicu belanja impulsif. Patuhi daftar belanja yang telah Anda buat sebelumnya. Hindari menambahkan barang yang tidak ada dalam daftar, kecuali benar-benar dibutuhkan.

 

Baca Juga; 14 Tips Menabung untuk Pelajar SD-SMP-SMA, Muda & Cepat!

 

  • Pilih Produk Merek Toko

 

Produk merek toko atau private label sering kali lebih murah daripada produk bermerek terkenal. Produk merek toko biasanya dijual dengan harga yang lebih rendah karena biaya pemasaran yang lebih sedikit. Strategi ini bisa memberikan penghematan yang signifikan bagi Anda. Lagipula, banyak produk merek toko memiliki kualitas yang setara dengan produk bermerek terkenal. 

 

Nah, Anda bisa mencoba beberapa produk untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Toko juga sering menawarkan promosi khusus untuk produk merek mereka sendiri, seperti diskon tambahan atau poin reward.

 

  • Belanja di Pasar Tradisional

 

Tahukah Anda bahwa salah satu cara menghemat uang belanja adalah berbelanja di pasar tradisional? Betul! Pasar tradisional adalah tempat yang bagus untuk menemukan barang dengan harga lebih murah. Salah satu kelebihan berbelanja di pasar tradisional adalah Anda bisa menawar harga hingga maksimal. 

 

Pasar tradisional sering menjual produk segar, seperti sayuran, buah-buahan, dan daging, yang biasanya lebih murah dibandingkan supermarket. Berbelanja di pasar tradisional juga membantu mendukung usaha lokal dan petani kecil, yang pada gilirannya membantu perekonomian setempat.

 

  • Manfaatkan Program Membership

 

Banyak toko menawarkan program keanggotaan yang memberikan diskon eksklusif, poin reward, dan manfaat lainnya. Bergabung dengan program ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat uang belanja. Biasanya, Anda bisa mendaftar secara gratis atau dengan biaya keanggotaan tahunan yang relatif kecil. 

 

Setelah menjadi anggota, Anda akan menerima penawaran khusus yang tidak tersedia untuk pelanggan biasa. Selain itu, dengan mengumpulkan poin reward dari setiap pembelian, Anda bisa menukarkannya dengan diskon atau produk gratis. Manfaat lain termasuk akses awal ke penjualan khusus, acara anggota, dan layanan pelanggan yang ditingkatkan.

 

  • Buat Menu Masak Mingguan

 

Merencanakan menu masak mingguan dapat membantu Anda mengetahui bahan apa saja yang perlu dibeli, sehingga menghindari pembelian bahan yang tidak perlu dan mengurangi limbah makanan. Mulailah dengan menentukan hidangan apa yang ingin Anda masak selama seminggu. Periksa resep-resep yang akan Anda gunakan dan catat bahan-bahan yang diperlukan. 

 

Dengan cara ini, Anda bisa membeli semua bahan yang dibutuhkan dalam satu kali perjalanan belanja, yang juga menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, perencanaan menu juga membantu Anda menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, karena Anda dapat merencanakan variasi hidangan yang bergizi.

 

  • Hindari Pembelian Barang yang Tidak Dibutuhkan

 

Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut sebelum membelinya. Jika barang tersebut tidak terlalu penting, sebaiknya tunda pembelian untuk sementara waktu. Salah satu cara untuk menghindari pembelian impulsif adalah dengan membuat aturan 30 hari. 

 

Jika Anda ingin membeli sesuatu yang tidak ada dalam daftar belanjaan penting, tuliskan barang tersebut dan tunggu 30 hari sebelum membelinya. Setelah 30 hari, jika Anda masih merasa membutuhkan barang tersebut, barulah pertimbangkan untuk membelinya. Seringkali, Anda akan menemukan bahwa keinginan untuk membeli barang tersebut berkurang atau hilang setelah beberapa waktu.

 

  • Minimalkan Penggunaan Kartu Kredit

 

Berbelanja dengan kartu debit membantu Anda mengendalikan pengeluaran karena Anda hanya bisa menghabiskan uang yang ada di rekening. Berbeda dengan kartu kredit yang memungkinkan Anda berutang dan berpotensi membuat pengeluaran lebih besar. Dengan menggunakan kartu debit, Anda lebih sadar tentang saldo rekening dan lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang. 

 

Selain itu, kartu debit juga tidak membebankan bunga atau biaya layanan yang sering terkait dengan kartu kredit. Ini membuat Anda lebih bijak dalam mengelola keuangan dan menghindari utang yang tidak perlu.

 

Baca Juga: Jenis-jenis Kartu Kredit Berdasarkan Fungsi Hingga Limitnya

 

  • Biasakan Menabung sejak Dini

 

Membuat kebiasaan menabung secara rutin adalah langkah penting dalam mengelola keuangan dengan lebih baik. Menyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulan sebagai tabungan membantu Anda memiliki cadangan dana untuk kebutuhan mendesak dan mengurangi ketergantungan pada belanja kredit. Anda dapat memulai dengan menetapkan jumlah yang tetap untuk ditabung setiap bulannya, misalnya 10% dari penghasilan. 

 

Setelah itu, tempatkan uang tabungan ini di rekening terpisah yang sulit diakses, sehingga Anda tidak tergoda untuk menggunakannya. Kebiasaan menabung ini akan memberikan keamanan finansial dan memungkinkan Anda mencapai tujuan keuangan jangka panjang seperti membeli rumah atau berinvestasi.

 

Baca Juga: Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan, Pasti Tercapai!

 

  • Belanja di Akhir Bulan

 

Belanja di akhir bulan sering kali memberikan keuntungan lebih karena banyak toko menawarkan diskon besar untuk menghabiskan stok barang sebelum pergantian bulan. Manfaatkan momen ini untuk membeli barang yang Anda butuhkan dengan harga lebih murah. 

 

Sebelum berbelanja, periksa promosi akhir bulan yang ditawarkan oleh berbagai toko dan supermarket. Buat daftar barang-barang yang sedang didiskon dan prioritaskan pembelian barang yang memang diperlukan. Selain itu, pastikan Anda tetap pada anggaran yang telah ditetapkan agar tidak terjebak dalam godaan diskon yang bisa membuat Anda membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

 

  • Pertimbangkan Barang Bekas

 

Membeli barang bekas adalah cara yang efektif untuk menghemat uang tanpa mengorbankan kualitas. Banyak barang bekas seperti pakaian, perabot rumah tangga, dan elektronik yang masih dalam kondisi baik dan dijual dengan harga lebih murah dibandingkan barang baru. Anda bisa menemukan barang bekas berkualitas di toko thrift, pasar loak, atau situs jual beli online. 

 

Selain itu, membeli barang bekas juga merupakan langkah yang ramah lingkungan karena membantu mengurangi limbah dan konsumsi sumber daya. Pastikan untuk memeriksa kondisi barang sebelum membeli dan pastikan barang tersebut masih berfungsi dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

 

  • Manfaatkan Promo dan Diskon dari Poin Bizhare, Yuk! 

 

Manfaatkan promo dan diskon yang tersedia untuk menghemat pengeluaran belanja. Anda dapat mencari promo dan diskon di supermarket, restoran, atau warung makan terdekat. Sebelum berbelanja, pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk agar Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencari promo dan diskon untuk pembayaran tagihan, transportasi, atau kebutuhan lainnya yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Salah satunya, jika Anda sering berinvestasi di Bizhare, Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

137 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
26 Suka