14 April 2023
4 menit baca

11 Ide Bisnis Milenial yang Wajib Dicoba, Modal Kecil Cuan Besar!

4 menit baca

 

Di era digital ini, banyak peluang bisnis baru yang dapat diambil oleh generasi milenial. Mereka memiliki kemampuan teknologi dan inovasi yang kuat, membuat mereka mampu menciptakan ide bisnis yang unik dan menarik. Di bawah ini, Bizhare sajikan rekomendasi ide bisnis milenial dengan modal kecil.

 

  1. Manajemen Media Sosial

 

Media sosial saat ini telah berkembang sangat pesat. Dari yang dulunya hanya digunakan untuk bersosialisasi, kini menjadi tempat untuk berbisnis dan menghasilkan keuntungan. Nah, banyak pebisnis butuh seorang spesialis yang mampu mengelola akun media sosial dan memasarkan produk dari sana.

 

Inilah tugas Anda. Dengan membuka bisnis manajemen media sosial, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup dengan smartphone atau laptop, serta kreativitas dalam mengelola akun media sosial, Anda bisa membawa sebuah usaha menuju kesuksesan.

 

  1. Fotografi

 

Jika Anda memiliki passion di bidang fotografi, maka membuka bisnis fotografi dapat menjadi ide bisnis yang baik. Sekarang ini, banyak orang membutuhkan jasa fotografi, baik itu untuk pekerjaan, bisnis, atau bahkan untuk mengambil foto pribadi seperti foto keluarga.

 

Dengan kamera pribadi dan insting estetika fotografi, Anda dapat menjadi seorang fotografer yang andal. Mulailah dengan membuat portofolio dengan beberapa objek yang menjadi fokus bisnis fotografi Anda nantinya. 

 

Kemudian, unggah hasil karya Anda di media sosial sebagai wadah untuk menunjukkan kreativitas. Siapa tahu, muncul client dari berbagai latar belakang yang tertarik dan ingin bekerja sama dengan Anda.

 

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

 

  1. Thrift Shop

 

Thrift shop atau toko barang bekas masih jadi tren di Indonesia. Di sana, para pembeli mencari barang yang diinginkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya, mulai dari baju, celana, blazer, hingga sepatu. 

 

Jika ingin membuka usaha ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Anda hanya perlu mencari barang yang jarang terpakai kemudian menjualnya melalui internet atau media sosial. Pastikan bahwa barang yang Anda jual masih bagus dan berkualitas karena kualitas menjadi hal yang sangat penting. 

 

  1. Usaha Laundry

 

Di kota besar, kebanyakan orang sibuk dan tidak punya waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Nah, jika Anda memiliki mesin cuci di rumah, maka Anda bisa memulai bisnis laundry dengan modal yang kecil.

 

Nantinya, beberapa perlengkapan yang harus disiapkan hanya listrik, sabun cuci, dan pewangi. Namun, Anda harus berhati-hati saat menjalankan bisnis ini. Alasannya, ada beberapa pakaian yang membutuhkan treatment khusus. Salah sedikit, Anda bisa kehilangan kepercayaan dari pelanggan dan merugi.

 

Baca Juga: Memahami Bisnis Jasa Laundry dan Mengetahui Potensinya

 

  1. Bisnis Online Shop

 

Bisnis online shop semakin diminati oleh masyarakat. Anda bisa memulai usaha ini dengan menjual produk-produk kecil seperti aksesoris, pakaian, atau produk-produk kecantikan.

 

Pertama, Anda perlu membuka akun di marketplace atau memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk. Pastikan Anda memberikan kualitas produk yang baik dan pelayanan yang memuaskan agar pelanggan puas dan loyal.

 

  1. Jasa Content Writing

 

Dalam era digital, konten menjadi salah satu hal yang penting, khususnya untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan visibilitas bisnis. Jika Anda memiliki kemampuan menulis, maka mulailah membuka bisnis jasa penulis konten.

 

Anda bisa menawarkan jasa menulis artikel, blog, atau konten media sosial untuk bisnis lain. Pastikan Anda memberikan kualitas tulisan yang baik dan memenuhi kebutuhan client.

 

  1. Membuka Warung Makanan

 

Warung makanan adalah bisnis yang selalu populer di Indonesia. Jika Anda memiliki kemampuan memasak dan ingin memulai bisnis kuliner, membuka warung makanan bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Anda bisa memulainya dengan menyediakan makanan yang sesuai dengan selera lokal dan memberikan harga yang terjangkau. Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis dan menyediakan suasana yang nyaman bagi pelanggan.

 

  1. Jasa Desain Grafis

 

Ide bisnis milenial yang sedang naik daun adalah desain grafis. Bisnis ini menjadi sangat penting di zaman yang dipenuhi dengan visual seperti sekarang. Nah, jika Anda memiliki kemampuan desain grafis atau kuliah di jurusan seni, Anda bisa memulai bisnis jasa ini secepatnya.

 

Nantinya, Anda bisa menawarkan jasa desain logo, brosur, kartu nama, atau desain media sosial untuk bisnis lain. Pastikan Anda memberikan kualitas desain yang baik dan memenuhi kebutuhan client.

 

  1. Bisnis Jasa Kecantikan

 

Jasa kecantikan selalu diminati oleh masyarakat, terutama oleh perempuan. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang kecantikan seperti makeup atau perawatan kulit, Anda bisa memulai bisnis jasa kecantikan.

Anda bisa memulainya dengan menawarkan jasa makeup untuk acara-acara khusus atau perawatan kulit wajah. Pastikan Anda memiliki produk dan peralatan yang berkualitas serta memberikan pelayanan yang memuaskan.

 

  1. Jasa Pet Sitting

 

Hampir setiap orang memiliki hewan peliharaan favorit, seperti kucing, anjing, kelinci, bahkan binatang eksotis lainnya. Namun, sering kali pemilik hewan peliharaan tidak memiliki waktu yang cukup untuk merawat dan mengurus kebutuhannya.

 

Dalam situasi ini, Anda dapat menawarkan layanan perawatan hewan peliharaan atau pet sitting. Jasa ini sangat menarik bagi orang-orang yang sibuk namun memiliki hewan peliharaan.

 

Anda tidak perlu khawatir tentang modal, karena biasanya pemilik hewan peliharaan sudah menyediakan makanan dan perlengkapan khusus untuk mereka. Yang dibutuhkan adalah kasih sayang yang besar terhadap hewan peliharaan dan kesabaran dalam merawat dan memenuhi kebutuhan mereka. 

 

Baca Juga: Pengertian Sandwich Generation dan Cara Keluar dari Zona Ini

 

  1. Investasi Franchise Modal 1 Juta di Bizhare

 

Membuka usaha franchise bisa menjadi ide bisnis milenial yang tepat. Anda tidak perlu membuat merek sendiri karena sudah menggunakan merek yang sudah dikenal. Namun, perhatikan biaya franchise dan persyaratan yang diperlukan untuk membuka bisnis tersebut.

 

Meskipun ada beberapa brand yang menawarkan pembukaan franchise di bawah Rp5 juta, nyatanya hampir semua bisnis waralaba membutuhkan modal yang besar, bahkan hingga ratusan juta Rupiah.

 

Untungnya, Anda bisa memiliki franchise impian dengan modal mulai dari Rp1 juta saja. Caranya adalah berinvestasi melalui platform securities crowdfunding Bizhare. Crowdfunding merupakan sistem di mana para investor dapat memberikan dukungan keuangan untuk sebuah proyek atau bisnis melalui internet secara patungan. 

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis franchise pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini.  

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Dengan memanfaatkan kemampuan teknologi dan inovasi, generasi milenial dapat menciptakan bisnis yang inovatif dan kreatif. Memang, semua ide bisnis milenial ini memerlukan usaha dan kerja keras. Namun dengan niat yang kuat dan konsistensi, Anda dapat mencapai kesuksesan dalam bisnis milenial tersebut.

898 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
213 Suka