16 April 2024
4 menit baca

Hustle Culture: Pengertian, Bahaya, & Cara Mengatasinya

4 menit baca

hustle culture adalah

 

Hustle culture telah menjadi fenomena yang semakin banyak terjadi di kota besar, terutama di kalangan profesional muda. Berbagai dampak telah muncul, khususnya bagi kesehatan mental para pekerja. Nah, artikel ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan “hustle culture” dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan mental.

 

Apa itu Hustle Culture?

 

Hustle culture adalah budaya yang mendorong seseorang untuk bekerja keras dan terus-menerus, sering kali melebihi batas waktu normal, untuk mencapai kesuksesan. Budaya ini mengutamakan produktivitas yang tinggi dan mengabaikan pentingnya istirahat dan keseimbangan hidup. 

 

Hal ini senada dengan Impact Plus. Menurut mereka, hustle culture adalah standar di masyarakat yang menganggap bahwa Anda hanya bisa mencapai sukses kalau benar-benar mendedikasikan hidup untuk pekerjaan dan bekerja sekeras-kerasnya.

 

Orang-orang dalam hustle culture sering merasa perlu untuk terus bekerja, bahkan ketika mereka seharusnya beristirahat, demi mencapai tujuan mereka.

 

Baca Juga: Perlu Modal Usaha? Simak 15 Cara Mendapatkan Modal Usaha Berikut ini!

 

Dampak Hustle Culture terhadap Kesehatan Mental

 

Hustle culture adalah fenomena di mana seseorang merasa perlu untuk terus bekerja keras dan produktif secara berlebihan demi mencapai kesuksesan. Namun, di balik tuntutan ini, terdapat dampak negatif yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Berikut adalah beberapa dampaknya:

 

  • Stres Berlebihan

Tekanan untuk terus produktif dan mencapai target dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi, yang berpotensi merusak kesehatan mental.

 

  • Kecemasan

Hustle culture sering membuat seseorang merasa cemas akan kemampuan mereka untuk mencapai kesuksesan, yang dapat meningkatkan tingkat kecemasan.

 

  • Depresi

Beban kerja yang berat dan tekanan untuk terus tampil dapat menyebabkan depresi pada beberapa individu.

 

  • Vertigo

Terlalu fokus pada pekerjaan tanpa istirahat yang cukup dapat membuat kepala terasa pusing atau berputar. Tak jarang, seseorang mengalami gejala vertigo yang cukup kronis.

 

  • Kehilangan Keseimbangan

Fokus yang berlebihan pada pekerjaan dapat membuat seseorang kehilangan keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

 

  • Perasaan Tidak Puas

Hustle culture dapat membuat seseorang merasa tidak puas dengan pencapaian yang sudah diraih, karena selalu ada dorongan untuk mencapai lebih banyak lagi.

 

  • Gangguan Tidur

Stres dan kecemasan akibat hustle culture dapat mengganggu pola tidur seseorang, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan mental secara keseluruhan.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

Cara Mengatasi Hustle Culture

 

Untuk mengatasi dampak negatif dari hustle culture terhadap kesehatan mental, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan.

 

  • Menetapkan Batas Waktu Kerja

Tetapkan batas waktu kerja yang sehat dan berusaha untuk tidak melebihi batas tersebut. Sertakan waktu istirahat yang cukup dalam jadwal harian Anda.

 

  • Menjaga Keseimbangan

Upayakan untuk menjaga keseimbangan antara kerja dan waktu luang. Luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang Anda nikmati di luar pekerjaan.

 

  • Mengutamakan Kesehatan Mental

Perhatikan kesehatan mental dengan mengistirahatkan pikiran dan tubuh dari pekerjaan secara teratur. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika diperlukan.

 

  • Menyadari Nilai Diri

Ingatkan diri Anda bahwa nilai Anda tidak hanya ditentukan oleh seberapa produktif Anda di tempat kerja. Berikan diri Anda penghargaan untuk pencapaian kecil dan pelajari untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri.

 

  • Berbagi Pengalaman

Diskusikan pengalaman dan perasaan Anda dengan orang-orang terdekat atau konsultan profesional. Terkadang, berbicara dengan orang lain dapat memberikan sudut pandang yang berbeda dan membantu Anda menemukan solusi.

 

  • Menyediakan Waktu untuk Diri Sendiri

Sediakan waktu secara khusus untuk merawat diri sendiri. Ini bisa berupa melakukan aktivitas yang menyenangkan, meditasi, atau olahraga untuk membantu melepaskan stres.

 

  • Mengelola Perasaan Bersalah

Hindari merasa bersalah ketika Anda mengambil waktu untuk diri sendiri. Ingatkan diri Anda bahwa istirahat yang cukup adalah penting untuk kesehatan mental dan produktivitas jangka panjang.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempersiapkannya

 

Ingin Dapat Uang Tanpa Perlu Kerja Keras? Investasi Sekarang!

 

Hustle culture biasanya terjadi saat seseorang bekerja sangat keras demi mendapatkan lebih banyak uang. Namun tahukah Anda, hanya dengan investasi di instrumen-instrumen, Anda sudah bisa mendapat uang dengan effort kecil?

 

Tentu saja, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan investasi Anda. Selanjutnya, pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko Anda. Berinvestasilah secara diversifikasi untuk mengurangi risiko. Perhatikan juga faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi investasi Anda, seperti kondisi pasar dan regulasi.

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding. Crowdfunding sendiri adalah metode pengumpulan dana dengan skema patungan yang dilakukan oleh pemilik bisnis atau usaha untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Metode ini melibatkan penawaran investasi dalam bentuk saham, sukuk, atau instrumen keuangan lainnya kepada sejumlah kecil investor melalui platform online. 

 

Keuntungan utama dari crowdfunding adalah keragaman pilihan investasi. Anda dapat memilih proyek yang sesuai dengan minat Anda, mulai dari proyek teknologi hingga proyek seni. 

 

Crowdfunding juga memungkinkan Anda untuk berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Jumlah minimum yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam crowdfunding bisa sangat rendah, membuatnya sangat cocok untuk pemula.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Investasi lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

123 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
29 Suka