03 May 2024
3 menit baca

Panduan Lengkap Cara Membeli Surat Utang Negara

3 menit baca

cara membeli surat utang negara

 

Surat Utang Negara adalah instrumen keuangan yang dapat dibeli oleh individu, perusahaan, atau lembaga keuangan. Instrumen ini merupakan salah satu bentuk investasi yang relatif aman karena dijamin oleh pemerintah. Di bawah ini adalah panduan lengkap cara membeli Surat Utang Negara beserta tips dan triknya.

 

Pengertian Surat Utang Negara

 

Surat Utang Negara (SUN) adalah instrumen keuangan yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai cara untuk memperoleh dana yang diperlukan dalam rangka membiayai berbagai program, proyek, dan kebijakan negara. 

 

Konsep dasar dari SUN adalah pinjaman yang diberikan oleh investor kepada pemerintah dengan imbalan pembayaran bunga atau kupon dalam periode tertentu, yang kemudian akan dikembalikan bersamaan dengan pokok pinjaman pada akhir jangka waktu yang telah ditentukan.

 

Baca Juga: Pahami Surat Utang Negara Sebelum Berinvestasi di Instrumennya

 

Cara Membeli Surat Utang Negara

 

Secara garis besar terdapat 4 cara membeli Surat Utang Negara, mulai dari registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi pembayaran. Ada beberapa contoh Surat Utang Negara yang menggunakan metode ini. Berikut ulasan lengkapnya.

 

  • Registrasi

Pemerintah telah menyediakan sistem registrasi online untuk calon investor di situs penyedia surat utang yang dipilih. Untuk registrasi, Anda perlu menyiapkan dokumen di bawah ini.

 

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Nomor Rekening Dana
  3. Nomor Single Investor Identification (SID)
  4. Nomor Rekening Surat Berharga

 

Bagi yang belum memiliki Nomor SID, rekening dana, atau rekening surat berharga, pembuatannya akan dibimbing oleh Mitra Distribusi. SID adalah kode tunggal yang dibuat oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Single Investor Identification (SID)

 

  • Pemesanan

Setelah Anda selesai melakukan registrasi, langkah selanjutnya adalah melakukan pemesanan. Untuk melakukan pemesanan, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

 

  1. Pilih mitra distribusi yang diinginkan.
  2. Pahami ketentuan yang tercantum dalam Memorandum Informasi.
  3. Siapkan Nomor SID, rekening dana, dan rekening surat berharga.
  4. Masukkan jumlah nominal surat utang yang ingin dibeli.
  5. Anda akan menerima kode billing dan notifikasi bahwa pesanan telah diverifikasi.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

  • Pembayaran

Setelah melakukan pemesanan, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Pembayaran ini harus dilakukan sesuai dengan jumlah nominal yang tertera pada saat pemesanan. Anda bisa melakukan pembayaran melalui bank atau lembaga keuangan lain yang ditunjuk sebagai mitra distribusi.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

  • Konfirmasi Pembayaran

Setelah Anda melakukan pembayaran, Anda perlu mengkonfirmasi pembayaran tersebut kepada Mitra Distribusi. Pastikan juga bahwa Anda telah menerima kode Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN). NTPN adalah kode yang diterbitkan oleh pemerintah untuk mencatat pembayaran yang telah diterima. 

 

Setelah konfirmasi pembayaran, Anda akan mendapatkan konfirmasi kepemilikan surat utang setelah pemerintah menerbitkannya pada tanggal yang telah ditentukan.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

131 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
26 Suka