25 June 2024
5 menit baca

Pangsa Pasar: Pengertian, Contoh, Cara Menghitungnya

5 menit baca

Pangsa Pasar adalah

 

Dalam dunia bisnis, memahami konsep pangsa pasar sangatlah penting untuk merumuskan strategi yang tepat. Pangsa pasar tidak hanya menunjukkan seberapa besar pengaruh sebuah perusahaan dalam industri tertentu, tetapi juga memberikan gambaran tentang posisi perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya. 

 

Pengertian Pangsa Pasar Menurut Para Ahli

 

Banyak ahli telah memberikan definisi dan pandangan mereka mengenai pangsa pasar. Hal ini membantu kita dalam memahami lebih dalam tentang konsep tersebut. 

 

Menurut Sofyan Assauri (2001:95), pangsa pasar merupakan besarnya bagian atau luasnya total pasar yang dapat dikuasai oleh suatu perusahaan yang biasanya dinyatakan dengan persentase. 

 

Sementara itu, menurut Lukas & Ferrell (2000:41), pangsa pasar adalah proses dari menghasilkan dan memberikan informasi pasar untuk tujuan menciptakan superior value bagi konsumen. 

 

William J.S. (1984) berpendapat bahwa pangsa pasar adalah bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan, atau prosentase penjualan suatu perusahaan terhadap total penjualan pada pesaing terbesarnya pada waktu dan tempat tertentu.

 

Selain itu menurut Philip Kotler (2006), pangsa pasar adalah persentase penjualan yang dimiliki oleh perusahaan dibandingkan dengan penjualan di pasar yang relevan. Menurut Kotler, ini adalah ukuran penting untuk menilai posisi kompetitif suatu perusahaan.

 

Menariknya, definisi pangsa pasar juga tercantum dalam Undang-undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Di sini, pangsa pasar adalah persentase nilai jual atau beli barang atau jasa tertentu yang dikuasai oleh pelaku usaha pada pasar bersangkutan dalam tahun kalender tertentu.

 

Bisa disimpulkan, pangsa pasar adalah ukuran yang menunjukkan seberapa besar bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dibandingkan dengan total pasar atau pesaingnya, biasanya dinyatakan dalam persentase. 

 

Pangsa pasar memberikan gambaran tentang dominasi dan kinerja perusahaan dalam industri tertentu, membantu dalam merumuskan strategi bisnis, dan menilai posisi kompetitif. Memahami pangsa pasar sangat penting bagi perusahaan untuk membuat keputusan strategis yang dapat meningkatkan posisi mereka di pasar dan mencapai keberhasilan jangka panjang.

 

Baca Juga: Kata-Kata Motivasi Bisnis – Inspirasi untuk Meningkatkan Semangat Berbisnis

 

Segmentasi Pasar Pasar

 

Terdapat tujuh jenis segmentasi pangsa pasar yang diuraikan dalam buku “Bonus Demografi sebagai Peluang Indonesia dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi“. Setiap jenis segmentasi ini memiliki karakteristik dan manfaatnya sendiri dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

 

  • Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis membagi pasar berdasarkan lokasi geografis. Misalnya, wilayah dengan curah hujan tinggi membutuhkan produk seperti payung dan jas hujan, sedangkan daerah yang gersang membutuhkan produk pendingin. Strategi pemasaran dapat disesuaikan dengan kondisi geografis setiap wilayah.

 

  • Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis membagi pasar berdasarkan karakteristik demografis seperti usia, jenis kelamin, agama, dan suku. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan setiap kelompok demografis.

 

  • Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis berkaitan dengan gaya hidup dan preferensi konsumen. Di era digital ini, media sosial sangat berpengaruh dalam segmentasi psikografis karena dapat mencerminkan tren yang sedang berkembang.

 

  • Segmentasi Manfaat

Segmentasi manfaat mengelompokkan konsumen berdasarkan manfaat yang mereka cari dari produk atau layanan tertentu. Hal ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan menyajikan produk dengan manfaat yang sesuai.

 

  • Segmentasi Budaya

Segmentasi budaya membagi pasar berdasarkan budaya di daerah masing-masing. Budaya dapat memengaruhi perilaku konsumen dan dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan konsumen.

 

  • Segmentasi Perilaku

Segmentasi perilaku mempertimbangkan perilaku konsumen seperti tingkat loyalitas, informasi, dan pengetahuan yang dimiliki. Tujuannya adalah untuk membangun pangsa pasar melalui pemahaman yang lebih baik tentang konsumen.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2024

 

Manfaat Memahami Pangsa Pasar dalam Bisnis

 

Memahami pangsa pasar adalah langkah penting dalam strategi bisnis yang membawa banyak manfaat bagi perusahaan. Dengan memahami posisi dan kinerja mereka dalam pasar, perusahaan dapat mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan pangsa pasar dan keuntungan mereka. Artikel ini akan menjelaskan beberapa manfaat utama dari memahami pangsa pasar dalam bisnis.

 

  • Mengidentifikasi Peluang Pasar

Memahami pangsa pasar memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi peluang baru dalam pasar. Dengan melihat seberapa besar pengaruh mereka dalam pasar, perusahaan dapat menentukan area di mana mereka dapat berkembang lebih lanjut atau mengembangkan produk baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi.

 

  • Mengukur Kinerja Perusahaan

Pangsa pasar adalah indikator kinerja utama yang membantu perusahaan dalam menilai seberapa baik mereka berkinerja dibandingkan dengan pesaing. Dengan memahami pangsa pasar mereka, perusahaan dapat melihat apakah mereka mengalami pertumbuhan, stagnasi, atau penurunan dalam pasar.

 

  • Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat

Dengan memahami pangsa pasar, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran. Mereka dapat menyesuaikan produk, harga, promosi, dan distribusi mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen dalam segmen pasar tertentu.

 

  • Meningkatkan Efisiensi Pemasaran

Memahami pangsa pasar membantu perusahaan untuk menggunakan sumber daya pemasaran mereka dengan lebih efisien. Mereka dapat fokus pada segmen pasar yang paling menguntungkan dan mengabaikan segmen yang kurang menguntungkan, sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran mereka.

 

  • Mengidentifikasi Persaingan

Dengan memahami pangsa pasar, perusahaan dapat mengidentifikasi pesaing utama mereka dalam pasar. Mereka dapat memahami strategi pesaing dan menentukan cara untuk bersaing lebih baik, seperti dengan menawarkan produk atau layanan yang lebih baik atau dengan harga yang lebih kompetitif.

 

Contoh Pangsa Pasar dalam Industri Teknologi

 

Berikut ini adalah beberapa contoh pangsa pasar dalam industri teknologi yang dapat memberikan gambaran tentang bagaimana perusahaan memanfaatkan konsep ini.

 

  • Google Search Engine

Google Search Engine memiliki pangsa pasar yang sangat besar dalam industri pencarian online. Menurut StatCounter, Google memiliki pangsa pasar pencarian global sekitar 92% pada tahun 2020. Hal ini menunjukkan dominasi Google dalam menyediakan layanan pencarian online dan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam industri ini.

 

  • Apple iPhone

Dalam pasar smartphone, Apple iPhone telah berhasil memperoleh pangsa pasar yang signifikan, terutama di segmen pasar premium. Menurut Counterpoint Research, pada kuartal kedua tahun 2020, Apple menduduki posisi kedua dalam pangsa pasar global smartphone dengan 14%. Keberhasilan iPhone dalam mempertahankan pangsa pasar di tengah persaingan yang ketat menunjukkan daya tarik dan keunggulan produknya di mata konsumen.

 

  • Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer yang dominan dalam pangsa pasar sistem operasi desktop. Menurut NetMarketShare, pada bulan Mei 2021, Windows memiliki pangsa pasar sekitar 75% dalam sistem operasi desktop. Keberhasilan Windows dalam mempertahankan pangsa pasar yang tinggi selama bertahun-tahun menunjukkan dominasinya dalam industri ini.

 

  • Amazon Web Services (AWS)

Dalam industri komputasi awan, Amazon Web Services (AWS) memiliki pangsa pasar yang signifikan. Menurut data dari Synergy Research Group, pada kuartal pertama tahun 2021, AWS menguasai sekitar 32% pangsa pasar global dalam layanan komputasi awan, menjadikannya pemimpin pasar dalam industri ini.

 

Baca Juga: Melihat Potensi Industri F&B di Indonesia, Makin Kuat!

 

Cara Menghitung Pangsa Pasar dan Contohnya

 

Menghitung pangsa pasar adalah langkah kunci dalam analisis bisnis yang membantu perusahaan memahami seberapa besar pengaruh mereka dalam pasar. Berikut rumusnya.

 

Pangsa Pasar = (nilai penjualan perusahaan X / total nilai penjualan pada pasar yang sama) x 100%

 

Contoh

Perusahaan Maju Mundur Cantik menjual produk dengan total nilai penjualan sebesar Rp500 juta dalam satu tahun. Total nilai penjualan pasar untuk produk tersebut dalam satu tahun adalah Rp2 miliar. Maka, pangsa pasar perusahaan dapat dihitung sebagai berikut:

 

Pangsa Pasar = ( 500.000.000 / 2.000.000.000) x 100%

Pangsa Pasar = 25%

 

Jadi, pangsa pasar dalam Perusahaan Maju Mundur Cantik adalah 25%.

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Baca Juga: 7 Cara Amankan Keuangan Perusahaan, Mari Investasi!

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi dengan mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

151 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
22 Suka