12 February 2023
5 menit baca

10 Bisnis Franchise di Bawah Rp5 Juta, Auto Cuan!

5 menit baca

 

Bisnis franchise kini sedang ramai digemari banyak orang karena menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Bisnis yang dipilih pun beragam, mulai dari minuman kekinian, makanan, cemilan, dan sebagainya. Jangan khawatir, modal yang harus dikeluarkan sangat minim, bahkan ada yang di bawah Rp 5 juta, loh! 

 

Daftar Bisnis Franchise Terbaik 2023

 

Secara garis besar, bisnis franchise didominasi oleh makanan dan minuman. Selain itu, Anda bisa mencoba untuk bisnis umum lainnya seperti bengkel, cuci sepatu, hingga logistik. Berikut inspirasi franchise yang bisa Anda prospek di tahun 2023. 

 

Bisnis Franchise Ayam Goreng

Ayam goreng adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer dan sering dikonsumsi masyarakat. Tak heran, banyak sekali pengusaha yang menjalankan bisnis ayam goreng yang terkenal, misalnya Hisana, Sabana Fried Chicken, Ayam Pak Gembus, dan sebagainya.

 

Bisnis Franchise Snack Taiwan

Snack Taiwan mulai viral di Indonesia sejak tahun 2008. Saat itu, Shihlin sebagai pioneer snack Taiwan berhasil mengambil hati pasar dan berhasil memancing untuk memunculkan berbagai jenis kuliner serupa lainnya. Contohnya Popchop Chicken, ChicLin, D’Crispy Taiwan Street Snack, dan lainnya.

 

Bisnis Franchise Pecel Lele

Jika Anda tertarik memulai bisnis franchise di bawah Rp5 juta, Anda bisa memulainya dengan pecel lele. Jangan salah, kuliner ini sangat digemari masyarakat lintas kalangan karena rasanya yang gurih dan sangat tepat untuk dinikmati bersama sambal yang lezat. Contoh franchise yang sedang naik daun adalah Pecel Lele Lela.

 

Bisnis Franchise Crepes

Crepes adalah jenis cemilan manis atau asin yang sangat digemari orang-orang. Isinya sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan selera. Anda bisa kesempatan untuk membuka franchise crepes seperti D’Crepes, O’Crepes, Candy Crepes, dan lainnya. 

 

Bisnis Franchise Kebab

Tertarik mencoba bisnis franchise di bawah Rp5 juta? Usaha kebab saja! Tahun 2023 adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Keberadaan kebab sendiri tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Beberapa contoh franchise yang sudah populer adalah Kebab Monster dan Kebab Baba Rafi.

 

Bisnis Franchise Kopi

Pada awalnya, kopi hanya dikonsumsi oleh penikmat kopi saja. Namun saat ini, sajian kopi berkembang dan naik daun dengan berbagai inovasi. Ada banyak sekali gerai kopi terkenal yang membuka franchise seperti Kopi Kenangan, Kopi Tuku, Kopi Janji Jiwa, dan lainnya.

 

Bisnis Franchise Minuman Boba

Meskipun sudah dikenal sejak lama, namun tren minuman boba baru mengalami peningkatan signifikan sejak tahun 2019. Kini, sudah banyak sekali franchise yang menjual boba menjadi terkenal, contohnya Xi Bo Ba, Xing Fu Tang, dan lainnya. Bisnis franchise Rp5 jutaan ini bisa memberi keuntungan banyak, khususnya di tahun 2023.

 

Bisnis Franchise Jasa Pengiriman dan Logistik

Siapa bilang logistik tidak bisa dibuat franchise? Sejak kemajuan teknologi terus berkembang, ketersediaan waralaba logistik menjadi semakin diperlukan. Sebagai informasi, ada banyak perusahaan logistik ternama yang menawarkan jasa franchise, mulai dari JNE hingga Wahana.

 

Bisnis Franchise Bengkel

Bisnis franchise yang bisa jadi inspirasi di tahun 2023 adalah usaha bengkel. Hal ini berangkat dari kebutuhan tiap kendaraan untuk melakukan servis secara berkala. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka waralaba bengkel di daerah yang masih jarang tersedia bengkel. Salah satu bengkel terkenal yang menawarkan franchise adalah Bengkel BOS (Ban, Oli, Service).

 

Bisnis Franchise Laundry Sepatu

Belakangan ini muncul bisnis cuci sepatu di mana-mana. Hal ini terjadi atas kesadaran bahwa tidak semua orang bisa mencuci sepatu dengan benar. Tak hanya itu, bisnis franchise Rp5 jutaan ini menawarkan polesan tambahan yang membuat sepatu jadi makin mulus. Contoh franchise cuci sepatu yang terkenal adalah The Clean Bar Shoes.

 

Langkah-langkah Membuat Bisnis Franchise

 

Ketika berbicara mengenai usaha maka Anda tak bisa sembarangan. Asal-asal berjualan, Anda malah bisa merugi dan gulung tikar. Jangan sampai modal yang kamu keluarkan untuk memulai usaha menjadi sia-sia karena pada akhirnya bisnismu bangkrut. Berikut ini Langkah-langkah dalam membuat bisnis franchise yang perlu Anda perhatikan.

 

Pastikan Franchise yang Dibuka Memiliki Ciri Khas dan Keunikan

Sebelum memutuskan untuk menentukan bisnis franchise mana yang Anda pilih, ada baiknya untuk kenali terlebih dahulu apa saja peluang franchise yang tersedia di sekitar. Ketahuilah pasar apa yang sedang mengalami peningkatan dan berapa besar persaingan yang harus Anda lewati di dalamnya.

 

Agar menarik perhatian konsumen, pastikan bisnis Anda memiliki ciri khas serta keunikan tersendiri yang membedakan dengan bisnis lainnya.

 

Susun Laporan Keuangan yang Tepat dan Rinci 

Menyusun laporan keuangan yang tepat dan rinci sejak usaha mulai beroperasi merupakan salah satu poin kelayakan usaha yang harus diperhitungkan atau dikaji.

 

Laporan Keuangan sangat penting untuk melihat apakah prospek bisnis franchise yang sedang kita jalani memiliki keuntungan atau malah defisit. Oleh karena itu laporan Keuangan yang baik akan memudahkan Anda untuk menentukan kebijakan ke depan mengenai bisnis Anda.

 

Tidak ada salahnya membuat analisis hal-hal apa saja yang kiranya bisa menjadi ancaman atau melemahkan bisnis kamu. Karena hal ini bisa jadi dapat merugikan para mitra dan pada akhirnya berimbas pada bisnis  yang tengah dijalani. Oleh karena itu inovasi dan ide kreatif selalu diperlukan ketika berkecimpung di dunia bisnis.

 

Buat Standar Operasional Prosedur (SOP) yang Jelas 

Jangan pernah anggap sepele yang namanya SOP atau Standar Operasional Prosedur. Apalagi, bisnis ini berkutat pada usaha makanan atau minuman. SOP yang harus dibuat meliputi beberapa aspek, diantaranya penyimpanan bahan baku, tata cara menyajikan, penanganan konsumen, dan sebagainya. Sehingga para mitra akan lebih dimudahkan dalam menjalankan kegiatan operasional usahanya.

 

Pastikan Adanya Dukungan dari Pemilik Franchise dan Mitra Bisnis

Umumnya franchise hanya terdiri dari investor sehingga tanggung jawab manajemen diberikan kepada pusat franchise/franchisor, oleh karena itu peran franchisor amat penting di tataran fungsi manajemen.

 

Selama bisnis franchise berjalan, kamu perlu menyediakan dukungan manajemen kepada para mitra seperti contohnya dari segi supply bahan baku, pemasaran online, foto produk dan sebagainya.

 

Pastikan Ada Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI dan Izin Usaha

Tindakan plagiat yang marak terjadi sampai sekarang ini ternyata bisa menyentuh ranah bisnis juga. Supaya merk usaha Anda tidak diduplikasi oleh pihak lain, Anda harus mendaftarkan merk tersebut ke Ditjen Kekayaan Intelektual (DJKI) demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi, Bisa Untuk Jangka Panjang!

 

Kelebihan Bisnis Franchise

 

Bisnis franchise menawarkan banyak kelebihan yang menjanjikan bagi pemilik maupun investornya. Berikut beberapa di antaranya yang wajib Anda ketahui.

 

Sistem Manajemen Bisnis Telah Terbangun

Salah satu keuntungan bisnis berbasis franchise adalah sistem manajemen yang telah terbangun. Tentunya ini memberikan keuntungan dalam berbisnis, terutama bagi mereka yang telah memiliki reputasi bagus.

 

Selain itu untuk membuka usaha franchise, sistem keuangan manajemen telah ditetapkan oleh franchise pusat, sehingga kita tidak perlu pusing atau repot lagi dengan urusan manajemen keuangan seperti disaat membangun bisnis baru.

 

Produk Sudah Cukup Dikenal Masyarakat

Ini tentu membantu dalam proses pemasaran bisnis yang cenderung lebih mudah. Karena bisnis ini lebih dikenal masyarakat. Karena itu dalam memilih bisnis ini, Anda tidak memerlukan biaya dan tenaga yang kita keluarkan untuk membangun bisnis tersebut akan lebih sedikit dibandingkan jika kita harus membangun bisnis baru.

 

Kekurangan Bisnis Franchise

 

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, bisnis franchise juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan bersama. Berikut beberapa di antaranya.

 

Terikat dengan Supplier

Untuk mendapatkan untung maksimal. Tentu semua pebisnis menginginkan modal yang sangat kecil. Salah satu caranya dengan mencari supplier murah. 

 

Namun hal itu tidak berlaku dalam sistem franchise. Sebab pemasok barang telah ditentukan. Sehingga kita tidak bisa lagi mencari atau bahkan berganti supplier yang menjual bahan baku yang lebih murah.

 

Ketergantungan pada Reputasi

Kekurangan franchises selanjutnya ketergantungan pada reputasi antara franchisor terhadap franchisee lainnya. Jika franchisee (pembeli waralaba) yang lain melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi sebuah franchise, maka hal ini juga akan mempengaruhi franchise yang anda kelola.

 

Dengan usaha franchise Anda bisa memulai usaha dengan lebih mudah dan harganya juga terjangkau. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah memperhatikan aspek-aspek penting sebelum memulai usaha. 

 

Ingat, usaha yang sukses tidak selalu dimulai dari usaha dengan modal yang besar. Semuanya bergantung kepada niat, ketekunan, kerja keras, dan kreatifitas.

5151 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
380 Suka