06 May 2024
4 menit baca

10 Cara Menabung untuk Bisa Beli Rumah Sendiri di Usia Muda

4 menit baca

cara menabung beli rumah

 

Membeli rumah merupakan impian banyak orang. Namun untuk mewujudkannya diperlukan dana yang cukup signifikan. Niat, rencana matang, konsistensi, dan tekad yang kuat menjadi kunci untuk mendapatkan rumah impian. Berikut strategi dan cara menabung untuk mewujudkan impian memiliki rumah sendiri, khususnya di usia muda.

 

  • Tentukan Harga Rumah yang Diincar

 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengincar dan menetapkan harga rumah yang menjadi target. Mengetahui kisaran harga rumah yang diincar membantu Anda merencanakan dengan lebih rinci. Sebelum Anda mulai menabung untuk bisa beli rumah sendiri, perlu dipahami dengan jelas berapa banyak dana yang perlu dikumpulkan. 

 

Tak hanya itu, pemilihan lokasi juga menjadi pertimbangan penting. Misalnya, jika Anda mencari rumah di lokasi strategis seperti Jakarta Pusat, Anda perlu memastikan bahwa anggaran yang Anda tentukan dapat memenuhi harga properti di wilayah tersebut. Dengan menetapkan harga rumah yang jelas, Anda dapat membuat perencanaan keuangan yang lebih terfokus dan terarah.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Dari Nol, Khusus Pemula

 

  • Atur Strategi Penyimpanan dengan Bijak

 

Setelah menentukan harga rumah yang diinginkan, langkah berikutnya adalah merancang strategi penyimpanan dana. Salah satu opsi yang efektif adalah menggunakan deposito jangka pendek untuk uang muka. Dengan mengunci dana dalam deposito, Anda tidak hanya menjaga keamanannya, tetapi juga memungkinkan dana berkembang melalui bunga. 

 

Sebagai contoh, menentukan jangka waktu deposito selama satu tahun dapat memberikan kepastian dalam mengumpulkan uang muka tanpa risiko fluktuasi pasar yang besar. Pemilihan instrumen penyimpanan yang sesuai dengan tujuan Anda membantu mencapai stabilitas keuangan dalam perjalanan menuju kepemilikan rumah.

 

  • Kelola Pengeluaran Bulanan

 

Setelah merancang strategi penyimpanan, penting untuk mengelola pengeluaran bulanan dengan cermat. Alokasikan sekitar 40% dari penghasilan bulanan untuk menabung rumah. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa pengeluaran rutin tidak menghambat rencana menabung Anda. 

 

Mengelola pengeluaran bulanan juga melibatkan kebijakan pengeluaran yang bijak, memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Dengan mengontrol pengeluaran, Anda dapat meningkatkan efisiensi dalam menabung dan mengarah pada tercapainya tujuan kepemilikan rumah.

 

  • Pilih Instrumen Penyimpanan Uang

 

Memilih instrumen yang tepat untuk menyimpan uang merupakan langkah krusial. Deposit jangka pendek dapat menjadi pilihan yang aman dan menguntungkan untuk menabung uang muka rumah. Instrumen ini memberikan tingkat bunga yang stabil, sambil memastikan dana tetap dapat diakses ketika dibutuhkan. 

 

Dengan memahami karakteristik instrumen penyimpanan yang digunakan, Anda dapat mengoptimalkan pertumbuhan dana Anda tanpa terlalu banyak mengorbankan fleksibilitas.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

  • Tentukan Jangka Waktu Menabung

 

Menentukan jangka waktu menabung yang sesuai dengan harga rumah yang diincar adalah langkah penting. Pertimbangkan dengan cermat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dana yang cukup. Faktor seperti besarnya tabungan bulanan dan tingkat pertumbuhan dana perlu diperhitungkan. 

 

Jangka waktu yang terlalu pendek dapat menimbulkan tekanan keuangan, sementara jangka waktu yang terlalu panjang dapat menghambat tercapainya impian Anda. Dengan menetapkan jangka waktu yang realistis, Anda dapat membuat rencana yang dapat dijalankan dengan konsisten dan memberikan hasil yang diharapkan.

 

  • Lunasi Utang Terlebih Dahulu

 

Sebelum memulai perjalanan menabung untuk membeli rumah, disarankan untuk melunasi utang-utang yang mungkin Anda miliki. Pelunasan hutang dapat membantu membersihkan beban keuangan dan memberikan kejelasan mengenai sumber daya finansial yang dapat dialokasikan untuk menabung. 

 

Dengan melunasi utang-utang yang Anda miliki, Anda dapat merencanakan keuangan dengan lebih leluasa. Akhirnya, Anda bisa memusatkan fokus pada akumulasi dana untuk tujuan pembelian rumah. 

 

  • Cari Penghasilan Tambahan

 

Selain menabung dari penghasilan utama, mencari penghasilan tambahan dapat mempercepat proses akumulasi dana. Anda bisa mempertimbangkan pekerjaan sampingan, freelancing, atau bahkan memulai usaha kecil-kecilan. 

 

Pendapatan tambahan ini dapat dialokasikan langsung untuk tabungan rumah, memungkinkan Anda mencapai target finansial dengan lebih cepat. Mencari peluang penghasilan tambahan juga dapat menjadi strategi untuk mengatasi kenaikan harga atau biaya tak terduga yang mungkin muncul selama perjalanan menabung.

 

  • Belanja Sebijaksana Mungkin

 

Strategi belanja yang efektif menjadi penting dalam perjalanan menabung. Fokuskan pada pembelian barang-barang yang benar-benar diperlukan dan hindari impulsi belanja yang tidak perlu. 

 

Menentukan kebutuhan versus keinginan dapat membantu mengarahkan pengeluaran Anda ke arah yang mendukung tujuan menabung. Pemilihan produk dengan harga yang sesuai dengan anggaran dan memanfaatkan promo atau diskon yang tersedia juga dapat membantu mengoptimalkan pengeluaran.

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Efektif

 

  • Terapkan Simpanan Autodebet

 

Menerapkan simpanan autodebet merupakan cara yang efektif untuk memastikan konsistensi dalam menabung. Dengan cara ini, sejumlah dana yang telah ditentukan secara otomatis dipindahkan ke rekening tabungan setiap bulan pada tanggal yang telah ditentukan. 

 

Simpanan otomatis ini membantu Anda tetap disiplin dan menghindari godaan untuk menggunakan dana tersebut untuk keperluan lain. Selain itu, memanfaatkan fitur otomatis ini juga memastikan bahwa Anda tidak melewatkan setiap kesempatan untuk menambahkan dana ke dalam tabungan rumah Anda secara rutin.

 

  • Simpan Dana di Platform Crowdfunding

 

Pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian dari uang Anda untuk investasi. Ini bisa berupa investasi dalam saham, obligasi, properti, atau reksa dana. Ingatlah bahwa investasi selalu melibatkan risiko, jadi pastikan untuk melakukan riset yang cermat sebelum berinvestasi.

 

Investasi dengan bijak dapat membantu mengembangkan kekayaan Anda seiring berjalannya waktu, termasuk untuk membeli rumah impian Anda. Salah satunya yang sedang viral saat ini adalah investasi dari platform securities crowdfunding.

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Untuk mewujudkan impian memiliki rumah, langkah-langkah di atas wajib jadi perhatian bersama. Harapannya, dengan mengikuti langkah-langkah ini secara konsisten, Anda mampu berjalan lebih cepat menuju rumah impian sekaligus mengelola keuangan dengan lebih efektif.

339 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
84 Suka