09 December 2022
4 menit baca

Potensi Industri Retail Minimarket di Masa Depan!

4 menit baca

Bisnis Retail Minimarket di Indonesia

 

Pada dasarnya, bisnis retail adalah bisnis yang melibatkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau eceran. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, Anda sebagai konsumen juga banyak disuguhkan berbagai macam tempat untuk mencari kebutuhan rumah tangga yang Anda butuhkan, seperti minimarket, supermarket, dan hypermarket.

 

Jenis Retail Perbelanjaan

Konsep tempat perbelanjaan modern telah menggeser kebiasaan berbelanja masyarakat. Kini, masyarakat sudah cukup sering berbelanja di Hypermarket, Supermarket, dan Minimarket. Menilik dari laman kompas.com, melalui Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007, Anda bisa mengetahui perbedaan dari ketiga tempat perbelanjaan tersebut. 

 

Retail Hypermarket

Pusat belanja modern yang sangat besar, dengan luasan lantai di atas 5.000 meter persegi dalam segi luas tempat dan barang-barang yang diperdagangkan. Selain tempat perbelanjaannya yang luas, Hypermarket biasanya dan memiliki lahan parkir yang luas. Pusat perbelanjaan ini menjual banyak jenis barang dengan jumlah yang sangat besar, yang mencakup bahan makanan, pakaian, perangkat elektronik, hingga furniture untuk kebutuhan rumah tangga.

 

Retail Supermarket

Supermarket merupakan pusat belanja modern dengan luasan lantai antara 400 sampai 5.000 meter persegi. Selain itu, di supermarket Anda bisa menjumpai berbagai barang konsumsi terutama produk makanan dan rumah tangga lainnya, termasuk kebutuhan sandang. Dikarenakan menjual berbagai macam barang, supermarket juga seringkali disebut dengan Toserba alias toko serba ada.

 

Retail Minimarket

Minimarket merupakan tempat perbelanjaan yang paling kecil bila dibandingkan Hypermarket dan Supermarket, luasnya yang kecil ini sangat cocok ditempatkan hingga pelosok-pelosok kota sehingga dapat menjangkau masyarakat dari menengah kebawah hingga menengah keatas, maka dari itu persebaran minimarket biasanya cukup merata di berbagai kota di Indonesia.

 

Kini, Anda sudah tahu kan apa perbedaan serta karakteristik dari ketiga retail perbelanjaan tersebut? Nah, kali ini Bizhare ingin mengajak Anda ke pembahasan yang berfokus pada perkembangan dan potensi minimarket. 

 

Potensi dan Pertumbuhan Retail Minimarket

Mengutip dari databooks.katadata.co.id, jumlah minimarket di Indonesia tercatat meningkat 39% pada 2015 hingga 2020 berdasarkan data Euromonitor International. Jumlahnya meningkat dari 26.102 gerai menjadi 36.146 gerai pada 2020. Bahkan, pada tahun 2021 di Indonesia sudah terdapat 38.323 gerai minimarket yang merupakan tanda bahwa memang pertumbuhan retail minimarket ini tengah mengalami trend kenaikan dan optimisme dari beberapa tahun silam.

 

Melihat data di atas, prospek minimarket di Indonesia bisa dibilang cukup menjanjikan, bisnis ini juga terbukti mampu bertahan di situasi krisis karena memang menjual kebutuhan sehari-hari masyarakat. Bahkan, minimarket kini bisa membantu banyak orang untuk melakukan transaksi pembelian pulsa, pembayaran tagihan, top up e-wallet, dan beragam transaksi lainnya. 

 

Mengenal Minimarket Alfamart

Bizhare penasaran nih, siapa yang belum mengenal Alfamart? Dengan total gerai sebanyak 17.137 pada pertengahan tahun 2022, rasanya minimarket ini sudah tersebar luas di banyak kota di Indonesia dan sudah cukup akrab menyapa sebagian besar masyarakat termasuk Anda dalam membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Buat Anda yang belum tahu, Alfamart merupakan “brand” minimarket yang dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. 

 

Bisnis Retail di Bizhare

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi pada bisnis retail lho! Kebetulan sekali, saat ini merupakan periode Pasar Sekunder, dimana Anda memiliki kesempatan yang baik untuk memiliki saham bisnis retail yang sudah pernah listing di Bizhare. Pada Pasar Sekunder kali ini, ada tujuh bisnis retail yang bisa Anda miliki sahamnya!

 

Alfamart Perawang Riau

Sudah berjalan lebih dari 2,5 tahun, minimarket ini berada di Jalan Perawang KM 4 Siak, Riau. Berlokasi tepat di samping Hotel Highland Perawang Riau, sehingga akses untuk tamu hotel sangat mudah ketika mereka ingin membeli kebutuhan dan mencari barang yang diinginkan. Dalam radius 100 m, di sebelah kanan lokasi terdapat Kantor Pos, Klinik, Masjid, dan Gereja. Dalam radius 100 m, di sebelah kiri terdapat Bank BRI, Polsek, dan Masjid. Sehingga bisa menjadi potensi sebagai calon pelanggan gerai Alfamart. 

 

Alfamart MM2100 Bekasi

Berdiri di bawah naungan PT Toko Makmur Sentosa selaku penerbit, Alfamart MM 2100 Bekasi sudah beroperasi hampir 2 tahun lamanya. Minimarket ini berada di Jalan Kawasan Industri MM 2100 Bekasi, dimana pada bagian utaranya adalah Jalan Kalimalang dan di bagian selatan terdapat jalan yang terhubung dengan exit MM2100 toll Jakarta-Cikampek yang tentunya memiliki traffic yang sangat ramai.

 

Alfamart Balai Jaya Riau

PT Toko Boga Sari merupakan penerbit dari bisnis Alfamart Balai Jaya yang berada di di‌ ‌Jalan‌ ‌lintas‌ ‌Sumatera‌ ‌dari‌ ‌arah‌ ‌Tanjung‌ ‌Balai‌ ‌Sumatera‌ ‌Utara‌ ‌menuju‌ ‌ke‌ ‌arah‌ ‌Dumai,‌ ‌Duri‌ ‌atau‌ ‌Bagan‌ ‌Siapi‌ ‌–‌ ‌api,‌ ‌Riau.‌ ‌Dimana‌ ‌jalanan‌ ‌tersebut‌ ‌sangat‌ ‌ramai‌ ‌dilalui‌ ‌oleh‌ ‌oleh‌ ‌kendaraan,‌ ‌baik‌ ‌moda‌ ‌transportasi‌ ‌lokal‌ ‌maupun‌ ‌antar‌ ‌kota. 

 

Alfamart Simpang Segayam Sumatera Selatan

Minimarket ini merupakan salah satu bisnis terbaik loh di Bizhare! Alfamart Simpang Segayam ini berada di Simpang Segayam, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Lokasi tersebut merupakan jalur utama dari Prabumulih ke Palembang yang ramai dengan berbagai Rumah Makan, juga terdapat pabrik Japfa Comfeed di sekitarnya. Lokasi strategis tersebut berperan penting dalam baiknya performa bisnis ini selama berdiri.

 

Alfamart Singaraja Bali

Minimarket ini berada di di Jalan Laksamana Singaraja Bali, yang merupakan daerah wisata bagi wisatawan turis lokal maupun interlokal. Daerah ini terkenal akan keindahan dan kecantikan alamnya. Bisnis minimarket ini berada di bawah naungan PT Indah Ritel Nusaprima sebagai penerbit.

 

Alfamart Suralaga Mataram

Bisnis minimarket ini berada di bawah naungan PT Surya Indoritel Gemilang sebagai penerbit dan berlokasi di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat, lebih tepatnya di Jl. Raya Anjani Mataram KM 49 Kompleks Ponpes NW Anjani, Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Lokasi tersebut dekat dengan kompleks STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani yang memiliki 1.000 mahasiswa aktif, tentunya menjadi pangsa pasar cukup besar.

 

Alfamart Raya Bunut Riau

Bisnis retail terakhir yang ingin Bizhare ceritakan adalah Alfamart yang terletak di Jalan Bunut, Riau. Lokasinya berada di jalan utama dengan banyaknya rumah di sekitar lokasi. Selain itu, minimarket ini juga dikelilingi oleh pabrik-pabrik, yang menandakan bahwa daerah tersebut sangat potensial untuk bisnis minimarket. 

 

Sebagai tambahan informasi, bila ingin memiliki sebuah gerai minimarket Alfamart, maka Anda harus menyiapkan nominal ratusan juta untuk bisa memilikinya. Melalui Bizhare, Anda bisa memiliki salah satu bisnis Alfamart di atas dengan modal yang jauh lebih terjangkau karena bisnisnya dimiliki secara bersama-sama dengan investor lain.

 

Bila ada salah satu bisnis retail minimarket di atas yang menarik perhatian Anda, bisa langsung cek detail bisnisnya dengan klik tombol di bawah pada saat Pasar Sekunder dibuka, 05-16 Desember 2022, di hari dan jam kerja tentunya pukul 09:00-16:00 WIB.

 

Cek Detail

426 Reads
Author: Whisnu Kristianto
31 Suka