30 April 2024
4 menit baca

Daftar Saham Multibagger Tahun 2024 & Cara Memilihnya

4 menit baca

Saham Multibagger

 

Selain saham blue chip, saham multibagger adalah salah satu jenis saham yang paling diincar para investor. Berbagai analisis sampai dikembangkan hanya demi mengetahui cara menemukan saham multibagger. Berikut ulasan selengkapnya mengenai saham pamungkas ini.

 

Apa itu Saham Multibagger?

 

Saham multibagger adalah istilah yang digunakan untuk saham yang memberikan keuntungan besar, sering kali melebihi harapan investor. Saham-saham ini bisa meningkat nilainya beberapa kali lipat dalam waktu yang relatif singkat. 

 

Istilah “multibagger” berasal dari permainan kelereng, di mana kelereng yang berhasil masuk ke dalam lubang menjadi “bagger” dan jika kelereng tersebut berhasil masuk ke dalam beberapa lubang sekaligus, disebut sebagai “multibagger“.

 

Kriteria Saham Multibagger

 

Saham multibagger menarik bagi investor karena potensi imbal hasilnya yang tinggi. Berbeda dengan saham blue chip, untuk dikategorikan sebagai saham multibagger, saham harus memenuhi beberapa kriteria berikut, antara lain:

 

  • Emiten Memiliki Fundamental yang Baik

Saham multibagger cenderung berasal dari perusahaan yang memiliki fundamental yang kuat. Fundamental ini mencakup kinerja keuangan yang sehat, manajemen yang baik, produk atau layanan yang diminati pasar, dan strategi bisnis yang tepat. Fundamental yang baik adalah indikasi bahwa perusahaan memiliki potensi untuk tumbuh dan menghasilkan keuntungan yang besar di masa depan.

 

  • Harga Saham Undervalued 

Harga saham yang lebih murah dari nilai buku atau nilai intrinsik perusahaan menunjukkan bahwa saham tersebut mungkin undervalued. Ini berarti investor dapat membeli saham dengan harga yang lebih rendah dari nilai sebenarnya, sehingga memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan saat harga saham naik mendekati nilai sebenarnya.

 

  • Beban Utang Perusahaan dalam Batas Wajar

Perusahaan dengan beban utang yang wajar cenderung lebih stabil secara finansial dan memiliki potensi untuk berkembang dengan lebih baik. Beban utang yang terlalu tinggi dapat menimbulkan risiko keuangan yang tinggi dan membuat perusahaan lebih rentan terhadap situasi ekonomi yang sulit.

 

  • Prospek Bisnis yang Baik dan Konsisten

Perusahaan yang memiliki prospek bisnis yang baik dan konsisten cenderung lebih menarik bagi investor. Prospek bisnis yang baik menunjukkan bahwa perusahaan memiliki strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan dan peluang di pasar. Konsistensi dalam kinerja juga merupakan indikasi bahwa perusahaan dapat diandalkan dalam jangka panjang.

 

  • PER dan PBV Rendah

Price to earning ratio (PER) yang rendah menunjukkan bahwa saham diperdagangkan dengan harga yang relatif rendah dibandingkan dengan laba per lembar sahamnya. Hal ini menunjukkan potensi keuntungan yang besar bagi investor. 

 

Sementara itu, price to book value (PBV) yang rendah juga menunjukkan bahwa saham diperdagangkan dengan harga yang relatif rendah dibandingkan dengan nilai aset bersih per lembar sahamnya.

 

  • Harga Saham di Bawah NCAV

Net Current Asset Value (NCAV) adalah nilai aset lancar bersih per lembar saham. Jika harga saham lebih rendah dari NCAV, ini bisa menjadi indikasi bahwa saham tersebut undervalued. Saham yang diperdagangkan di bawah NCAV mungkin menarik bagi investor yang mencari nilai investasi yang baik.

 

Baca Juga: 11 Jenis Investasi Terbaik untuk Keamanan Finansial di Masa Depan

 

Cara Memilih Saham Multibagger

 

Investasi dalam saham multibagger dapat menjadi strategi yang menguntungkan, namun juga berisiko tinggi. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memilih saham multibagger yang potensial.

 

  • Pilih Perusahaan Berkualitas Tinggi

Sebelum membeli saham multibagger, penting untuk memilih perusahaan yang berkualitas tinggi. Perusahaan dengan kualitas tinggi umumnya memiliki manajemen yang kompeten, produk atau layanan yang unggul, dan prospek pertumbuhan yang cerah.

 

  • Perhatikan Valuasi

Meskipun saham memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi, tetap perhatikan valuasinya. Pastikan valuasi saham masih masuk akal dan sesuai dengan kondisi pasar saat ini.

 

  • Fokus pada Tren Jangka Panjang

Jangan terlalu terpaku pada tren jangka pendek. Lebih baik fokus pada tren pertumbuhan jangka panjang, karena perusahaan dengan tren positif dalam jangka panjang memiliki potensi untuk menjadi saham multibagger.

 

  • Lakukan Riset Mendalam

Sebelum membeli saham, lakukan riset yang cermat. Pelajari tentang perusahaan, industri di mana perusahaan tersebut beroperasi, dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi kinerja saham di masa depan.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi portofolio investasi Anda dengan berinvestasi dalam beberapa saham multibagger yang berbeda. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi risiko yang terkait dengan investasi saham.

 

  • Hindari Bertransaksi Terlalu Sering

Jangan tergoda untuk melakukan transaksi saham multibagger terlalu sering. Biarkan investasi Anda berkembang dengan sendirinya dan ingatlah bahwa investasi saham multibagger adalah investasi jangka panjang.

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

163 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
19 Suka