19 June 2024
4 menit baca

10 Alternatif Investasi Menarik Selain Saham dan Emas, Ada di Sekitar Anda!

4 menit baca

alternatif investasi

 

Investasi tidak selalu terbatas pada saham dan emas. Beberapa barang atau ornamen ternyata bisa menjadi “instrumen” investasi yang menarik. Apalagi, semakin langka keberadaannya, semakin mahal nilainya. Berikut deretan alternatif investasi yang layak dicoba selain saham dan emas.

 

  • Lukisan

 

Lukisan, yang merupakan seni visual, tidak hanya menyimpan cerita artistik, tapi juga nilai investasi yang menjanjikan. Apalagi, karya seni dari seniman terkenal, seperti Van Gogh atau Picasso, seringkali menjadi buruan kolektor dan investor. 

 

Alasannya, setiap lukisan memiliki nilai sejarah dan story value yang sangat tinggi. Apalagi, dari waktu ke waktu, apresiasi seni yang terus berkembang dapat meningkatkan nilai investasinya seiring waktu. 

 

Investor seni sering mencari karya yang memiliki cerita unik atau signifikan dalam perkembangan seni, menjadikan lukisan bukan hanya sebagai aset materi tetapi juga sebagai potongan sejarah yang dapat dikenang.

 

Baca Juga: 25 Ide Kado Natal untuk Keluarga, Pacar, dan Sahabat

 

  • Barang Koleksi Olahraga Langka

 

Dalam dunia olahraga, koleksi barang-barang langka seperti jersey, kartu pemain, atau barang memorabilia lainnya dapat menjadi pilihan investasi yang menarik. Keinginan para penggemar untuk memiliki potongan sejarah olahraga, seperti jersey pemain dari pertandingan penting atau kartu pemain langka dari era tertentu, menciptakan pasar yang kuat untuk koleksi olahraga langka. 

 

Nilai barang-barang ini seringkali dipengaruhi oleh prestasi olahraga, kepopuleran tim atau pemain tertentu, dan kesulitan untuk menemukan barang serupa. Bagi investor, memahami dinamika dunia olahraga dan tren kolektor adalah kunci untuk membuat keputusan investasi yang cerdas dalam mengembangkan portofolio mereka.

 

  • Buku Komik

 

Selain menjadi hiburan populer, buku komik juga dapat menjadi investasi yang menarik. Komik-komik langka dari era tertentu atau yang menjadi dasar adaptasi film sering dicari oleh para kolektor. 

 

Edisi terbatas, tanda tangan pengarang, atau kondisi yang sangat baik dapat memberikan nilai tambah pada buku komik sebagai aset investasi. Dengan popularitas film-film superhero yang terus berkembang, buku komik klasik sering mengalami peningkatan nilai yang signifikan.

 

  • Koin Langka

 

Koin kuno atau koin dengan kesalahan cetak dapat menjadi investasi menarik bagi para kolektor koin. Seiring berjalannya waktu, koin-koin langka ini dapat meningkat nilainya, terutama jika kondisinya tetap baik. 

 

Sejarah di balik setiap koin dan faktor-faktor seperti keberadaan kesalahan cetak atau jumlah produksi yang terbatas dapat memberikan nilai tambah pada investasi ini. Kolektor koin sering mencari koin-koin yang memiliki keunikan tertentu, menciptakan pasar yang beragam dan dinamis.

 

Baca Juga: Menabung atau Investasi, Mana yang Lebih Penting?

 

  • Wine

 

Wine premium dan langka juga menjadi pilihan investasi yang menarik. Seiring berjalannya waktu, wine yang terbatas produksinya dapat meningkatkan nilai investasinya, terutama jika mendapatkan pengakuan dari para penikmat anggur dan pakar industri. 

 

Koleksi wine yang terawat dengan baik dan memiliki label yang bergengsi dapat menjadi aset fisik yang tidak hanya memberikan kepuasan sensorik, tetapi juga nilai finansial yang stabil.

 

  • Mainan Antik

 

Mainan antik dapat menjadi investasi yang menarik, terutama bagi para kolektor atau pecinta barang-barang lawas. Mainan yang masih dalam kondisi baik dan dalam kemasan aslinya dapat memiliki nilai investasi yang tinggi. 

 

Apalagi, jika terdapat karakteristik unik atau keterbatasan produksi yang membuatnya langka, mainan antik bisa menjadi sumber keuntungan yang menarik bagi investor. Melibatkan diri dalam komunitas kolektor dapat membantu dalam mengidentifikasi tren dan mencari potensi investasi yang menjanjikan.

 

  • Buku-buku Langka

 

Buku-buku langka atau edisi terbatas dari penulis terkenal adalah harta karun yang sering dicari oleh para pecinta literatur. Faktor-faktor seperti keadaan buku, tandatangan pengarang, atau sejarah penerbitan dapat mempengaruhi nilai investasi. Dalam era digital ini, keberlanjutan minat terhadap buku fisik yang langka menciptakan potensi keuntungan yang berkelanjutan bagi para investor.

 

  • Koleksi Senjata Langka

 

Bagi para penggemar senjata, memiliki koleksi senjata langka dapat menjadi investasi yang menarik. Selain sebagai barang koleksi, senjata langka sering memiliki nilai sejarah atau keunikan dalam desain yang dapat meningkatkan nilai investasinya. Penting untuk memastikan kepatuhan dengan regulasi dan undang-undang yang berlaku dalam kepemilikan senjata, dan untuk menyimpan koleksi dengan aman.

 

  • Mobil Klasik

 

Mobil klasik dengan kondisi baik dan sejarah yang unik bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Pasar mobil klasik sering didorong oleh keunikan dan popularitas model tertentu. Penggemar otomotif cenderung mencari mobil dengan sejarah perawatan yang baik, kondisi orisinal, dan kelangkaan yang membuatnya istimewa.

 

  • Alat Musik

 

Alat musik vintage atau langka, terutama yang pernah digunakan oleh musisi terkenal, bisa menjadi investasi yang menarik. Gitar, drum, atau alat musik lainnya dengan sejarah yang kaya dapat memiliki nilai lebih tinggi. Kondisi alat musik dan ketersediaan di pasar yang terbatas dapat memberikan peluang bagi investor untuk memperoleh keuntungan.

 

Baca Juga: Cara Kerja Saham sebagai Instrumen Investasi

 

Secara khusus, harga instrumen musik bisa lebih mahal jika didesain secara custom dan dijual dalam jumlah yang amat sedikit. Prinsipnya, semakin langka barang tersebut, maka akan makin mahal nilainya.

 

Dalam menjalankan investasi di bidang ini, konsultasikan dengan ahli di setiap kategori dan perhatikan tren pasar yang mungkin mempengaruhi nilai investasi. Dengan pemahaman yang baik tentang pasar dan risiko yang terkait, investasi di luar saham dan emas dapat menjadi tambahan yang berharga untuk diversifikasi portofolio Anda.

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

611 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
96 Suka