10 March 2023
3 menit baca

7 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

3 menit baca

 

Bagaimana cara memulai bisnis online? Ternyata mudah banget, loh! Panduan ini sangat cocok untuk pemula yang benar-benar memulai bisnisnya dari nol. Bahkan, beberapa bisa dilakukan tanpa perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Selamat membaca!

 

1. Tentukan Produk yang Hendak Dijual

 

Cara memulai bisnis online yang pertama yang harus dilakukan adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Lakukan riset yang mendalam mengenai produk tersebut, apakah mampu mendatangkan profit potensial atau tidak. 

 

Jika perlu, mintalah pendapat pada orang-orang terdekat mengenai peluang keuntungan produk tersebut. Pada tahap awal ini, Anda harus menginvestasikan waktu, tenaga, dan bahkan modal, sehingga dapat menemukan pola serta produk yang tepat. 

 

Baca Juga: Potensi Industri FnB di Indonesia

 

2. Buat Akun Media Sosial

 

Agar bisnis online Anda memiliki identitas di dunia maya, Anda harus mulai membuat akun media sosial, mulai dari Instagram, Facebook, hingga Twitter. Jika dirasa penting, Anda juga bisa membuat situs yang membahas tentang produk tersebut.

 

Untuk tahap permulaan, Anda bisa mengisi akun tersebut dengan berbagai konten seperti deskripsi produk, foto produk, testimonial, dan berbagai konten yang mendukung bisnis online.

 

Pastikan tampilan feed media sosial menarik, eye-catching, dan menampilkan seluruh informasi yang dibutuhkan tentang produk tersebut. Sajikan berbagai informasi sejelas-jelasnya, jangan sampai membuat konsumen bingung.

 

3. Analisis Target Pasar

 

Cara memulai bisnis online shop selanjutnya adalah melakukan analisis target pasar. Anda bisa melakukannya tanpa modal jika Anda sudah menguasai teori-teori pasar dan konsumen secara matang.

 

Semakin spesifik target pasar Anda, semakin terarah pula apa yang perlu dilakukan untuk membuat produk Anda makin laris. Perhitungkan pula usia, jenis kelamin, pendapatan, hingga profesi konsumen, karena faktor-faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap target pasar.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2023

 

4. Berjualan di e-Commerce

 

Untuk menarik pembeli potensial dan memberi mereka pengalaman berbelanja yang mudah, maka cara memulai bisnis online berikutnya adalah dengan memasang produk di e-commerce populer, contohnya Shopee atau Tokopedia.

 

Jangan lupa, Anda harus menampilkan informasi produk dengan jelas, lengkap dengan gambar produk yang menarik. Anda juga harus siap melayani pertanyaan atau bahkan komplain konsumen di kolom yang tersedia. Dari sanalah, tekad Anda untuk membangun bisnis online diuji.

 

5. Bangun Reputasi Bisnis Online

 

Salah satu faktor penting yang menentukan bisnis sukses atau tidak adalah reputasi. Dengan kata lain, Anda harus membangun brand image dan reputasi yang bagus agar semakin banyak konsumen yang tertarik pada produk Anda.

 

Anda bisa memulainya dengan mengisi akun media sosial produk semenarik dan seinformatif mungkin. Selain itu, Anda juga bisa membuat konten menarik dalam bentuk foto, video, infografis, dan sebagainya.

 

Jika konten sudah tersedia, Anda bisa mempromosikannya melalui search engine seperti Google dengan teknik SEO, ataupun memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga Pinterest untuk promosi.

 

6. Lakukan Analisis Kompetitor

 

Harus Anda pahami bahwa bisnis online sama sulitnya dengan bisnis offline. Di manapun, Anda pasti akan menemukan kompetitor. 

 

Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk melakukan analisis kompetitor sebagai salah satu cara memulai bisnis online. Dengan melakukan analisis pesaing, Anda mampu mendapatkan strategi pemasaran lebih cepat dan bertahan di industri.

 

Bahkan, Anda bisa saja mendapatkan wawasan, strategi, serta tren baru dari analisis kompetitor. Ketika menerapkannya di bisnis sendiri, bisa jadi hal ini sangat efektif untuk meningkatkan pendapatan usaha.

 

7. Patuhi Regulasi Bisnis yang Berlaku

 

Dalam menjalankan usaha apapun, termasuk berbisnis online, penting untuk selalu mematuhi regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Secara khusus, bisnis online sudah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2014 Pasal 65 tentang Perdagangan.

 

Dengan mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan, bisnis online Anda bisa terlindungi dari berbagai risiko kerugian seperti penipuan. Sebaliknya, jika Anda tidak menaati regulasi tersebut, bisnis Anda bisa terhambat, bahkan terancam dibubarkan, loh. 

 

Selain itu, para konsumen jauh lebih tertarik pada produk-produk yang sudah sesuai dengan regulasi pemerintah. Hal itu dikarenakan produk tersebut sudah terjamin keamanan dan mutunya sesuai standar pemerintah. Jadi, jangan remehkan poin ini, ya!

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Memulai Bisnis Properti Dari Nol, Khusus Pemula!

 

Berdasarkan ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis online. Berikut ringkasan poinnya.

 

Jika benar-benar ingin merintis bisnis online, silakan pelajari perilaku berbelanja calon pembeli potensial, analisis pasar dan kompetitor, serta maksimalkan platform e-commerce dan media sosial untuk memuluskan transaksi. Selamat mencoba!

1333 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
236 Suka