22 December 2023
6 menit baca

15 Ide Usaha Sampingan di Desa, Tetap Cuan Meski Tinggal di Desa!

6 menit baca

Ide Usaha Sampingan di Desa

 

Hidup di desa memiliki pesona dan ketenangan tersendiri. Namun, bukan berarti Anda harus terbatas dalam hal penghasilan. Ada berbagai ide usaha sampingan yang bisa dijalankan di desa yang dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Di sini, Bizhare akan membahas 15 ide usaha sampingan yang bisa Anda pertimbangkan, bahkan jika Anda tinggal di desa terpencil. 

 

  • Usaha Pertanian Kecil-Kecilan

 

Pertanian adalah tulang punggung desa. Menariknya, Anda bisa menjadi bagian di dalamnya. Tanamlah sayur-sayuran organik atau buatlah kebun buah-buahan kecil. Anda dapat menjual hasil panen langsung ke pasar lokal atau mencari pelanggan di kota-kota terdekat. Ingatlah untuk menjaga kualitas dan kebersihan produk pertanian Anda, karena ini akan menarik pelanggan yang lebih banyak.

 

Selain itu, pertimbangkan teknik pertanian modern seperti hidroponik atau budidaya jamur. Keduanya bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. Pasar makanan organik juga terus berkembang, jadi ini adalah peluang yang bagus untuk mendapatkan penghasilan stabil. Baca buku atau ikuti kursus tentang pertanian modern untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

 

Baca Juga: 21 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Cepat Cuan!

 

  • Warung Makan Rumahan

 

Jika Anda punya hobi memasak, mengapa tidak memanfaatkannya dengan membuka warung makan rumahan? Saat ini, makanan khas dan unik sangat diminati. Tawarkan hidangan khas daerah Anda atau makanan tradisional dengan sentuhan modern. 

 

Selain menjual makanan di tempat, Anda juga dapat menyediakan layanan pesan antar untuk meningkatkan pendapatan Anda. Pastikan kebersihan dan rasa makanan Anda selalu terjaga untuk mempertahankan pelanggan tetap datang.

 

Tak hanya itu, di era digital ini, manfaatkan media sosial dan situs web untuk mempromosikan warung makan Anda. Bagikan foto makanan lezat Anda, buat menu online, dan selalu responsif terhadap pertanyaan atau pesanan pelanggan. Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak orang, bahkan wisatawan yang datang ke desa Anda.

 

  • Jasa Tukang Reparasi

 

Kemampuan dalam perbaikan rumah atau kendaraan adalah aset berharga di desa. Orang selalu memerlukan bantuan tukang reparasi, mulai dari perbaikan atap, pipa air, hingga servis sepeda motor. Jika Anda ahli dalam bidang ini, Anda dapat membuka jasa tukang reparasi. 

 

Pastikan untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi dan selalu menjaga profesionalitas. Ini akan membuat pelanggan senang dan merujuk layanan Anda kepada orang lain.

 

Jangan lupa untuk mempromosikan usaha Anda di komunitas setempat. Memberikan diskon kepada pelanggan yang memberi rekomendasi kepada teman-teman mereka juga dapat membantu memperluas jaringan pelanggan Anda.

 

  • Perajin Kerajinan Tangan

 

Keahlian dalam pembuatan kerajinan tangan seperti anyaman, ukiran kayu, atau sulaman adalah harta yang sangat berharga. Banyak orang mencari kerajinan tangan unik sebagai suvenir atau hiasan rumah. 

 

Nantinya, Anda dapat menjual produk kerajinan tangan Anda secara langsung di pasar desa atau melalui platform online seperti Instagram atau Tokopedia. Pastikan untuk mendiversifikasi produk Anda untuk mencakup berbagai selera pelanggan.

 

Selain itu, pertimbangkan untuk memberikan pelatihan kerajinan tangan kepada masyarakat setempat. Ini tidak hanya meningkatkan pendapatan Anda tetapi juga membantu orang lain belajar dan mengembangkan keterampilan baru.

 

  • Peternakan Ayam atau Kambing

 

Peternakan hewan seperti ayam atau kambing bisa menjadi sumber pendapatan yang stabil di desa. Anda dapat menjual telur, daging, susu, atau produk olahan lainnya. Sebelum memulai, pelajari lebih lanjut tentang manajemen peternakan dan perawatan hewan. Pastikan juga memiliki fasilitas yang cukup baik untuk hewan-hewan Anda.

 

Selain menjual produk hewan, Anda juga dapat menawarkan wisata peternakan. Wisatawan sering tertarik untuk melihat bagaimana peternakan beroperasi dan berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut. Ini bisa menjadi penghasilan tambahan yang menarik.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Makanan Online yang Laku Setiap Hari

 

  • Laundry dan Cuci Mobil

 

Layanan laundry dan cuci mobil sangat dibutuhkan di desa. Banyak orang sibuk bekerja sehingga mereka mencari tempat untuk mencuci pakaian atau kendaraan mereka. Anda bisa membuka usaha ini di rumah Anda dengan peralatan sederhana. 

 

Pastikan untuk memberikan layanan yang cepat dan berkualitas. Promosikan usaha Anda di komunitas setempat dan manfaatkan media sosial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

 

Sediakan pilihan layanan yang beragam, seperti cuci kering, cuci basah, atau penjemputan antar untuk laundry. Hal ini akan membantu Anda bersaing lebih baik di pasar.

 

  • Pemandu Wisata Lokal

 

Jika desa Anda memiliki daya tarik wisata, pertimbangkan untuk menjadi pemandu wisata lokal. Anda bisa membantu wisatawan menjelajahi keindahan alam, budaya, dan sejarah desa Anda. Persiapkan diri dengan pengetahuan yang mendalam tentang tempat-tempat menarik dan cerita-cerita menarik di sekitar desa.

 

Anda dapat mengatur tur berjalan kaki, tur sepeda, atau bahkan tur kuliner. Pastikan untuk memberikan pengalaman yang unik dan berharga bagi para wisatawan. Berikan informasi yang mendalam tentang sejarah, tradisi, dan kehidupan sehari-hari di desa Anda.

 

  • Penyewaan Tempat Menginap

 

Jika Anda memiliki ruang kosong di rumah Anda, pertimbangkan untuk menyewakannya kepada wisatawan. Anda dapat mendaftar di platform online seperti Airbnb atau Traveloka. Pastikan untuk memberikan kamar yang bersih dan nyaman, serta pelayanan yang ramah kepada tamu Anda.

 

Pilih tema atau gaya yang unik untuk tempat menginap Anda, seperti penginapan ala pedesaan atau villa dengan pemandangan pegunungan. Ini akan membuat tempat Anda menonjol di antara opsi-opsi lainnya dan menarik lebih banyak tamu.

 

  • Budidaya Tanaman Herbal

 

Tanaman herbal seperti jahe, kunyit, atau temulawak memiliki nilai jual tinggi. Anda dapat menanamnya di kebun Anda sendiri. Pastikan untuk memahami cara merawat tanaman-tanaman ini agar menghasilkan hasil yang berkualitas tinggi.

 

Setelah panen, Anda dapat menjual hasilnya ke pasar lokal atau kepada produsen obat herbal. Permintaan untuk tanaman herbal terus meningkat, terutama karena kesadaran akan manfaat kesehatan alami.

 

  • Kursus Belajar

 

Jika Anda memiliki keahlian khusus, seperti memasak, menjahit, atau musik, tawarkan kursus belajar kepada masyarakat setempat. Ini tidak hanya menghasilkan uang tetapi juga berbagi pengetahuan. Anda dapat mengajar anak-anak atau orang dewasa, tergantung pada minat dan keahlian Anda.

 

Selain itu, buatlah program yang menarik dan fleksibel agar sesuai dengan jadwal peserta. Kursus online juga bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas.

 

  • Jasa Desain Grafis

 

Jika Anda memiliki keahlian dalam desain grafis, ini adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak bisnis lokal dan online memerlukan desain grafis untuk logo, brosur, situs web, dan materi pemasaran lainnya. Anda dapat bekerja dari rumah dan menerima proyek desain dari seluruh dunia.

 

Pastikan untuk memiliki perangkat lunak desain yang diperlukan dan portofolio yang menarik untuk menunjukkan kepada klien potensial. Jalin jaringan dengan bisnis lokal dan agensi periklanan untuk mendapatkan proyek.

 

Baca Juga: 25 Ide Usaha Sampingan Karyawan untuk Menambah Penghasilan

 

  • Jasa Pemangkasan Pohon

 

Di desa, pemangkasan pohon adalah pekerjaan yang selalu dibutuhkan. Jika Anda memiliki peralatan yang sesuai, seperti gergaji rantai dan mesin pemotong, Anda dapat membuka jasa pemangkasan pohon. Ini dapat mencakup pemangkasan pohon, pemotongan ranting berbahaya, atau bahkan penghilangan pohon yang mati.

 

Ingatlah untuk beroperasi dengan aman dan memahami tata cara pemangkasan yang benar. Ini adalah pekerjaan yang bisa memberikan pendapatan yang stabil sepanjang tahun.

 

  • Usaha Kerajinan dari Limbah

 

Mengurangi limbah dan menciptakan produk yang bermanfaat adalah tujuan yang bagus. Anda dapat membuka usaha kerajinan dari limbah seperti botol plastik, kertas bekas, atau barang-barang yang tidak terpakai. Buatlah produk kreatif seperti tas, tempat pensil, atau hiasan dinding.

 

Selain membantu lingkungan, usaha ini juga dapat memberikan pendapatan tambahan. Anda dapat menjual produk kerajinan Anda secara langsung di pasar desa atau melalui platform online.

 

  • Usaha Pertukangan Kayu

 

Jika Anda punya keterampilan dalam mengolah dan mengreasikan balok kayu, ini akan menjadi peluang bisnis yang bagus. Anda dapat membuat berbagai produk kayu seperti mebel, kerajinan, atau aksesori rumah. Pastikan untuk menggunakan bahan kayu berkualitas dan menjaga akurasi dalam pekerjaan Anda.

 

Anda dapat menjual produk Anda langsung ke pelanggan atau melalui toko lokal. Jika memungkinkan, jalin kerja sama dengan arsitek atau desainer interior untuk mendapatkan proyek khusus.

 

  • Investasi di Platform Crowdfunding

 

Di zaman sekarang, Anda bisa melakukan usaha sampingan apapun. Namun, pernahkah terpikir bahwa usaha sampingan yang Anda lakukan tidak membutuhkan energi banyak, bahkan bisa berjalan sendiri bak bisnis autopilot? Nah, itu bisa dilakukan saat Anda berinvestasi di platform securities crowdfunding.

 

Kenapa Anda dianjurkan untuk investasi di securities crowdfunding di tahun 2023 ini? Alasannya, skema crowdfunding atau urun dana menawarkan keuntungan yang menarik, termasuk dividend yield yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa instrumen investasi lainnya.

 

Kelebihan skema crowdfunding lainnya adalah diversifikasi portofolio yang lebih mudah. Di sini, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek atau bisnis dengan jumlah investasi yang relatif kecil. Ini berarti risiko Anda tersebar dengan baik, sehingga jika satu investasi tidak berhasil, investasi lainnya masih bisa memberikan imbal hasil yang positif.

 

Selain itu, crowdfunding juga memberikan kesempatan untuk berinvestasi dalam bisnis-bisnis yang biasanya sulit diakses oleh investor individu, seperti proyek-proyek properti, startup, atau bisnis kecil yang memiliki potensi pertumbuhan besar. Dengan crowdfunding, Anda dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bisnis-bisnis ini dan berpotensi mendapatkan dividend yield yang signifikan.

 

Salah satu platform securities crowdfunding yang sedang naik daun saat ini adalah Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp1 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dengan lebih banyak pilihan ide usaha sampingan ini, Anda dapat memilih yang paling cocok dengan minat, keahlian, dan sumber daya yang Anda miliki di desa. Ingatlah bahwa kesuksesan memerlukan kerja keras, inovasi, dan komitmen. Selamat berusaha dan semoga sukses!

8609 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
144 Suka