07 June 2024
8 menit baca

20 Ide Usaha Modal Rp20 Juta yang Menarik & Menguntungkan

8 menit baca

Usaha Modal 20 Juta

 

Sedang mencari ide usaha dengan modal Rp20 juta? Anda bisa menemukan di sini! Mulai dari sektor FnB hingga jasa, semuanya bisa Anda buat dengan modal kecil dan menjadi pintu awal menuju kesuksesan dalam berwirausaha. Tanpa berlama-lama, berikut daftar lengkapnya!

 

Rekomendasi Usaha Modal Rp20 Juta

 

Memulai usaha dengan modal Rp 20 juta memang membutuhkan perencanaan yang matang dan ketekunan. Pilihlah usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda agar lebih mudah dalam menjalankannya. 

 

  • Warung Sembako

Warung sembako selalu menjadi pilihan yang tepat untuk memulai usaha dengan modal kecil. Mulai dari Rp20 juta saja, Anda bisa membeli stok awal barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, dan lainnya. Agar sukses, pemilihan lokasi yang strategis dan pelayanan yang ramah akan membantu meningkatkan penjualan.

 

Baca Juga: 21 Usaha yang Langka tapi Menguntungkan, Minim Saingan!

 

  • Katering Makanan

Bisnis katering makanan sangat cocok bagi Anda yang gemar memasak. Untuk langkah awal, Anda bisa membeli peralatan dapur dan bahan baku yang beragam. Setelah itu, lakukan promosi via media sosial maupun mulut ke mulut agar efektif. Sebagai catatan, fokuslah pada kualitas dan rasa makanan, serta tawarkan berbagai paket katering seperti paket nasi kotak, tumpeng, atau makanan sehat.

 

  • Pet Shop

Jika Anda pecinta hewan, membuka petshop bisa menjadi pilihan menarik. Peluang usaha dengan modal mulai dari Rp20 juta ini sangat besar, khususnya di daerah perkotaan, di mana orang-orang gemar memelihara binatang seperti anjing dan kucing.

 

Pastikan lokasi pet shop mudah diakses dan memiliki variasi produk yang lengkap. Tak hanya itu, sediakan berbagai kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan, kandang, mainan, dan layanan grooming. Dijamin, pet shop Anda akan laris manis.

 

Baca Juga: 21 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Cepat Cuan!

 

  • Usaha Cuci Motor

Usaha cuci motor selalu diminati karena banyaknya pemilik kendaraan roda dua di Indonesia. Dengan modal Rp20 juta, Anda bisa membeli peralatan cuci motor seperti mesin steam, vacuum cleaner, dan perlengkapan cuci lainnya. Lokasi strategis dan pelayanan cepat akan menjadi kunci sukses dari usaha yang Anda dirikan ini.

 

Selain itu, untuk meningkatkan pendapatan, pertimbangkan untuk menyediakan layanan tambahan seperti cuci helm, ganti oli, atau servis ringan. Berikan diskon atau kartu member untuk pelanggan setia agar mereka kembali menggunakan jasa Anda. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keamanan tempat usaha agar pelanggan merasa nyaman.

 

  • Bisnis Ayam Petelur

Siapa sangka Anda bisa memulai bisnis ayam petelur mulai dari Rp20 juta saja? Nantinya, Anda bisa membeli bibit ayam, kandang yang cukup besar, pakan, dan obat-obatan. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang perawatan ayam agar bisnis ini berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti.

 

Anda bisa memasarkan telur ayam secara langsung ke konsumen, toko, atau pasar tradisional. Pertimbangkan juga untuk menjalin kerjasama dengan supermarket atau restoran lokal. Untuk meningkatkan hasil panen, pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik dan cukup sinar matahari. Periksa kesehatan ayam secara rutin dan berikan vaksinasi yang diperlukan.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Makanan Online yang Laku Setiap Hari

 

  • Ayam Geprek

Tertarik berbisnis di bidang FnB? Usaha ayam geprek boleh dicoba! Ayam geprek sendiri menjadi salah satu makanan favorit banyak orang dengan prospek keuntungan yang menarik. 

 

Nantinya, Anda bisa membuka usaha ayam geprek dengan menyewa tempat kecil, membeli bahan baku, dan peralatan memasak. Semuanya bisa didapat dengan modal kecil mulai dari Rp20 juta. Agar peluang sukses bertambah, Anda dituntut untuk mengembangkan kreativitas dalam menyajikan menu dan mempertahankan cita rasa yang khas.

 

  • Laundry Rumahan

Laundry rumahan merupakan usaha yang bisa dijalankan dari rumah dengan modal mulai dari Rp20 juta saja. Anda bisa membeli mesin cuci, pengering, setrika, dan perlengkapan lainnya. Anda bisa menawarkan layanan antar jemput dan kebersihan yang terjamin. Tak hanya itu, promosi yang tepat akan menambah nilai plus bagi usaha Anda.

 

Selain itu, pertimbangkan untuk memberikan layanan express dengan biaya tambahan untuk pelanggan yang membutuhkan pakaian mereka dalam waktu singkat. Promosikan usaha Anda melalui media sosial dan berikan diskon untuk pelanggan baru atau pelanggan setia. Pastikan Anda memberikan hasil cucian yang bersih dan rapi untuk menjaga kepuasan pelanggan.

 

  • Bisnis Fashion

Bisnis fashion selalu berkembang dan diminati oleh berbagai kalangan. Dengan modal Rp 20 juta, Anda bisa memulai usaha fashion dengan membeli stok pakaian atau menjadi reseller. Manfaatkan media sosial dan platform e-commerce untuk memasarkan produk Anda secara luas.

 

Selain itu, untuk menarik lebih banyak pelanggan, Anda bisa menjual aksesoris fashion seperti tas, sepatu, atau perhiasan. Buatlah konten yang menarik dan interaktif di media sosial untuk meningkatkan engagement dengan calon pelanggan. Jangan lupa untuk selalu mengikuti tren fashion terbaru agar produk Anda tetap relevan dan diminati.

 

  • Café Rumahan

Anda punya impian untuk membuka cafe sendiri? Ini saat yang tepat! Dengan modal mulai Rp20 juta saja, Anda bisa membuka café rumahan idaman. Anda bisa mulai membeli peralatan kopi sederhana, dekorasi, dan bahan baku. Ciptakan suasana yang nyaman dan unik untuk menarik pelanggan, serta tawarkan menu yang variatif dan berkualitas.

 

Anda juga bisa mengadakan acara khusus seperti live music atau diskusi buku. Promosikan café Anda melalui media sosial dan platform review untuk menarik perhatian lebih banyak pelanggan. Pastikan pelayanan ramah dan cepat agar pelanggan merasa puas dan ingin kembali lagi.

 

  • Usaha Ternak Bebek

Bagi Anda yang tinggal di pedesaan, usaha modal Rp20 juta yang bisa Anda kembangkan adalah peternakan bebek. Usaha ini terbilang sangat sukses dan mampu mendulang keuntungan yang menarik. Untuk langkah awal, Anda bisa membeli bibit bebek, kandang, dan pakan. Pastikan Anda memiliki pengetahuan tentang perawatan bebek dan pemasaran hasil ternak agar usaha ini sukses.

 

Anda bisa memasarkan daging bebek langsung ke konsumen, rumah makan, atau pasar tradisional. Pertimbangkan juga untuk memproduksi telur asin sebagai produk tambahan yang memiliki nilai jual tinggi. Bangun kerjasama dengan peternak lain untuk berbagi pengetahuan dan memperluas jaringan pemasaran.

 

  • Usaha Fotocopy

Membuka usaha fotocopy bisa menjadi langkah yang cerdas dan berpotensi memberikan keuntungan yang stabil. Apalagi, peluang usaha modal Rp20 juta seperti ini sangat besar jika berlokasi di dekat sekolah, kampus, hingga perkantoran. 

 

Sebagai langkah awal, Anda bisa mulai membeli fotocopy, printer, dan perlengkapan alat tulis secara beragam. Pelayanan cepat dan harga yang kompetitif akan membuat usaha Anda diminati banyak orang.

 

  • Pertamini

Pertamini adalah usaha penjualan bensin eceran yang bisa dijalankan dengan modal Rp 20 juta. Anda bisa membeli alat pertamini dan stok bensin awal. Pastikan lokasi usaha strategis dan mudah dijangkau oleh pengendara motor atau mobil. Anda juga perlu memastikan keamanan tempat usaha untuk mencegah kebakaran atau kecelakaan lainnya.

 

Selain bensin, Anda bisa menjual oli, aksesoris kendaraan, atau menyediakan layanan cuci motor untuk menambah pendapatan. Berikan pelayanan yang cepat dan ramah agar pelanggan merasa puas. Jalin kerjasama dengan pemasok bensin terpercaya untuk memastikan kualitas produk yang Anda jual.

 

  • Franchise Makanan dan Minuman

Membeli franchise makanan dan minuman bisa menjadi pilihan aman untuk memulai usaha. Dengan modal Rp20 juta, Anda bisa memilih franchise yang sudah memiliki nama dan sistem yang teruji. Pastikan Anda mengikuti standar operasional yang ditetapkan oleh pemilik franchise agar usaha berjalan lancar. Anda juga bisa mendapatkan dukungan pemasaran dan pelatihan dari pemilik franchise.

 

Selain itu, pilihlah lokasi usaha yang strategis dan ramai pengunjung untuk meningkatkan peluang sukses. Promosikan usaha Anda melalui media sosial dan adakan event khusus untuk menarik pelanggan. Jaga kualitas produk dan pelayanan agar pelanggan merasa puas dan ingin kembali ke tempat Anda.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis yang Strategis

 

  • Usaha Souvenir

Usaha souvenir memiliki peluang yang baik, terutama di daerah wisata atau dekat dengan tempat acara seperti pernikahan atau seminar. Nantinya, Anda bisa membeli bahan baku dan alat produksi. Kreativitas dalam membuat desain souvenir yang unik dan menarik akan menjadi daya tarik tersendiri. Anda juga bisa menawarkan jasa custom untuk souvenir pernikahan atau acara khusus lainnya.

 

Selain menjual secara langsung, manfaatkan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar. Promosikan produk Anda melalui media sosial dan adakan giveaway atau diskon khusus untuk menarik lebih banyak pelanggan. Pastikan kualitas produk terjaga agar pelanggan merasa puas dan merekomendasikan usaha Anda kepada orang lain.

 

  • Usaha Jualan Mainan Anak

Salah satu peluang modal usaha mulai Rp20 juta yang bisa Anda coba adalah jualan mainan anak. Anda bisa membeli stok mainan dari berbagai distributor dan menjualnya di toko fisik atau online. Pilihlah mainan yang aman dan edukatif untuk menarik perhatian orang tua. Anda juga bisa menjual mainan yang sedang tren untuk meningkatkan penjualan.

 

Untuk menarik lebih banyak pelanggan, adakan promo atau diskon khusus pada hari-hari tertentu. Manfaatkan media sosial dan platform e-commerce untuk memasarkan produk Anda secara luas. Berikan pelayanan yang ramah dan cepat agar pelanggan merasa puas dan ingin kembali berbelanja di toko Anda.

 

  • Percetakan

Siapa bilang usaha percetakan mahal? Hanya dengan modal Rp20 juta saja, Anda sudah bisa membeli mesin cetak, komputer, dan bahan baku untuk merintis usaha percetakan brosur, undangan, atau kartu nama. 

 

Menawarkan layanan desain grafis dan cetak yang berkualitas akan menarik lebih banyak pelanggan. Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan atau instansi untuk mendapatkan order dalam jumlah besar.

 

Selain itu, pertimbangkan untuk menawarkan layanan cetak digital yang lebih cepat dan efisien. Promosikan usaha Anda melalui media sosial dan website untuk meningkatkan visibilitas. Pastikan kualitas cetakan selalu terjaga agar pelanggan merasa puas dengan hasil yang mereka terima.

 

  • Usaha Salon

Bagi yang tinggal di perkotaan, Anda bisa membuka usaha salon dengan modal mulai dari Rp20 juta ini. Nantinya, Anda bisa menyewa tempat kecil dan membeli peralatan salon dasar seperti kursi, cermin, dan alat styling. Agar pelanggan tertarik, Anda bisa menawarkan berbagai layanan seperti potong rambut, creambath, dan pewarnaan rambut. Anda juga bisa menawarkan layanan perawatan wajah dan tubuh untuk menambah variasi.

 

Selain itu, adakan promo khusus atau paket layanan untuk menarik perhatian pelanggan baru. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan hasil kerja Anda dan ulasan pelanggan. Jaga kebersihan dan kenyamanan tempat usaha agar pelanggan merasa betah dan ingin kembali lagi.

 

  • Konveksi

Dengan modal Rp 20 juta, Anda bisa membuka usaha konveksi, membeli mesin jahit, kain, dan perlengkapan lainnya. Menawarkan jasa pembuatan pakaian dalam jumlah besar seperti seragam sekolah atau pakaian kerja bisa memberikan keuntungan yang signifikan. Anda juga bisa menerima pesanan custom untuk pakaian khusus seperti kebaya atau jas.

 

Selain itu, pertimbangkan untuk memasarkan produk Anda melalui media sosial dan platform e-commerce. Berikan diskon khusus untuk pesanan dalam jumlah besar atau untuk pelanggan setia. Pastikan kualitas jahitan selalu terjaga agar pelanggan merasa puas dan merekomendasikan usaha Anda kepada orang lain.

 

  • Tanaman Hias

Sedang mencari inspirasi usaha modal Rp20 juta di kampung atau perkotaan? Buka saja usaha tanaman hias! Anda bisa membeli berbagai jenis tanaman hias dan pot. Menawarkan tanaman yang mudah dirawat dan memiliki nilai estetika tinggi akan menarik banyak pelanggan. Anda juga bisa memberikan tips perawatan tanaman kepada pelanggan untuk meningkatkan nilai jual.

 

Selain itu, adakan workshop atau kelas singkat tentang perawatan tanaman untuk menarik perhatian lebih banyak orang. Promosikan usaha Anda melalui media sosial dan adakan event khusus seperti pameran tanaman hias. Jaga kualitas tanaman dan berikan pelayanan yang ramah agar pelanggan merasa puas.

 

  • Usaha Rangkai Bunga

Usaha rangkai bunga memiliki prospek yang baik, terutama untuk keperluan acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara kantor. Dengan modal Rp 20 juta, Anda bisa membeli bunga segar, alat rangkai, dan bahan dekorasi. Kreativitas dalam membuat rangkaian bunga yang indah dan unik akan menjadi daya tarik tersendiri. Anda juga bisa menawarkan jasa pengiriman untuk memudahkan pelanggan.

 

Untuk meningkatkan pendapatan, pertimbangkan untuk menyediakan layanan dekorasi acara atau penjualan bunga secara online. Promosikan usaha Anda melalui media sosial dan adakan giveaway atau diskon khusus untuk menarik lebih banyak pelanggan. Pastikan bunga yang Anda gunakan selalu segar agar pelanggan merasa puas dengan hasil rangkaian Anda.

 

Baca Juga: 35 Ide Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, Modal Kecil!

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Baca Juga: 7 Cara Amankan Keuangan Perusahaan, Mari Investasi!

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi melalui tautan di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Bizhare Institusi: Investasikan Dana Perusahaan Anda

 

Kesimpulannya, board of directors memiliki peran yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menetapkan arah strategis perusahaan, mengawasi kinerja manajemen, menjaga kepentingan pemegang saham, memastikan kepatuhan hukum dan etika, serta memberikan dukungan dan pengarahan kepada manajemen. 

 

Dengan menjalankan peran mereka dengan baik, board of directors dapat membantu menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan dan pemegang sahamnya.

 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Bizhare Institusi, Anda bisa mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

175 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
19 Suka