01 October 2023
4 menit baca

Potensi Keuntungan Bisnis Kargo di Serang, Bekasi, dan Bandung

4 menit baca

bisnis kargo

 

Bisnis kargo atau pengiriman barang adalah salah satu sektor yang terus berkembang di Indonesia. Kota-kota seperti Serang, Bekasi, dan Bandung memiliki potensi besar untuk bertumbuh secara masif. Artikel ini akan mengulas potensi keuntungan bisnis kargo di ketiga kota tersebut serta kebutuhannya.

 

Pertumbuhan Bisnis Kargo di Serang, Bekasi, dan Bandung

 

Ada beberapa alasan kenapa pembukaan bisnis kargo di Serang, Bekasi, dan Bandung merupakan pilihan yang tepat dan menjanjikan keuntungan.

 

  • Pertumbuhan Ekonomi yang Pesat

Ketiga kota ini merupakan pusat ekonomi yang sedang berkembang pesat. Dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, kebutuhan akan logistik dan pengiriman barang semakin meningkat. Para pelaku bisnis membutuhkan jasa kargo yang efisien untuk mendistribusikan produk mereka.

 

  • Industri Manufaktur dan Produksi

Serang, Bekasi, dan Bandung memiliki sektor industri manufaktur yang kuat. Banyak perusahaan di sini membutuhkan pengiriman bahan baku dan distribusi produk jadi. Bisnis kargo dapat mengisi peran penting dalam memenuhi kebutuhan ini.

 

  • Pertumbuhan E-commerce

E-commerce menjadi tren yang terus berkembang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Serang, Bekasi, dan Bandung tidak terkecuali. Bisnis kargo dapat mendapatkan keuntungan besar dari pengiriman barang-barang yang dipesan secara online.

 

Kebutuhan Bisnis Kargo

 

Meskipun menjanjikan, bisnis kargo membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berikut rincian kebutuhan yang harus dipenuhi.

 

  • Armada dan Peralatan

Untuk memulai bisnis kargo yang sukses, Anda perlu memiliki armada kendaraan yang memadai. Ini termasuk truk, mobil pengiriman, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga memerlukan peralatan seperti forklift, palet, dan alat angkat lainnya.

 

  • Gudang dan Pergudangan

Untuk menyimpan barang sementara sebelum pengiriman, Anda memerlukan gudang atau fasilitas pergudangan yang aman dan efisien. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengelola stok dengan baik dan menghindari kerugian.

 

  • Tenaga Kerja Terlatih

Mengoperasikan bisnis kargo memerlukan tenaga kerja terlatih, termasuk pengemudi truk, petugas gudang, dan personel administrasi. Mereka harus terampil dalam mengelola inventaris, mengatur rute pengiriman, dan berinteraksi dengan pelanggan.

 

Perhitungan Bisnis Kargo

 

Untuk memulai bisnis kargo, Anda perlu menghitung beberapa unsur krusial, mulai dari pendapatan, biaya operasional, hingga keuntungannya. Berikut ulasan selengkapnya!

 

  • Pendapatan

Pendapatan bisnis kargo tergantung pada berbagai faktor, seperti jumlah pengiriman, jarak tempuh, dan jenis barang yang dikirim. Rata-rata, pengusaha kargo bisa menghasilkan pendapatan bulanan hingga ratusan juta hingga miliaran rupiah, tergantung pada skala operasi.

 

  • Biaya Operasional

Biaya operasional mencakup bahan bakar, pemeliharaan kendaraan, gaji karyawan, biaya gudang, dan biaya administrasi. Ini dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan tergantung pada skala bisnis.

 

  • Keuntungan Bersih

Keuntungan bersih adalah selisih antara pendapatan dan biaya operasional. Bisnis kargo yang efisien dan terkelola dengan baik dapat menghasilkan keuntungan bersih yang signifikan setelah mengambil semua biaya ke dalam pertimbangan.

 

Baca Juga: Potensi Keuntungan BAM Cargo Cabang Baru di Serang, Bekasi, dan Bandung

 

BAM Cargo Siap Buka Cabang di Serang, Bekasi, dan Bandung

 

BAM Cargo didirikan pada tanggal 29 Januari 2014 di Banjarmasin Selatan. Pendiriannya didasarkan atas keprihatinan pemilik bisnis yang bekerja pada perusahaan distributor farmasi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. 

 

Dalam kurun waktu lebih dari 8 tahun, BAM Cargo telah membuktikan diri sebagai jasa pengiriman barang yang profesional dan terpercaya di Indonesia. 

 

BAM Cargo telah melayani berbagai segmen pasar, seperti farmasi, pertambangan, ritel, e-commerce, kontainer LCL/FCL, dan pengiriman makanan beku ritel menggunakan container reefer dan truck reefer

 

Selain itu, berbagai merek terkenal seperti Tempo Scan, Informa, Ace Hardware, Hino, Krisbow, dan Tupperware telah menjadi klien setia BAM Cargo. Karena kualitas layanannya yang baik, BAM Cargo telah menjadi pilihan utama dalam pengiriman barang antar provinsi di Pulau Kalimantan. 

 

Saat ini, BAM Cargo berencana untuk memperluas jangkauannya ke berbagai kota besar di Indonesia, sehingga dapat melayani lebih banyak pelanggan dengan lebih baik lagi. 

 

Dalam kasus ini, BAM Cargo hendak membuka tiga cabang baru di Serang, Bekasi, dan Bandung. Keputusan ini didasarkan pada beberapa alasan krusial sebagai berikut.

 

  1. Potensi pasar yang besar di tiga daerah ini dapat memberikan keuntungan bagi BAM Cargo, mengingat alur logistik dan pasar yang potensial di wilayah tersebut.

 

  1. Dengan membuka cabang baru di tiga daerah tersebut, biaya transit fee dan handling fee dapat dikurangi. Alhasil, BAM Cargo dapat mengintegrasikan keuntungan dari masing-masing cabang dan memperbesar pendapatan.

 

  1. Tiga daerah ini merupakan jalur strategis bagi para pemain logistik, dan keberadaan tiga cabang baru dapat meningkatkan ekosistem BAM Cargo secara keseluruhan.

 

  1. Dengan membuka cabang baru di tiga daerah ini, BAM Cargo dapat meningkatkan pangsa pasarnya di sektor B2C (business-to-consumer).

 

BAM Cargo cabang Serang akan berlokasi di Citra Raya Cikupa. Titik ini berlokasi sangat dekat dengan kawasan industri Cikupa, kawasan industri Tigaraksa, dan kompleks industri lainnya. Tak hanya itu, keunggulan lokasi ini terletak pada kemudahannya untuk diakses oleh kendaraan besar seperti truk fuso, kontainer, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, bangunan yang akan dijadikan cabang baru sudah permanen.

 

Sementara itu, BAM Cargo cabang Bekasi berlokasi di Harapan Indah Bekasi, dekat dengan kawasan industri Pulogadung, pelabuhan Tanjung Priok, dan kawasan srategis lainnya. Selain bangunan yang akan dijadikan cabang baru sudah permanen, jalanan menuju cabang baru bisa dilalui berbagai kendaraan berat dan pengangkut barang.

 

Lalu, BAM Cargo cabang Bandung akan berlokasi di Pergudangan Taman Kopo Indah 3, dekat dengan akses Tol Soreang dan jadi akses utama kendaraan besar seperti kontainer, truk fuso, dan sebagainya. Selain bangunannya sudah permanen, titik ini terletak pada kawasan industri menengah dan kecil khususnya konveksi.

 

Investasi Saham di Bisnis BAM Cargo Mulai Dari Rp1 Juta

 

Idealnya, jika tertarik untuk berbisnis outlet atau franchise sendiri, seorang investor harus mengeluarkan dana pribadi hingga ratusan juta Rupiah. Tentu saja, tidak semua orang memiliki dana sebesar ini.

 

Jika Anda tidak memiliki modal untuk memiliki satu franchise, jangan khawatir. Anda bisa membeli saham BAM Cargo dengan harga yang murah, yakni minimal Rp1 juta saja. Bahkan, Anda bisa langsung mendapatkan 3 cabang sekaligus, yakni Serang, Bekasi, dan Bandung.

 

Nah, agar Anda menikmati keuntungan investasi berupa biaya layanan dan nominal pembelian yang terjangkau, maka Bizhare membuat skema investasi berjenjang. Silakan cek detailnya di bawah, ya!

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis BAM Cargo Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya

 

Dari sini bisa disimpulkan bahwa bisnis BAM Cargo banyak digemari oleh para investor. Buktinya, beberapa cabang telah mendapatkan pendanaan penuh melalui Bizhare, yakni BAM Cargo Pontianak, BAM Cargo Balikpapan, Samarinda dan Taraka, hingga BAM Cargo Surabaya dan Semarang.

 

Jadi tunggu apalagi, Teman Bizharian, segera miliki “peluang emas” untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan berbisnis BAM Cargo!

168 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
47 Suka