23 March 2024
4 menit baca

Jenis-jenis Kartu Kredit Berdasarkan Fungsi Hingga Limitnya

4 menit baca

jenis kartu kredit

 

Kartu kredit adalah alat pembayaran yang praktis dan banyak digunakan di era digital seperti sekarang ini. Namun, sebelum Anda memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis kartu kredit yang tersedia secara umum. Berikut ini adalah beberapa jenis kartu kredit yang perlu Anda ketahui.

 

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limit

 

Kartu kredit hadir dalam berbagai jenis dan tingkatan, yang salah satunya ditentukan oleh limit kredit yang dimiliki. Berikut adalah beberapa jenis kartu kredit berdasarkan limitnya.

 

  • Kartu Kredit Silver

Kartu kredit silver umumnya memiliki limit paling rendah, berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000. Kartu ini biasanya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan minimal Rp3.000.000 per bulan.

 

  • Kartu Kredit Gold

Kartu kredit gold memiliki limit yang lebih tinggi, berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp40.000.000. Kartu ini biasanya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan sekitar Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000 per bulan.

 

  • Kartu Kredit Platinum

Kartu kredit platinum memiliki limit yang lebih tinggi lagi, berkisar antara Rp40.000.000 hingga Rp1.000.000.000. Kartu ini biasanya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan minimal Rp180.000.000 per bulan.

 

  • Kartu Kredit Titanium

Di atas tingkatan platinum, masih ada kartu kredit titanium. Jenis kartu kredit titanium sangat terbatas kepemilikannya dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Hanya yang diundang secara langsung oleh bank lah yang akan mendapatkan kartu kredit titanium.

 

Baca Juga: 12 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak dan Cermat

 

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Fungsi

 

Kartu kredit memiliki beragam fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemegangnya. Berikut adalah beberapa jenis kartu kredit berdasarkan fungsinya.

 

  • Kartu Kredit (Credit Card)

Kartu kredit berfungsi sebagai alat pembayaran transaksi jual beli barang atau jasa dimana pelunasan atau pembayarannya kembali dapat dilakukan dengan sekaligus atau dengan cara mencicil sejumlah minimum tertentu. Jumlah cicilan tersebut dihitung dari nilai saldo tagihan ditambah bunga bulanan.

 

  • Charge Card

Kartu charge berfungsi sebagai alat pembayaran suatu transaksi jual beli barang atau jasa dimana nasabah harus membayar kembali seluruh tagihan secara penuh pada akhir bulan atau bulan berikutnya dengan atau tanpa biaya tambahan.

 

  • Cash Card

Kartu tunai memungkinkan pemegang kartu untuk menarik uang tunai baik langsung pada kasir bank maupun melalui ATM bank tertentu yang biasanya tersebar di tempat-tempat strategis, seperti di hotel, pusat-pusat perbelanjaan, dan wilayah perkantoran. Dengan melakukan perjanjian kerja sama terlebih dahulu, pemegang cash card salah satu bank dapat pula menggunakannya pada bank lainnya.

 

  • Kartu Jaminan Cek (Check Guarantee Card)

Kartu jaminan cek pada prinsipnya dapat digunakan sebagai jaminan dalam penarikan cek oleh pemegang kartu. Kartu jenis ini sangat populer di Eropa, terutama di Inggris. Di samping itu, kartu tersebut dapat juga digunakan dalam melakukan penarikan uang melalui ATM.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlakunya

 

Kartu kredit juga dapat dibedakan berdasarkan wilayah tempat berlakunya penggunaannya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  • Kartu Kredit Nasional

Kartu kredit ini hanya berlaku dan dapat digunakan dalam wilayah tertentu, misalnya hanya di wilayah Indonesia. Beberapa perusahaan afiliasi bahkan menerbitkan kartu kredit khusus untuk pelayanan yang lebih praktis dan efisien bagi nasabahnya. Contohnya adalah perusahaan-perusahaan seperti Hero, Astra, Garuda, Carrefour, Lotte, dan lainnya.

 

  • Kartu Kredit Internasional

Jenis kartu kredit internasional dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang berlaku di seluruh dunia. Pasar kartu kredit internasional didominasi oleh dua merek kartu kredit yang telah mendunia, yaitu Visa dan Mastercard. Kedua merek ini memiliki lebih dari 100 juta pemegang kartu yang tersebar di seluruh dunia. Kartu kredit internasional ini bisa digunakan untuk transaksi di merchant yang berlogo Visa, Mastercard, Dinners Club, Carte Blanc, dan American Express.

 

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasi

 

Selain berdasarkan wilayah berlakunya, kartu kredit juga dapat dibedakan berdasarkan afiliasinya dengan institusi atau organisasi tertentu. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  • Kartu Kredit Affinity

Kartu kredit affinity adalah produk kartu kredit yang diterbitkan sebagai hasil kerjasama antara bank penerbit dengan berbagai institusi atau organisasi. Desain dan logo kartu kredit affinity biasanya dibuat khusus sehingga terkesan eksklusif. Kartu kredit ini sering kali diterbitkan dalam rangka kampanye tertentu, sehingga pemegang kartu dapat berkontribusi terhadap kampanye tersebut melalui sebagian dari transaksi yang dilakukan.

 

  • Kartu Kredit Co-Branding

Kartu kredit co-branding adalah kartu kredit yang diterbitkan sebagai hasil kolaborasi dua brand, biasanya bank penerbit dengan institusi atau merek lain. Pemegang kartu kredit ini bisa menikmati promo spesial dari institusi yang berkolaborasi dengan penerbit kartu kredit, seperti diskon atau privilege khusus ketika bertransaksi di institusi tersebut.

 

  • Kartu Kredit Private Label

Kartu kredit private label adalah kartu kredit yang diterbitkan oleh bank penerbit sendiri, tanpa melibatkan jaringan organisasi global seperti Mastercard atau VISA. Kartu kredit private label ini umumnya memiliki iuran tahunan yang lebih murah namun tetap menawarkan fitur yang lengkap seperti kartu kredit reguler.

 

Baca Juga: 10 Bank dengan Suku Bunga Tertinggi di 2024

 

Investasi lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Kesimpulannya, memiliki passive income adalah hal vital yang harus Anda lakukan mulai sekarang. Dengan demikian, masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

93 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
23 Suka