03 May 2024
4 menit baca

7 Cara Amankan Keuangan Perusahaan, Mari Investasi!

4 menit baca

cara amankan keuangan perusahaan

 

Keamanan keuangan perusahaan adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik bisnis. Dengan mengamankan sektor perusahaan yang penting ini, Anda dapat melindungi bisnis Anda dari risiko finansial yang tidak diinginkan. Sayangnya, banyak yang tidak tahu cara amankan keuangan perusahaan secara efisien dan cermat. Berikut panduan lengkapnya! 

 

  • Membuat Anggaran yang Realistis

 

Anggaran yang realistis adalah kunci untuk mengelola keuangan perusahaan dengan baik. Untuk membuat anggaran yang efektif, pertama-tama identifikasi semua sumber pendapatan perusahaan, seperti penjualan produk atau jasa, investasi, dan lain-lain. Kemudian, identifikasi semua biaya dan pengeluaran, termasuk biaya produksi, biaya operasional, gaji karyawan, dan lain-lain.

 

Setelah itu, buatlah anggaran bulanan atau tahunan yang mencakup semua pendapatan dan biaya tersebut. Pastikan anggaran tersebut realistis dan dapat dicapai. Selalu perbarui anggaran Anda secara berkala untuk memantau kinerja keuangan perusahaan Anda dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

 

Baca Juga: 10 Cara Mengelola Keuangan Bisnis atau Perusahaan agar Tetap Stabil

 

  • Menerapkan Sistem Pengelolaan Keuangan yang Tepat

 

Sistem pengelolaan keuangan yang tepat sangat penting untuk membantu Anda mengelola keuangan perusahaan dengan efisien. Pilihlah software akuntansi atau aplikasi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Software tersebut harus dapat membantu Anda untuk memantau arus kas, mengelola pembayaran, membuat laporan keuangan, dan melakukan analisis keuangan secara efektif.

 

Selain itu, pastikan untuk melibatkan tim keuangan yang kompeten dan terlatih dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Mereka akan membantu Anda dalam menggunakan sistem pengelolaan keuangan tersebut dengan efektif.

 

Baca Juga: Ingin Sukses? Adopsi 15 Pola Pikir Pengusaha Berikut Ini!

 

  • Mengelola Utang dengan Bijak

 

Utang adalah bagian yang tak terpisahkan dari keuangan perusahaan, namun pengelolaannya harus dilakukan dengan bijak. Pertama-tama, identifikasi semua utang yang dimiliki perusahaan, termasuk jumlah utang, tingkat bunga, dan jadwal pembayaran.

 

Selanjutnya, prioritaskan pembayaran utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu untuk mengurangi beban bunga yang harus dibayarkan perusahaan. Selain itu, pertimbangkan untuk melakukan negosiasi dengan kreditur untuk mendapatkan kondisi pembayaran yang lebih baik, seperti perpanjangan jangka waktu atau penurunan tingkat bunga.

 

  • Melindungi Aset Perusahaan

 

Aset perusahaan, seperti inventaris, peralatan, dan properti, merupakan investasi penting yang harus dilindungi. Pastikan untuk mengasuransikan semua aset perusahaan dengan asuransi yang sesuai. Asuransi ini akan melindungi aset perusahaan dari risiko seperti kebakaran, pencurian, atau bencana alam.

 

Selain itu, lakukan inventarisasi secara berkala untuk memastikan bahwa semua aset perusahaan tercatat dengan baik dan dilindungi dengan baik.

 

  • Memiliki Cadangan Dana Darurat

 

Dana cadangan adalah dana yang disiapkan khusus untuk menghadapi situasi darurat atau keadaan tak terduga lainnya. Dana ini sebaiknya cukup untuk menutup biaya operasional perusahaan selama beberapa bulan jika pendapatan tiba-tiba turun atau terjadi keadaan darurat lainnya.

 

Untuk membangun dana cadangan, pertama-tama identifikasi semua biaya operasional perusahaan, termasuk gaji karyawan, biaya sewa, biaya utilitas, dan lain-lain. Selanjutnya, tentukan jumlah dana cadangan yang cukup untuk menutup biaya operasional tersebut selama beberapa bulan. Lakukan simpanan secara berkala untuk membangun dana cadangan yang mencukupi.

 

  • Lakukan Analisis Risiko dan Pengelolaan Risiko

 

Risiko merupakan bagian tak terpisahkan dari bisnis. Oleh karena itu, penting untuk melakukan analisis risiko secara teratur dan mengembangkan strategi pengelolaan risiko yang efektif. Identifikasi semua risiko yang mungkin dihadapi perusahaan Anda, seperti risiko finansial, operasional, hukum, dan lain-lain.

 

Setelah itu, prioritaskan risiko berdasarkan tingkat dampak dan kejadian yang mungkin terjadi. Selanjutnya, kembangkan strategi pengelolaan risiko yang sesuai untuk setiap risiko yang telah diidentifikasi. 

 

Strategi ini dapat berupa transfer risiko melalui asuransi, penghindaran risiko dengan mengubah kebijakan atau prosedur, mitigasi risiko dengan mengurangi dampak atau kemungkinan terjadinya risiko, atau penerimaan risiko dengan memahami dan siap menghadapi risiko tersebut.

 

  • Diversifikasi Pendapatan

 

Salah satu cara efektif untuk mengamankan keuangan perusahaan adalah dengan diversifikasi pendapatan. Usahakan agar tidak terlalu bergantung pada satu atau dua sumber pendapatan utama saja. Sebagai contoh, Anda dapat mengembangkan produk atau layanan baru, mengeksplorasi pasar baru, atau melakukan kerjasama dengan mitra bisnis untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

 

Diversifikasi pendapatan dapat membantu mengurangi risiko keuangan yang diakibatkan oleh fluktuasi pasar atau perubahan kondisi bisnis. Selain itu, diversifikasi pendapatan juga dapat membuka peluang baru untuk pertumbuhan bisnis Anda.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi melalui tautan di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Bizhare Institusi: Investasikan Dana Perusahaan Anda

 

Kesimpulannya, board of directors memiliki peran yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menetapkan arah strategis perusahaan, mengawasi kinerja manajemen, menjaga kepentingan pemegang saham, memastikan kepatuhan hukum dan etika, serta memberikan dukungan dan pengarahan kepada manajemen. 

 

Dengan menjalankan peran mereka dengan baik, board of directors dapat membantu menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan dan pemegang sahamnya.

 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Bizhare Institusi, Anda bisa mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

169 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
30 Suka