14 May 2024
3 menit baca

Cara Cek Rekening Aktif atau Tidak, Bisa Secara Online!

3 menit baca

Cara Cek Rekening Aktif atau Tidak

 

Cara cek rekening aktif atau tidak sangatlah mudah dan bisa dilakukan secara online. Cara ini berlaku untuk semua jenis rekening, mulai dari BCA, BRI, BNI, hingga Mandiri. Berikut ulasan selengkapnya!

 

Cara Cek Rekening Aktif atau Tidak

 

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mengetahui apakah rekening bank Anda masih aktif atau tidak? Mengetahui status rekening sangatlah penting untuk menghindari masalah seperti pembekuan rekening atau biaya administrasi yang tidak terduga. 

 

  • Hubungi Customer Service Bank Terkait

Salah satu cara pertama yang dapat dilakukan oleh nasabah adalah menghubungi customer service bank yang digunakan. Sebelum menghubungi layanan pelanggan, pastikan untuk menyiapkan dokumen terkait, yakni: 

 

  1. Nomor rekening Anda.
  2. Kartu ATM.
  3. Kartu Identitas (KTP) 
  4. Kartu Keluarga (KK).

 

  • Coba Lakukan Transaksi

Salah satu penyebab rekening dormant adalah tidak adanya transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Untuk mengecek status rekening, nasabah dapat mencoba melakukan transaksi melalui ATM. Jika tidak berhasil, kemungkinan besar rekening sudah tidak aktif.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

  • Kunjungi Kantor Cabang Bank Terdekat

Cara cek rekening aktif atau tidak termudah adalah mengunjungi kantor cabang bank terdekat. Keuntungannya, jika ternyata rekening Anda tidak aktif, Anda bisa langsung mengaktifkannya dengan bantuan customer service.

 

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh nasabah saat mengunjungi kantor cabang bank terdekat, yakni:

 

  1. Datang ke kantor cabang bank terdekat.
  2. Ambil nomor antrian untuk bertemu dengan customer service.
  3. Saat dipanggil, sampaikan ke customer service bahwa Anda ingin mengecek apakah rekening Anda masih aktif atau tidak.
  4. Sebutkan nomor rekening Anda.
  5. Layanan pelanggan akan memeriksa status rekening tersebut.

 

Namun, perlu diingat bahwa untuk mengaktifkan atau mengecek rekening, Anda harus membawa berkas-berkas yang membuktikan bahwa rekening tersebut milik Anda. Dokumen yang perlu dibawa antara lain:

 

  1. Kartu Identitas (KTP).
  2. Kartu Keluarga (KK).
  3. Buku tabungan.
  4. Kartu ATM.

 

  • Periksa Status Melalui Internet dan Mobile Banking

Cara cek status rekening aktif atau tidak juga dapat dilakukan dengan mudah melalui layanan internet banking dan mobile banking. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu membuka aplikasi terkait, lalu cek status rekening bank Anda.

 

Baca Juga: 10 Bank dengan Suku Bunga Tertinggi di 2024, Mana yang Paling Tinggi?

 

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Mengecek Rekening Aktif atau Tidak

 

Sebelum Anda melakukan pengecekan status rekening, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut panduannya!

 

  • Pastikan Anda Terhubung ke Jaringan Internet yang Aman

Gunakan koneksi internet yang aman dan terpercaya saat mengakses layanan perbankan online. Tujuannya untuk mencegah potensi penipuan atau pencurian data.

 

  • Gunakan Perangkat yang Aman

Pastikan perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses layanan perbankan online tidak terinfeksi malware atau virus yang dapat membahayakan keamanan data Anda.

 

  • Jaga Kerahasiaan Informasi

Hindari memberikan informasi pribadi atau data sensitif Anda melalui pesan email atau SMS yang tidak terenkripsi. Pastikan Anda hanya memberikan informasi tersebut melalui saluran komunikasi resmi yang disediakan oleh bank.

 

  • Periksa Tautan yang Aman

Saat mengakses layanan perbankan online melalui website, pastikan tautan yang Anda gunakan secured. Pastikan tautan dimulai dengan “https://” dan terdapat ikon gembok di sampingnya untuk menunjukkan bahwa situs tersebut aman.

 

  • Perhatikan Waktu dan Tempat

Hindari menggunakan layanan perbankan online di tempat umum atau menggunakan jaringan public Wi-Fi yang tidak aman. Gunakan layanan tersebut di tempat yang aman, seperti di rumah atau kantor.

 

Baca Juga: Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam aneka bisnis franchise dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang terverifikasi dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

216 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
13 Suka