13 December 2023
4 menit baca

11 Tips Liburan Hemat ke Luar Negeri, Budget Rp5 Juta!

4 menit baca

Liburan Hemat ke Luar Negeri

 

Merencanakan liburan ke luar negeri dengan budget terbatas memerlukan perencanaan yang cermat dan kreativitas agar dapat menikmati pengalaman liburan tanpa menguras kantong. Berikut adalah beberapa tips liburan hemat yang dapat membantu Anda menjelajahi dunia dengan budget Rp5 juta.

 

  • Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat

 

Memilih waktu perjalanan yang strategis dapat menjadi kunci utama untuk menghemat pengeluaran. Musim liburan dan puncak musim wisata seringkali disertai dengan lonjakan harga tiket pesawat dan akomodasi. Sebaiknya, pilihlah waktu di luar periode ini, seperti saat musim sepi kunjungan. Berdasarkan destinasi yang dituju, perhatikan juga faktor cuaca agar pengalaman liburan tetap nyaman.

 

  • Manfaatkan Promo dan Diskon

 

Sumber daya internet menjadi alat yang sangat berguna untuk mencari promo dan diskon. Situs-situs pemesanan tiket pesawat dan akomodasi, aplikasi perjalanan, serta newsletter dari maskapai atau agen perjalanan seringkali menawarkan penawaran khusus untuk pemesanan online. Jangan ragu untuk memanfaatkannya dan pantau secara rutin agar tidak melewatkan kesempatan terbaik.

 

Baca Juga: 10 Event Internasional Terseru dari Berbagai Negara, Amankan Dana Liburan Anda!

 

  • Pilih Destinasi yang Terjangkau

 

Saat merencanakan liburan dengan budget terbatas, pemilihan destinasi menjadi langkah awal yang krusial. Negara-negara di Asia Tenggara, seperti Vietnam, Thailand, atau Indonesia, seringkali menawarkan biaya hidup yang lebih terjangkau daripada destinasi di benua lain. Selain itu, jelajahi pula opsi destinasi di luar kota-kota besar yang umumnya lebih ekonomis, memberikan Anda kesempatan untuk merasakan nuansa lokal yang lebih autentik.

 

  • Gunakan Transportasi Umum

 

Transportasi umum adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat biaya perjalanan. Sebelum berangkat, kenali sistem transportasi umum di destinasi yang akan dikunjungi. Kereta, bus, atau angkutan kota seringkali lebih ekonomis daripada menyewa mobil atau menggunakan taksi. Selain menghemat uang, penggunaan transportasi umum juga dapat memberikan pengalaman lokal yang lebih mendalam.

 

  • Pesan Akomodasi di Luar Pusat Kota

 

Akomodasi di pusat kota cenderung lebih mahal. Pertimbangkan untuk mencari penginapan di pinggiran kota atau daerah yang lebih terpencil namun tetap terhubung dengan transportasi umum. 

 

Selain menghemat biaya akomodasi, ini juga memberi Anda kesempatan untuk menjelajahi area lokal yang mungkin kurang disorot oleh panduan wisata konvensional. Aplikasi pemesanan akomodasi dan situs web seringkali menawarkan berbagai pilihan penginapan dengan harga yang lebih bersahabat di luar pusat kota.

 

  • Jelajahi Wisata Gratis atau Murah

 

Seringkali, destinasi liburan menyediakan atraksi wisata yang tidak memerlukan biaya masuk atau menawarkan harga tiket yang sangat terjangkau. Selidiki pilihan wisata seperti taman kota, museum gratis, atau festival lokal. Ini tidak hanya menghemat uang, tetapi juga memberikan Anda kesempatan untuk merasakan kehidupan dan budaya setempat tanpa harus mengorbankan anggaran liburan Anda.

 

Baca Juga: 15 Tips Menyiapkan Dana Liburan Akhir Tahun, Anti Tekor!

 

  • Bawa Bekal Makanan

 

Untuk menghemat biaya makanan sehari-hari, pertimbangkan untuk membawa bekal makanan ringan atau sarapan instan dari rumah. Ini bisa menjadi solusi praktis terutama untuk sarapan atau makan siang selama perjalanan. Selain itu, menjajal makanan lokal di pasar atau warung kecil seringkali lebih ekonomis dan memberikan pengalaman kuliner yang otentik.

 

  • Gunakan Aplikasi Wisata

 

Era digital membawa manfaat besar bagi para pelancong dengan hadirnya aplikasi perjalanan. Aplikasi tersebut tidak hanya memberikan informasi terkini tentang tempat-tempat wisata dan aktivitas yang ekonomis, tetapi juga seringkali menawarkan diskon eksklusif bagi pengguna. Unduh aplikasi peta, aplikasi transportasi umum, dan aplikasi ulasan untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar dan efisien.

 

  • Hindari Pembelian Barang Berlebihan

 

Saat berlibur dengan anggaran terbatas, bijaksanalah dalam berbelanja. Hindari godaan untuk membeli barang-barang atau suvenir yang sebenarnya tidak begitu diperlukan. Fokuskan pada pengeluaran yang benar-benar mendukung pengalaman liburan Anda, seperti makanan khas setempat atau pengalaman wisata yang unik.

 

  • Berkunjung ke Pasar Lokal

 

Pasar lokal seringkali merupakan tempat terbaik untuk membeli oleh-oleh dan suvenir dengan harga yang lebih terjangkau daripada di pusat perbelanjaan wisata. Selain itu, menjelajahi pasar lokal juga memberi Anda peluang untuk berinteraksi dengan penduduk setempat, belajar tentang kehidupan sehari-hari, dan merasakan atmosfir yang autentik.

 

  • Gunakan Poin Bizhare untuk Beli GarudaMiles

 

Tahukah Anda bahwa hanya dengan berinvestasi saja, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat gratis? Betul! Dengan melakukan investasi di platform securities crowdfunding Bizhare, Anda bisa mengumpulkan Poin Bizhare sebanyak-banyaknya. Nah, Poin tersebut nantinya bisa ditukarkan ke GarudaMiles. Dengan demikian, kesempatan Anda untuk dapat tiket pesawat gratis jadi sangat mungkin!

 

Sebagai informasi, program ini berhasil terselenggara berkat kerja sama Bizhare dengan UltraVoucher. Selain GarudaMiles, Poin Bizhare juga bisa ditukarkan ke voucher spesial berbagai merchant yang tersedia, mulai dari KFC, MAP, hingga CGV.

 

Baca Lengkap: Investasi di Bizhare Bisa Dapat GarudaMiles! Berikut Panduannya!

 

Sejauh ini, cara mendapatkan tiket pesawat murah atau bahkan gratis yang paling mungkin Anda lakukan adalah melakukan investasi saham atau sukuk di platform securities crowdfunding Bizhare. 

 

Sebagai informasi, skema crowdfunding atau urun dana sendiri menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dengan merencanakan secara matang dan memilih opsi yang ekonomis, liburan hemat ke luar negeri dengan budget Rp5 juta bukanlah mimpi yang tidak tercapai. Manfaatkan sumber daya dan informasi secara optimal untuk memastikan perjalanan Anda menyenangkan tanpa menguras kantong. Semoga tips ini membantu Anda merencanakan liburan yang tak terlupakan dengan budget yang terjangkau. Selamat berlibur!

122 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
35 Suka