09 July 2024
5 menit baca

Low Risk Artinya: Pengertian dan Penerapannya dalam Investasi

5 menit baca

Low risk yang artinya “risiko rendah” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan investasi yang memiliki tingkat risiko kerugian yang kecil.

 

Investasi merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Namun, setiap jenis investasi memiliki tingkat risiko yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang “low risk“, serta pengertian, contoh, dan strategi penerapannya dalam investasi.

 

Apa Itu Low Risk?

 

Low risk yang artinya “risiko rendah” adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan investasi yang memiliki tingkat risiko kerugian yang kecil. Investasi jenis ini cenderung memberikan pengembalian yang stabil dan lebih aman dibandingkan dengan investasi yang berisiko tinggi. 

 

Dalam dunia investasi, risiko dan pengembalian memiliki hubungan yang erat, di mana investasi dengan risiko tinggi biasanya menawarkan potensi return yang lebih besar, namun juga berpotensi untuk mengalami kerugian yang signifikan. Sebaliknya, investasi low risk menawarkan stabilitas dan keamanan dengan pengembalian yang lebih rendah.

 

Ciri-ciri Investasi Low Risk

Secara garis besar, low risk memiliki ciri-ciri khusus yang bisa Anda pelajari secara komprehensif. Berikut ulasannya.

 

  1. Keamanan Modal: Investasi low risk umumnya memberikan keamanan terhadap modal yang diinvestasikan. Risiko kehilangan modal sangat minim. Ini menjadi alasan utama banyak investor konservatif memilih jenis investasi ini.
  2. Pengembalian Stabil: Investasi ini cenderung memberikan pengembalian yang stabil dan terprediksi, meskipun mungkin tidak sebesar investasi berisiko tinggi. Stabilitas pengembalian ini membuat investor lebih tenang dalam merencanakan keuangan mereka.
  3. Volatilitas Rendah: Investasi dengan risiko rendah biasanya memiliki volatilitas yang rendah, artinya nilainya tidak banyak berfluktuasi. Ini berarti nilai investasi cenderung tetap atau mengalami perubahan yang sangat kecil dari waktu ke waktu.
  4. Likuiditas Tinggi: Banyak investasi low risk memiliki likuiditas tinggi, yang berarti investor dapat dengan mudah mencairkan investasinya kapan saja tanpa kehilangan nilai yang signifikan. Likuiditas tinggi memungkinkan investor untuk mengakses dana mereka dengan cepat jika diperlukan.

 

Contoh Investasi Low Risk

 

Investasi low risk memang cukup populer dilakukan para investor pemula ataupun mereka yang tidak punya banyak waktu untuk melihat fluktuasi nilai instrumen. Ada beberapa contoh investasi low risk yang populer di kalangan investor. Berikut contohnya.

 

  1. Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah simpanan di bank yang memiliki jangka waktu tertentu dan memberikan bunga tetap. Keamanan modal dan pengembalian yang stabil menjadikan deposito berjangka sebagai pilihan investasi yang rendah risiko. Selain itu, deposito biasanya diasuransikan oleh pemerintah, memberikan lapisan perlindungan tambahan bagi investor.

 

  1. Obligasi Pemerintah

Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah biasanya dianggap sangat aman karena pemerintah jarang gagal membayar kembali pinjamannya. Obligasi ini memberikan pengembalian yang stabil. Obligasi pemerintah sering digunakan sebagai tolok ukur untuk stabilitas dan keamanan dalam investasi.

 

  • Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang menginvestasikan dana pada instrumen pasar uang seperti deposito dan surat utang jangka pendek. Investasi ini menawarkan likuiditas tinggi dan risiko rendah. Manajer investasi yang mengelola reksa dana pasar uang memiliki pengalaman dalam memilih instrumen yang paling aman dan menguntungkan.

 

  • Asuransi Jiwa dengan Nilai Tunai

Produk asuransi ini tidak hanya memberikan perlindungan jiwa tetapi juga memungkinkan akumulasi nilai tunai yang dapat diambil kembali dengan risiko rendah. Asuransi jiwa dengan nilai tunai menawarkan dua manfaat: perlindungan asuransi dan kesempatan untuk menabung dengan aman.

 

Mengapa Memilih Investasi Low Risk?

 

Memilih investasi dengan risiko rendah memiliki beberapa keuntungan yang menarik bagi banyak investor, terutama bagi mereka yang mencari stabilitas dan keamanan dalam portofolio investasi mereka.

 

  • Keamanan Modal

Investor yang ingin menjaga keamanan modalnya lebih cenderung memilih investasi low risk. Risiko kerugian yang minim memberikan ketenangan pikiran. Keamanan modal ini sangat penting bagi investor yang mendekati masa pensiun atau yang memiliki toleransi risiko rendah.

 

  • Pengembalian Stabil

Investasi low risk memberikan pengembalian yang lebih stabil dan terprediksi, sehingga membantu dalam perencanaan keuangan jangka panjang. Pengembalian stabil ini memungkinkan investor untuk merencanakan dan mencapai tujuan keuangan mereka dengan lebih baik.

 

  • Cocok untuk Semua Jenis Investor

Baik investor pemula maupun yang sudah berpengalaman dapat memanfaatkan investasi low risk untuk mencapai tujuan keuangan mereka tanpa menghadapi risiko tinggi. Investasi ini cocok bagi mereka yang baru memulai investasi dan ingin belajar tanpa risiko besar.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Menambahkan investasi low risk ke dalam portofolio dapat membantu mendiversifikasi risiko dan menjaga keseimbangan dalam menghadapi fluktuasi pasar. Diversifikasi adalah strategi yang digunakan untuk mengurangi risiko dengan menyebarkan investasi ke berbagai aset.

 

Strategi Investasi Low Risk

 

Untuk memaksimalkan potensi keuntungan dari investasi low risk, penting untuk menerapkan strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dipertimbangkan:

 

  • Diversifikasi

Meskipun fokus pada investasi low risk, diversifikasi portofolio dengan berbagai instrumen keuangan dapat membantu mengurangi risiko lebih lanjut. Kombinasi antara deposito, obligasi, dan reksa dana pasar uang dapat memberikan keseimbangan yang baik. Diversifikasi ini memastikan bahwa jika satu jenis investasi mengalami penurunan nilai, investasi lainnya dapat menutupi kerugian tersebut.

 

  • Investasi secara Berkala/Rutin

Melakukan investasi secara berkala, seperti setiap bulan atau setiap kuartal, dapat membantu mengurangi risiko akibat fluktuasi pasar dan memungkinkan investor untuk memanfaatkan potensi keuntungan jangka panjang. Investasi berkala juga membantu investor untuk menghindari mencoba menebak pasar, yang seringkali sulit dan berisiko.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

  • Siap Siaga terhadap Inflasi

Meskipun investasi low risk cenderung aman, penting untuk mempertimbangkan dampak inflasi terhadap pengembalian investasi. Memilih instrumen dengan pengembalian yang mampu mengimbangi inflasi akan membantu menjaga nilai investasi dalam jangka panjang. Inflasi dapat mengurangi daya beli, sehingga penting untuk memilih investasi yang dapat mengatasi kenaikan harga barang dan jasa.

 

  • Konsultasi dengan Ahli Keuangan

Berkonsultasi dengan ahli keuangan atau penasihat investasi dapat membantu dalam memilih investasi low risk yang sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko investor. Ahli keuangan dapat memberikan nasihat yang disesuaikan dengan situasi keuangan dan tujuan pribadi investor, memastikan bahwa investasi yang dipilih adalah yang paling sesuai.

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

79 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
17 Suka