03 May 2024
4 menit baca

7 Cara Membuat Uang Bekerja untuk Kita, Pasti Cuan!

4 menit baca

Cara Membuat Uang Bekerja untuk Kita

 

Memiliki uang bekerja untuk kita berarti uang yang kita miliki dapat menghasilkan pendapatan atau keuntungan tambahan tanpa harus secara aktif bekerja untuk mendapatkannya.

 

Nah kira-kira, bagaimana caranya agar uang bisa bekerja untuk kita? Simak panduan berikut untuk memahami konsep dan langkah-langkahnya.

 

  • Tetapkan Tujuan Keuangan yang Konkret

 

Tujuan keuangan yang konkret membantu Anda memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin dicapai secara finansial. Misalnya, tujuan pendek dapat berupa membeli mobil baru dalam dua tahun, sementara tujuan jangka panjang bisa berupa pensiun dengan nyaman. Penting untuk membuat tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART) agar dapat mengukur kemajuan Anda secara lebih efektif.

 

Baca Juga: Perlu Modal Usaha? Simak 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Berikut ini!

 

  • Perkaya Diri dengan Literasi Keuangan

 

Literasi keuangan membantu Anda memahami konsep dasar finansial seperti investasi, manajemen keuangan, dan perencanaan pensiun. Dengan meningkatkan pemahaman Anda dalam bidang keuangan, Anda dapat membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas dan efektif. Sumber literasi keuangan dapat berasal dari buku, kursus online, seminar, atau konsultasi dengan profesional keuangan.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

  • Buat Anggaran Keuangan

 

Salah satu cara membuat uang bekerja untuk kita adalah membuat anggaran keuangan. Anggaran yang tepat dapat memantau keuangan Anda dengan lebih baik dan mengidentifikasi area di mana Anda bisa menghemat atau meningkatkan penghasilan. 

 

Untuk membuat anggaran yang efektif, catat semua pemasukan dan pengeluaran Anda secara rinci. Selanjutnya, tentukan alokasi dana untuk kebutuhan pokok, tabungan, dan hiburan. Penting juga untuk memantau dan mengevaluasi anggaran Anda secara berkala agar tetap relevan dengan kebutuhan dan tujuan keuangan Anda.

 

Baca Juga: AWAS! Inilah Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2024

 

  • Lunasi Utang dan Hindari Utang Baru

 

Mengelola utang adalah salah satu langkah penting dalam perencanaan keuangan. Prioritaskan untuk melunasi utang Anda, terutama yang memiliki suku bunga tinggi seperti kartu kredit. Selain itu, hindari menambah utang baru kecuali jika benar-benar diperlukan. Hal ini akan membantu Anda mengurangi beban keuangan dan meningkatkan kesehatan finansial Anda.

 

  • Buat Dana Darurat

 

Dana darurat adalah tabungan yang disediakan khusus untuk keperluan darurat, seperti kehilangan pekerjaan atau biaya kesehatan yang tidak terduga. Dana darurat sebaiknya setara dengan 3-6 bulan pengeluaran bulanan Anda. Dengan memiliki dana darurat, Anda dapat mengatasi situasi darurat tanpa harus mengganggu tabungan atau investasi Anda yang lain.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkannya

 

  • Raih Passive Income

 

Investasi pasif adalah strategi investasi di mana Anda tidak perlu terlalu aktif mengelola portofolio investasi Anda. Salah satu contoh investasi pasif adalah reksa dana indeks, di mana Anda berinvestasi dalam portofolio yang mencerminkan indeks pasar saham tertentu. 

 

Keuntungan dari investasi pasif adalah biaya yang lebih rendah dan risiko yang lebih terdiversifikasi dibandingkan dengan investasi aktif. Dengan demikian, investasi pasif cocok bagi mereka yang tidak memiliki waktu atau pengetahuan yang cukup untuk mengelola investasi secara aktif.

 

Baca Juga: 15 Cara Mendapatkan Passive Income di Tahun 2024, Mudah!

 

  • Berinvestasi dengan Bijak

 

Pertama, tentukan tujuan investasi Anda. Selanjutnya, pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko Anda. Berinvestasilah secara diversifikasi untuk mengurangi risiko. Perhatikan juga faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi investasi Anda, seperti kondisi pasar dan regulasi.

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding. Crowdfunding sendiri adalah metode pengumpulan dana dengan skema patungan yang dilakukan oleh pemilik bisnis atau usaha untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Metode ini melibatkan penawaran investasi dalam bentuk saham, sukuk, atau instrumen keuangan lainnya kepada sejumlah kecil investor melalui platform online. 

 

Keuntungan utama dari crowdfunding adalah keragaman pilihan investasi. Anda dapat memilih proyek yang sesuai dengan minat Anda, mulai dari proyek teknologi hingga proyek seni. 

 

Crowdfunding juga memungkinkan Anda untuk berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jumlah minimum yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam crowdfunding bisa sangat rendah, membuatnya sangat cocok untuk pemula.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Investasi lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

140 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
27 Suka