17 January 2024
4 menit baca

7 Hal yang Wajib Disiapkan Sebelum Berinvestasi di Securities Crowdfunding

4 menit baca

sebelum investasi securities crowdfunding

 

Pada era digital ini, investasi semakin menjadi pilihan menarik bagi banyak orang, salah satunya yang kian populer adalah skema crowdfunding. Namun, sebelum Anda terjun ke dalam dunia investasi ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar perjalanan investasi Anda lebih terarah dan sukses. Berikut hal-hal yang wajib Anda siapkan sebelum investasi di securities crowdfunding.

 

  • Pahami Skema Crowdfunding

 

Langkah pertama yang harus Anda ambil sebelum investasi adalah memahami cara kerja skema crowdfunding. Crowdfunding atau urun dana sendiri merupakan sistem pendanaan suatu proyek atau usaha yang melibatkan masyarakat umum. Dana dikumpulkan dari banyaknya orang yang tertarik dan meminati gagasan dari suatu kegiatan atau usaha yang sedang dibangun. 

 

Sementara itu, securities crowdfunding adalah badan atau wadah yang menyelenggarakan investasi skema crowdfunding. Jadi, Anda bisa berinvestasi di usaha atau proyek yang terdaftar di securities crowdfunding tersebut. Salah satu platform crowdfunding terbaik yang berhasil melakukan berbagai pendanaan prestisius di Indonesia adalah Bizhare.

 

Baca Lengkap: Securities Crowdfunding: Arti, Sistem Kerja, & Potensi Keuntungannya 

 

  • Pahami Profil Risiko Pribadi

 

Langkah selanjutnya yang harus Anda siapkan sebelum berinvestasi di securities crowdfunding adalah memahami profil risiko diri sendiri. Apakah Anda tipikal orang yang siap menerima risiko tinggi dalam investasi, atau malah sebaliknya?

 

Pertimbangkan tingkat pengalaman dan pengetahuan Anda dalam dunia investasi. Jika Anda baru mengenal investasi atau jenis investasi tertentu, mungkin bijaksana untuk memulai dengan proyek-proyek yang memiliki risiko lebih rendah. Terus tingkatkan pengetahuan Anda melalui pembelajaran dan konsultasi dengan profesional keuangan.

 

Selain itu, tentukan seberapa nyaman Anda dengan risiko. Artinya,  sejauh mana Anda dapat mengatasi fluktuasi nilai investasi tanpa mengalami stres yang berlebihan. Jangan terlalu ambisius atau terlalu konservatif; pilih tingkat risiko yang sesuai dengan kepribadian dan keadaan keuangan Anda.

 

  • Teliti Track Record Platform Securities Crowdfunding

 

Telusuri dan pelajari reputasi platform secara menyeluruh. Carilah informasi terkait dengan sejarahnya, apakah mereka memiliki catatan prestasi yang baik, atau sebaliknya. Ulasan dari investor sebelumnya dapat memberikan wawasan berharga terkait dengan pengalaman mereka dengan platform tersebut.

 

Selain itu, amati proyek-proyek yang telah didanai melalui platform tersebut sebelumnya. Bagaimana kinerjanya? Apakah berhasil atau mengalami kendala? Melihat keberhasilan proyek-proyek sebelumnya dapat memberikan gambaran mengenai kemampuan platform dalam mengelola investasi.

 

  • Analisis Proyek Secara Mendalam

 

Pelajari rancangan proyek secara menyeluruh. Pahami tujuan investasi proyek, bagaimana dana akan digunakan, dan proyeksi hasil yang diharapkan. Pastikan bahwa tujuan investasi proyek sejalan dengan tujuan keuangan dan toleransi risiko Anda.

 

Teliti analisis risiko yang disediakan oleh platform atau penyelenggara proyek. Identifikasi risiko-risiko potensial yang mungkin dihadapi proyek dan pertimbangkan apakah risiko tersebut dapat dikelola dengan baik. Tinjau apakah proyek memiliki strategi mitigasi risiko yang efektif.

 

Ketahui latar belakang dan rekam jejak pengembang atau perusahaan yang mengusung proyek. Proyek yang didukung oleh tim yang berpengalaman dan memiliki catatan prestasi yang baik memiliki peluang lebih besar untuk berhasil. Periksa proyek-proyek sebelumnya yang telah dijalankan oleh pengembang tersebut.

 

  • Diversifikasi Portofolio

 

Diversifikasi menjadi kunci utama untuk mengurangi risiko investasi. Sebelum berinvestasi di satu proyek, pertimbangkan untuk mendiversifikasi portofolio Anda. Dengan cara ini, jika satu proyek tidak berhasil, dampaknya tidak akan terlalu besar pada seluruh investasi Anda.

 

Pertimbangkan untuk mengalokasikan dana Anda ke sektor-sektor yang berbeda. Misalnya, jangan hanya fokus pada satu sektor industri, tetapi pilih beberapa sektor yang memiliki potensi pertumbuhan yang berbeda-beda.

 

Pertimbangkan juga untuk diversifikasi secara geografis dengan menginvestasikan dana Anda di berbagai wilayah atau negara. Setiap wilayah dapat menghadapi tantangan ekonomi yang berbeda, dan dengan melakukan diversifikasi geografis, Anda dapat mengurangi dampak negatif yang mungkin terjadi di satu wilayah tertentu.

 

Baca Juga: Strategi Diversifikasi Portofolio Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

  • Tentukan Rencana Keuangan

 

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di securities crowdfunding, langkah penting yang harus dilakukan adalah menetapkan rencana keuangan yang solid. Rencana ini akan menjadi fondasi untuk keputusan investasi Anda dan membantu mengelola risiko. 

 

Dalam rencana keuangan, evaluasi kapasitas finansial Anda termasuk alokasi dana untuk investasi. Pastikan bahwa dana yang akan diinvestasikan dalam securities crowdfunding sesuai dengan batas risiko yang telah Anda tetapkan dalam rencana keuangan Anda.

 

  • Pertimbangkan Risiko Likuiditas

 

Risiko likuiditas merujuk pada kemampuan untuk mengubah aset menjadi uang tunai dengan cepat tanpa menimbulkan dampak signifikan pada harganya. Nah, investasi di securities crowdfunding tidak selalu dapat dicairkan dengan mudah. 

 

Sebelum melakukan investasi di securities crowdfunding, pertimbangkan tingkat likuiditas investasi Anda. Jika Anda membutuhkan dana secara cepat, mungkin securities crowdfunding bukan pilihan yang tepat untuk Anda.

 

Bizhare, Platform Securities Crowdfunding Terbaik buat Anda

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan Bikin Aman!

 

Kenapa Saya Harus Berinvestasi di Bizhare?

 

Anda mungkin masih penasaran, “Kenapa saya harus berinvestasi di Bizhare? Apa kelebihannya dibanding platform lain?” Nah, Bizhare akan jabarkan satu-satu di bawah ini.

 

  • Kualitas Bisnis Terbaik dan Teruji

Bizhare paham bahwa bisa jadi, investasi melalui securities crowdfunding merupakan hal baru buat Anda. Itu sebabnya, Bizharepastikan semua bisnis yang terdaftar telah melewati due diligence yang ketat, baik dari segi finansial dan legal.

 

  • Pengawasan Bisnis End-to-End Lewat Tim Profesional

Sejak tahun 2018, Bizhare sudah berpengalaman menjaga bisnis-bisnis yang terdaftar, mulai dari analisis bisnis pertama hingga after investment. Bizhare menjaga bisnis tersebut tetap berperforma baik, bahkan setelah pendanaan usai. Hal ini penting guna membantu meminimalisir risiko investasi Anda.

 

  • #TransparanBikinAman

Bizhare percaya bahwa transparansi adalah kunci kesuksesan bisnis. Maka, setiap tanggal 25, Anda akan selalu menerima laporan performa dan keuangan bisnis yang Anda investasikan. Dengan demikian, Anda akan selalu merasa aman dengan transparansi bisnis.

 

Berkat konsistensi Bizhare dalam menjaga kualitas bisnis, saat ini terdapat total 117 bisnis terkemuka di seluruh Indonesia yang berhasil didanai secara crowdfunding, mulai dari seperti Sour Sally, Alfamart, Alfamidi, Zenbu, Holycow, dan sebagainya. Profitnya pun bervariasi mulai dari 18% per tahun berdasarkan data historis, loh!

 

Jadi, tunggu apalagi? Ini saatnya melangkah menuju kebebasan finansial bersama Bizhare. Mulai lakukan investasi pertama Anda, dan biarkan passive income mengalir ke kantong Anda.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dengan persiapan yang matang, Anda dapat mengurangi risiko dan meningkatkan peluang keberhasilan investasi Anda di securities crowdfunding. Tetaplah waspada, dan konsultasikan dengan pakar keuangan jika diperlukan. Semua ini guna memastikan keputusan investasi Anda sesuai dengan tujuan keuangan di masa depan.

271 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
26 Suka