18 January 2024
6 menit baca

Panduan Lengkap Pasar Sekunder Bizhare 2024

6 menit baca

pasar sekunder bizhare 2024

 

Hi Bizharian! Pasar Sekunder Bizhare hadir lagi untuk Anda! Berlangsung dari tanggal 29 Januari–13 Februari 2024, event ini akan diikuti puluhan bisnis penerbit populer yang sudah tepercaya performanya. Namun sebelum mengikutinya, silakan baca terlebih dahulu panduan lengkap Pasar Sekunder Bizhare yang tersaji berikut.

 

Tentang Pasar Sekunder Bizhare 2024

 

Pasar Sekunder Bizhare merupakan event rutin di mana investor bisa melakukan transaksi permintaan (bid) dan penawaran (offer) saham yang ada di Bizhare dengan aman dan nyaman. 

 

Sebagai informasi, Pasar Sekunder Bizhare dibuka untuk bisnis penerbit yang sahamnya telah didistribusikan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum perdagangan efek. 

 

Untuk kepemilikan efek, Bizhare telah bekerjasama dengan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Bank Kustodian (BK) sebagai lembaga resmi penyimpanan saham kolektif investor secara scripless. Dengan demikian, event ini sudah terjamin aman dan sah secara hukum.

 

Baca Juga: Pasar Sekunder: Mengenal Konsep dan Peranannya dalam Investasi

 

Ketentuan Pelaksanaan Pasar Sekunder Bizhare 2024

 

Berdasarkan ketentuan POJK 57 Tahun 2020 dan penyelenggara atau Bizhare, pasar sekunder pada securities crowdfunding dapat dilaksanakan jika memenuhi persyaratan sebagai berikut:

 

  1. Berlaku untuk efek bersifat ekuitas (EBE) atau jenis efek saham yang telah didistribusikan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum perdagangan efek.
  2. Efek telah dititipkan secara kolektif di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Bank Kustodian (BK).
  3. Dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan hanya dapat dilakukan 2 (dua) kali perdagangan efek.
  4. Jangka waktu pelaksanaan perdagangan efek dengan perdagangan efek lainnya paling singkat 6 (enam) bulan.
  5. Perdagangan efek dilakukan pada 10 hari kerja.
  6. Perdagangan efek dilakukan pada pukul 09.00–16.00 WIB.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Mekanisme Pasar Sekunder Saham 

 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat bertransaksi di Pasar Sekunder Bizhare. Berikut daftar lengkapnya!

 

  1. Pastikan Anda sudah mendaftar sebagai user, verifikasimelengkapi profil akun, dan tanda tangan digital di aplikasi Bizhare atau di www.bizhare.id.
  2. Layanan Pasar Sekunder Bizhare akan dibuka setiap hari kerja aktif (Senin – Jumat) mulai dari pukul 09:00–16:00 WIB. Nantinya, Anda akan mendapatkan ringkasan transaksi Pasar Sekunder setiap hari melalui email.
  3. Hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, Pasar Sekunder tidak buka.
  4. Jika sampai pukul 16.00 WIB masih ada transaksi penawaran dan permintaan saham yang belum terpenuhi, maka transaksi tersebut akan direset secara otomatis oleh sistem dan Anda bisa melakukan transaksi penawaran dan permintaan saham pada keesokan hari nya.
  5. Perubahan harga lembar saham pada transaksi pasar sekunder akan menyesuaikan dengan last price atau harga terakhir penawaran dan permintaan transaksi setiap harinya.
  6. Auto Reject Atas (ARA) sebesar 20%, itu adalah persentase batas kenaikan harga tertinggi dari saham. Artinya, pergerakan harga saham di Bizhare tidak bisa bergerak bebas lebih tinggi melewati batas yang sudah ditentukan. ARA menjadi acuan untuk mengatur pergerakan saham sehingga ada batas kenaikan suatu saham dalam 1 (satu) hari. 
  7. Auto Reject Bawah (ARB) sebesar 20%, itu adalah persentase batas penurunan harga terendah dari saham. Artinya, pergerakan harga saham di Bizhare tidak bisa bergerak bebas lebih rendah melewati batas yang sudah ditentukan. ARB menjadi acuan untuk mengatur pergerakan saham sehingga ada batas penurunan suatu saham dalam 1 (satu) hari. 

 

Baca Juga: Bizhare Loyalty Program: Kumpulkan Poinnya, Raih Benefitnya!

 

Mekanisme Permintaan (Bid) Saham

 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan permintaan (bid) saham di Pasar Sekunder Bizhare. Berikut daftar lengkapnya!

  1. Anda dapat melakukan permintaan (bid) saham pada layanan pasar sekunder yang telah disiapkan di platform resmi Bizhare, dengan catatan akun Anda sudah lengkap, telah diverifikasi, dan ditandatangani secara digital.
  2. Anda dapat melakukan transaksi permintaan (bid) saham dengan melakukan permintaan harga saham sesuai dengan Auto Reject Atas (batas atas) dan Auto Reject Bawah (batas bawah) yang telah ditentukan oleh sistem. Anda dapat membuat permintaan harga saham dengan harga yang sama dengan salah satu harga penawaran saham yang sedang berlangsung, untuk mempermudah dan mempercepat transaksi permintaan saham Anda.
  3. Lakukan permintaan (bid) saham sesuai dengan langkah-langkah yang tertera di bawah ini.
  4. Jika transaksi permintaan (bid) saham tidak berhasil diproses, maka dana Anda akan dikembalikan 100% melalui saldo efek Anda pada penutupan pasar di hari yang sama pada pukul 16:00 WIB. Saldo tersebut bisa digunakan untuk melakukan transaksi investasi berikutnya. 
  5. Jika transaksi permintaan (bid) saham berhasil, Anda akan dikenakan biaya layanan sebesar 5% dari total transaksi Anda, sama seperti saat transaksi saham di penawaran perdana.
  6. Jika Anda melakukan transaksi permintaan (bid) dan sudah berhasil jual-beli saham, transaksi permintaan saham Anda tidak dapat dibatalkan

 

Berikut alur permintaan (bid) saham di Pasar Sekunder Bizhare:

 

  1. Lakukan transaksi permintaan (bid) lembar saham Pasar Sekunder Bizhare melalui smartphone maupun desktop. Cek di sini.
  2. Pilih bisnis/penerbit yang Anda inginkan.
  3. Klik tombol “Beli”, masukkan nominal harga permintaan lembar saham dan jumlah lembar saham yang ingin Anda beli.
  4. Pilih metode pembayaran yang tersedia, klik tombol “Permintaan Beli”, pilih “Lanjutkan Permintaan Beli” untuk ke tahap selanjutnya. 
  5. Selesaikan pembayaran dari transaksi permintaan (bid) lembar saham Anda, sesuai dengan instruksi yang telah diinformasikan. Jika Anda belum menyelesaikan pembayaran, transaksi Anda belum dapat diproses.
  6. Cek email Anda atas konfirmasi permintaan (bid) saham yang telah Anda lakukan.
  7. Jika ada harga penawaran (offer) lembar saham yang sama maka transaksi permintaan (bid) Anda, maka transaksi akan berhasil. Namun jika belum, maka Anda masih bisa menunggu penawaran dari user lain hingga pukul 16:00 WIB atau membatalkan permintaan lebih cepat dan melakukan permintaan saham dengan nominal yang lain yang sesuai dengan penawaran pasar. Jika belum ada harga penawaran (offer) saham yang sama dengan permintaan anda hingga penutupan pasar sekunder di hari itu, maka dana Anda akan kami refund 100% ke saldo efek Anda. Khusus untuk transaksi permintaan (bid) saham bisnis Salsa Grosir dan Ritel tidak berhasil diproses maka akan masuk ke Saldo Efek Syariah
  8. Anda dapat  melakukan permintaan pembatalan transaksi permintaan (bid)  dengan menghubungi Customer Support Bizhare melalui surel [email protected], WhatsApp 0811101430, atau fitur “Chat Bantuan”.

 

Mekanisme Penawaran (Offer) Saham

 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan penawaran (offer) saham di Pasar Sekunder Bizhare. Berikut daftar lengkapnya!

 

  1. Anda telah memiliki bisnis yang sudah distribusi efek 1 tahun di KSEI dan masuk dalam periode Pasar Sekunder.
  2. Anda dapat melakukan penawaran (offer) saham pada Layanan Pasar Sekunder yang telah kami siapkan di platform resmi Bizhare.
  3. Anda dapat melakukan transaksi penawaran (offer) saham dengan melakukan penawaran harga saham sesuai dengan Auto Reject Atas (ARA) dan Auto Reject Bawah (ARB) yang bersifat dinamis. Hal tersebut ditujukan untuk mengontrol harga saham. ARA dan ARB – Auto Reject Atas (batas atas) maksimal 20% dari harga pembukaan dan Auto Reject Bawah (batas bawah) minimum 20% dari harga pembukaan yang telah ditentukan oleh sistem. Contoh: Jika harga dibuka dengan harga Rp50.000, maka maksimal penawaran Rp60.000 dan minimal Rp40.000;
  4. Lakukan penawaran (offer) saham sesuai dengan langkah-langkah di bawah ini.
  5. Jika transaksi penawaran (offer) saham Anda berhasil diproses, maka dana hasil penjualan saham tersebut masuk ke saldo efek Anda, setelah dikenakan biaya layanan sebesar 1% dari harga penjualan saham tersebut.

 

Berikut alur penawaran (offer) saham di Pasar Sekunder Bizhare:

 

  1. Lakukan transaksi penawaran (offer) lembar saham Pasar Sekunder Bizhare melalui smartphone maupun desktop. Cek di sini.
  2. Pilih saham bisnis penerbit yang Anda ingin tawarkan. Pastikan Anda memiliki saham pada bisnis tersebut.
  3. Klik “Jual”, masukkan nominal harga penawaran saham dan juga jumlah lembar saham yang ingin Anda tawarkan. 
  4. Klik “Penawaran Jual”, pilih “Lanjutkan Penawaran Jual” untuk menyelesaikan transaksi penawaran (offer) lembar saham Anda.
  5. Cek email Anda atas konfirmasi penawaran (offer) lembar saham yang telah Anda lakukan dan menunggu adanya permintaan (bid) dari user lain. Anda juga bisa memantau pergerakan transaksi pasar sekunder tersebut melalui platform Bizhare.
  6. Jika ada harga permintaan (bid) saham yang sama dengan penawaran (offer), maka transaksi penawaran (offer) saham Anda akan berhasil. Namun jika belum, maka Anda masih bisa menunggu permintaan (bid) dari user lain hingga pukul 16:00 WIB atau membatalkan penawaran lebih cepat dan melakukan penawaran saham dengan nominal yang lain yang sesuai dengan permintaan pasar;
  7. Anda dapat melakukan pembatalan transaksi penawaran (offer) saham pada menu “Transaksi Sub Menu Pasar Sekunder”, klik “Penjualan”, klik bisnisnya, lalu scroll ke bawah dan klik “Batalkan”.

 

Baca Juga: 9 Bisnis Franchise Murah dengan Sistem Crowdfunding

 

Daftar Bisnis Penerbit yang ikut Pasar Sekunder Bizhare 2024

 

Di bawah ini adalah daftar lengkap bisnis penerbit yang akan berpartisipasi dalam Pasar Sekunder Bizhare  tahun 2024. 

 

  1. PT Rapi Indah Jaya
  2. PT Surya Indoritel Gemilang
  3. PT Multi Retail Berjaya
  4. PT Gesit Kentjono Basalero
  5. PT Mitra Sally Cihampelas
  6. PT Pangkas Rapi Makmur
  7. PT Aroma Fruity Yoghurt
  8. PT Ramu Kuliner Nusantara
  9. PT Yogurt Sehat Segar
  10. PT Sally Taman Anggrek
  11. PT Restoran Bersama Satu
  12. PT Roti Indonesia Satu
  13. PT Mitra Nusajaya Ritel
  14. PT Shinta Mitra Abadi
  15. PT Shinta Sinergi Abadi
  16. PT. Restoran Bersama Dua
  17. PT Djakarta Mulia Sentosa
  18. PT Aroma Buah Segar
  19. PT Sally Botani Sukses
  20. PT Sally Sakura Festival
  21. PT Restoran Indah Berkarya
  22. PT Medan Berkah Sesami
  23. PT Ritel Berkarya Sukses
  24. PT Hejo Bakti Indonesia
  25. PT Cissi Mitra Persada
  26. PT Harimulia Sentosa
  27. PT Borneo Arta Mandiri
  28. PT Kencana Baja Abadi
  29. PT Berkah Dagang Eceran
  30. PT Prima Sally Sudirman
  31. PT Dhaya Berkah Sesami
  32. PT Sentra Ritel Nusantara
  33. PT Harum Manis Segar
  34. PT Hancap Jaya Cargo
  35. PT Buana Alam Maju
  36. PT Restoran Berdikari Sukses
  37. PT Gerai Kota Pahlawan
  38. PT Yogurt Enak Sehat
  39. PT Zenbu Pondok Indah
  40. PT Usaha Besar Bersama
  41. PT Lamaknya Berbagi Indonesia
  42. PT Ceria Makmur Angkasa Raya
  43. PT Zenbu TSM Cibubur
  44. PT Triasta Mitra Selera
  45. PT Sally Smoothies Sudirman

 

Summary:

 

  • Pasar Sekunder Bizhare 2024 berlangsung dari 29 Januari–13 Februari 2024.
  • Hari operasional: Senin–Jumat pukul 09:00–16:00 WIB
  • Perdagangan efek TUTUP pada hari Sabtu, Minggu, tanggal merah, dan cuti bersama.
  • Ada 45 penerbit yang akan listing di Pasar Sekunder Bizhare 2024, terdiri atas 10 penerbit industri ritel, 5 penerbit industri jasa, dan 30 industri FnB.

 

Demikian ulasan lengkap mengenai Pasar Sekunder Bizhare. Jadi, tunggu apalagi, segera siapkan diri Anda untuk mengikuti event yang dinantikan ini!

 

Investasi di Pasar Sekunder Sekarang

2680 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
33 Suka