12 March 2023
3 menit baca

8 Ide Bisnis Waralaba yang Murah dan Mudah, Cepat Balik Modal!

3 menit baca

 

Butuh ide bisnis waralaba yang mudah, murah, dan cepat balik modal? Tenang saja, Anda bisa temukan semuanya di sini! Mulai dari bisnis FnB, laundry, hingga fashion, semuanya bisa dicoba. Jangan khawatir, modal yang harus dikeluarkan sangat minim, bahkan ada yang di bawah Rp 5 juta, loh! 

 

1. Bisnis FnB (Food and Beverage)

 

Pastinya Anda sudah familiar dengan franchise FnB. Seperti namanya, ada banyak ide bisnis waralaba yang bisa dieksplor di sini, mulai dari coffee shop, restaurant, tea shop, cafe, hingga diner.

 

Sejauh ini, industri food and beverages berpeluang menghasilkan keuntungan terbesar di Indonesia. Selain itu, jenis bisnis waralaba ini selalu melakukan inovasi dari waktu ke waktu untuk beradaptasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tertarik untuk mencobanya?

 

Baca Juga: Potensi Industri FnB di Indonesia

 

2. Bisnis Laundry

 

Bisnis waralaba di bawah Rp5 juta selanjutnya yang bisa Anda coba adalah franchise laundry. Usaha ini terbukti sangat laku di kota besar, di mana rutinitas masyarakat yang sibuk seringkali membuat mereka tak punya waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. 

 

Konsumen Anda pun akan beragam, mulai dari karyawan hingga mahasiswa. Sangat penting untuk membangun bisnis laundry yang berorientasi pada pelayanan. Jika hasil cucian pada bisnis binatu tersebut bersih, wangi, dan rapi, pasti makin banyak konsumen yang datang dan berlangganan jasa Anda.

 

Baca Juga: Memahami Bisnis Jasa Laundry dan Mengetahui Potensinya Ke Depan

 

3. Bisnis Fashion

 

Bisnis fashion adalah jenis waralaba yang selalu digemari oleh semua kalangan. Target konsumennya pun sangat luas, mulai dari perempuan, kaum millennial, pria, hingga anak-anak.

 

Yang terpenting, Anda harus mempelajari tren pakaian dan produk yang tertarget, supaya memiliki konsumen yang loyal. Apalagi, tren fashion termasuk cepat dan sering berubah-ubah dalam 1 hingga 2 bulan. Bisnis fashion bisa dimulai dari sistem franchise modal Rp5 juta seperti membuka butik atau toko pakaian. 

 

4. Bisnis Kurir Pengiriman 

 

Tahukah jika Anda juga bisa mencoba usaha kurir pengiriman? Ide bisnis waralaba yang satu ini sedang berkembang pesat. Apalagi, sejak platform e-commerce makin ramai digunakan masyarakat, pastinya dibutuhkan makin banyak tenaga untuk mengirim barang.

 

Nah saat ini, sejumlah perusahaan ekspedisi di Indonesia membuka kemitraan dengan berbagai skema. Salah satunya adalah sistem kemitraan full, di mana Anda diharuskan menyediakan tempat khusus untuk difungsikan sebagai agen pengiriman. Tenang saja, bisnis ini bisa dijalankan nyaris tanpa modal, loh! 

 

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise di Bawah Rp5 Juta, Auto Cuan!

 

5. Bisnis Pet Shop

 

Ide bisnis waralaba selanjutnya yang menguntungkan adalah franchise pet shop. Bisnis ini sangat menjanjikan, terlebih makin banyak orang yang memelihara binatang peliharaan seperti anjing dan kucing.

 

Nantinya, Anda bisa belajar cara memulai bisnis pet shop melalui kemitraan yang diselenggarakan pet shop besar. Modal yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp5 juta hingga Rp10 juta, tergantung pada peralatan yang dibeli.

 

6. Bisnis Minimarket

 

Tahukah Anda bahwa bisnis minimarket juga bisa dijadikan franchise di Indonesia? Betul, perusahaan-perusahaan besar seperti Indomaret dan Alfamart mempersilahkan para pelaku usaha untuk menjadi mitra mereka. Nah, bila Anda memiliki modal lebih, Anda bisa menawarkan diri untuk mendirikan salah satu gerainya. 

 

Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa menjadi mitra UMKM atau menjadi pemasok di minimarket tersebut. Keuntungan yang diperoleh juga tak perlu diragukan lagi. Terlebih jika minimarket tersebut berada di pemukiman yang ramai dan menyediakan kebutuhan sehari-hari yang lengkap.

 

Baca Juga: Potensi Industri Retail Minimarket di Masa Depan

 

7. Bisnis Pertamini

 

Pernah tercetus ide untuk membuka bisnis waralaba pertamini? Yap! Franchise pom bensin mini menjadi salah satu jenis usaha yang makin ramai dan laris selain waralaba makanan dan minuman.

 

Hal ini terbukti dengan menjamurnya bisnis ini di kota-kota besar. Ada beberapa jenis paket bisnis yang ditawarkan, yang berkisar dari Rp9 juta hingga Rp20 jutaan, tergantung dari jenis booth dan mesin pom bensinnya. Tertarik?

 

8. Buka Bisnis Modal Kecil dengan Sistem Crowdfunding di Bizhare

 

Memulai bisnis sendiri memang bisa jadi sangat menantang, terutama jika Anda memiliki keterbatasan modal. Namun, ada sebuah solusi yang bisa dicoba, yaitu dengan menggunakan sistem crowdfunding.

 

Crowdfunding atau urun dana merupakan sistem di mana para investor dapat memberikan dukungan keuangan untuk sebuah proyek atau bisnis melalui internet. Dalam hal ini, Bizhare adalah platform securities crowdfunding terbaik yang dapat membantu Anda dalam memulai bisnis dengan modal kecil.

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis UMKM pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini.  

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Itulah tadi sederet ide bisnis waralaba yang murah dan mudah dibangun. Meskipun begitu, kesuksesan franchise tetap ada di tangan Anda. Dengan terus belajar dan berinovasi, dijamin usaha Anda akan cepat balik modal dan membawa pengaruh besar bagi orang-orang di sekitar.

 

1835 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
91 Suka