15 May 2024
4 menit baca

14 Tips Menabung untuk Pelajar SD-SMP-SMA, Mudah & Cepat!

4 menit baca

tips menabung pelajar

 

Menabung merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diterapkan sejak dini, termasuk bagi para pelajar. Dengan menabung, murid sekolah dapat belajar mengelola uang secara bijaksana dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa tips menabung yang bisa membantu pelajar mengelola uang saku mereka dengan lebih efektif.

 

  • Tetapkan Tujuan dan Target Tabungan

 

Menetapkan tujuan dan target tabungan adalah langkah pertama yang penting dalam menabung. Sebelum memulai menabung, tentukanlah dengan jelas tujuan dari tabungan tersebut. Misalnya, apakah untuk membeli buku-buku referensi, mempersiapkan biaya kuliah, atau punya tabungan darurat. Dengan mengetahui tujuan yang ingin dicapai, Anda akan lebih termotivasi untuk menabung secara teratur.

 

Baca Juga: Tujuan Keuangan: Pengertian, Jenis, & Cara Menentukannya

 

  • Sisihkan Uang Jajan Secara Rutin

 

Salah satu cara efektif untuk menabung adalah dengan menyisihkan sebagian uang jajan secara rutin setiap harinya. Anda dapat menentukan persentase tertentu dari uang jajan yang akan disisihkan untuk tabungan. Meskipun terlihat kecil, namun jika dilakukan secara konsisten, jumlah tabungan akan terus bertambah.

 

  • Catat Setiap Pengeluaran Harian

 

Untuk mengontrol pengeluaran, penting untuk mencatat setiap pengeluaran harian. Dengan mencatat pengeluaran, Anda akan lebih mudah melihat di mana saja uang jajan Anda habis dan bisa mengevaluasi pengeluaran yang perlu dikurangi. Gunakan aplikasi keuangan atau buku catatan sederhana untuk mencatat pengeluaran harian.

 

  • Selalu Membawa Bekal dari Rumah

 

Membawa bekal dari rumah bukan hanya lebih ekonomis, tetapi juga lebih sehat. Dengan membawa bekal, Anda bisa menghemat uang yang biasanya dikeluarkan untuk membeli makanan di luar. Selain itu, dengan membawa bekal, Anda juga dapat lebih memilih makanan yang sehat dan sesuai dengan selera Anda.

 

  • Buatlah Prioritas Pengeluaran Harian

 

Sebelum membelanjakan uang jajan, buatlah daftar prioritas pengeluaran harian. Utamakan pengeluaran untuk kebutuhan yang lebih penting, seperti kebutuhan sekolah, sebelum mengeluarkan uang untuk keperluan lainnya. Dengan membuat prioritas pengeluaran, Anda dapat mengontrol pengeluaran dan lebih mudah menabung.

 

Baca Juga: 35 Ide Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil!

 

  • Kurangi Kegiatan Nongkrong

 

Kegiatan nongkrong seringkali menghabiskan banyak uang, baik untuk transportasi maupun belanja keperluan di luar. Cobalah untuk mengurangi kegiatan nongkrong yang tidak perlu agar dapat menghemat uang lebih banyak. Gantilah kegiatan nongkrong dengan kegiatan yang lebih ekonomis dan bermanfaat, seperti membaca buku di perpustakaan atau berolahraga di lingkungan sekitar.

 

  • Jadikan Kegiatan Menabung sebagai Kewajiban

 

Anggaplah kegiatan menabung sebagai kewajiban yang harus dilakukan. Dengan memandang menabung sebagai suatu kewajiban, Anda akan lebih terbiasa untuk selalu menyisihkan sebagian uang jajan untuk tabungan. Buatlah kegiatan menabung sebagai bagian dari rutinitas harian Anda sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

 

  • Pakai Celengan Transparan

 

Gunakan celengan transparan sebagai tempat menabung. Dengan melihat tabungan yang terus bertambah setiap hari, Anda akan semakin termotivasi untuk terus menabung. Celengan transparan juga dapat membantu Anda melihat progres tabungan dan mengingatkan untuk tetap konsisten dalam menabung.

 

  • Manfaatkan Promo Menarik

 

Manfaatkan promo-promo menarik untuk berbagai keperluan, seperti diskon untuk buku-buku sekolah atau perlengkapan lainnya. Dengan memanfaatkan promo, Anda bisa menghemat pengeluaran dan lebih mudah menabung. Selalu pantau promo-promo yang sedang berlangsung dan manfaatkan kesempatan tersebut untuk berbelanja dengan lebih hemat.

 

Baca Juga: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

  • Mulai Investasi dengan Modal Terjangkau

 

Selain menabung, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memulai investasi dengan modal terjangkau, seperti reksa dana, deposito, atau crowdfunding. Meskipun hasilnya tidak langsung terlihat, namun investasi dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan tabungan Anda. Dengan memulai investasi sedini mungkin, Anda dapat memanfaatkan waktu untuk meningkatkan nilai investasi Anda.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

  • Simpan Uang Receh/Koin

 

Menyimpan uang receh atau koin adalah cara efektif untuk menambah tabungan Anda. Meskipun terlihat kecil, namun uang receh bisa berjumlah cukup besar jika dikumpulkan dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk melakukannya, siapkanlah wadah atau tabung khusus untuk menyimpan uang receh. Setiap kali Anda menerima kembalian atau menemukan uang receh di saku, simpanlah uang tersebut ke dalam wadah tersebut. 

 

  • Gunakan Uang Digital agar Dapat Cashback

 

Menggunakan uang digital, seperti e-wallet atau kartu kredit, dapat memberikan keuntungan tambahan berupa cashback atau diskon khusus. Untuk memanfaatkannya, pilihlah e-wallet yang menawarkan program cashback atau diskon khusus. Gunakan e-wallet Anda untuk bertransaksi di merchant yang bekerja sama dengan e-wallet tersebut dan manfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan untuk menghemat pengeluaran Anda. 

 

  • Cari Pekerjaan Part Time

 

Mencari pekerjaan paruh waktu adalah cara yang baik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, pastikan pekerjaan tersebut tidak bertabrakan dengan jadwal belajar Anda. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda agar Anda lebih termotivasi dalam bekerja. 

 

Manfaatkan koneksi dan referensi yang Anda miliki untuk mencari pekerjaan part time. Jadilah profesional dalam bekerja meskipun pekerjaan tersebut hanya bersifat sementara. Dengan demikian, Anda dapat menambah penghasilan dan meningkatkan tabungan Anda.

 

  • Disiplin

 

Disiplin adalah kunci utama dalam menabung dengan efektif. Buatlah rencana menabung yang jelas, termasuk target tabungan dan cara mencapainya, dan patuhi rencana tersebut. Hindari godaan untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak penting dan fokuslah pada tujuan menabung Anda. 

 

Selain itu, lakukan evaluasi secara berkala terhadap rencana menabung Anda dan perbarui rencana tersebut sesuai dengan perubahan kebutuhan dan kondisi finansial Anda. Jadikan kegiatan menabung sebagai kebiasaan yang rutin dilakukan agar Anda lebih mudah untuk disiplin dalam menabung.

 

  • Belajar Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Tak hanya orang tua maupun pekerja, belajar investasi sangat penting dilakukan sejak dini, khususnya bagi para pelajar.

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

156 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
18 Suka