26 April 2024
3 menit baca

Investasi Langsung: Pengertian dan Jenis-jenisnya

3 menit baca

investasi langsung

 

Investasi langsung adalah salah satu bentuk investasi di mana investor membeli aset secara langsung, seperti saham, obligasi, properti, atau bisnis, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian investasi langsung serta perbedaannya dengan investasi tidak langsung.

 

Pengertian Investasi Langsung

 

Investasi langsung adalah investasi di mana investor secara langsung memiliki aset atau bisnis yang diinvestasikan. Dalam investasi langsung, investor memiliki kendali langsung atas aset atau bisnis tersebut, termasuk pengelolaan operasional dan keputusan strategis. 

 

Contohnya adalah investasi dalam bentuk properti, bisnis kecil, atau investasi langsung dalam saham perusahaan tertentu. Investasi langsung memberikan investor kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pengelolaan investasi mereka, serta memiliki potensi keuntungan yang lebih besar daripada investasi tidak langsung. 

 

Namun, investasi langsung juga dapat memerlukan lebih banyak waktu, pengetahuan, dan risiko daripada investasi tidak langsung. Hal ini membuat Anda harus memperkaya diri dengan literasi keuangan dari berbagai macam sumber.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

Jenis Investasi Langsung

 

Untuk memulai investasi langsung, terdapat dua jenis investasi yang dapat dipilih, yaitu investasi untuk diperjualbelikan dan investasi yang tidak untuk diperjualbelikan.

 

  • Investasi untuk diperjualbelikan

Investasi ini merupakan jenis investasi yang dapat diperjualbelikan kepada orang lain pada waktu tertentu yang memiliki nilai yang cukup meningkat. Jenis investasi yang termasuk dalam kategori ini antara lain:

 

  1. Emas dan berlian.
  2. Saham atau produk di pasar modal.
  3. Tanah, ruko, dan berbagai jenis properti.
  4. Produk di pasar uang.

 

  • Investasi tidak untuk diperjualbelikan

Investasi yang termasuk dalam kategori ini adalah deposito bank serta tabungan. Investasi ini tidak dapat diperjualbelikan kepada pihak lain seperti investasi pada umumnya.

 

Investasi langsung ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda tergantung pada jenis investasinya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, penting untuk memahami karakteristik dan risiko dari masing-masing jenis investasi tersebut.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

Perbedaan Investasi Langsung dan Tidak Langsung

 

Perbedaan utama antara investasi langsung dan tidak langsung terletak pada kendali yang dimiliki oleh investor atas aset yang mereka miliki dan cara investasi yang dilakukan.

 

Misalnya, dalam investasi langsung, investor memiliki kendali langsung atas aset atau bisnis tersebut, termasuk pengelolaan operasional dan keputusan strategis. Sementara itu pada investasi tidak langsung, investor tidak punya kendali langsung atas aset atau bisnis tersebut, karena pengelolaan dilakukan oleh manajer investasi atau entitas investasi lainnya.

 

Baca Juga: Perbedaan Investasi Langsung dan Tidak Langsung, Jangan Sampai Salah!

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

186 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
22 Suka