25 April 2023
3 menit baca

Growth Mindset: Definisi, Manfaat, dan Cara Mengembangkannya

3 menit baca

 

Growth mindset adalah konsep yang populer dalam dunia psikologi, di mana orang yakin bahwa perkembangan diri bisa terus menerus dilakukan demi mencapai kesuksesan dan tujuan hidup. Kerennya, cara berpikir positif ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan mencapai tujuan yang lebih tinggi.

 

Apa Itu Growth Mindset?

 

Growth mindset atau pola pikir berkembang adalah pandangan bahwa kemampuan dan keterampilan seseorang dapat terus berkembang dan ditingkatkan dengan kerja keras, dedikasi, dan keyakinan.

 

Konsep psikologi ini diperkenalkan oleh Carol Dweck, seorang profesor psikologi di Stanford University dalam bukunya berjudul “Mindset: The New Psychology of Success“.

 

Konsep ini secara spesifik menjelaskan bagaimana seseorang memandang keberhasilan, kegagalan, dan kemampuan diri. Menurutnya, seseorang yang memiliki pola pikir berkembang cenderung berpikir bahwa kemampuan dan keterampilan bisa ditingkatkan dengan usaha dan latihan yang tepat.

 

Tidak hanya growth mindset, Carol Dweck juga menjelaskan mengenai fixed mindset, di mana seseorang percaya bahwa kemampuan dan sifat individu tidak dapat berubah atau berkembang. Ulasan selengkapnya bisa Anda baca pada artikel berikut ini.

 

Baca Juga: Fixed Mindset: Definisi, Dampak, dan Cara Mengatasinya

 

Fungsi Growth Mindset

 

Pola pikir berkembang memiliki beberapa fungsi yang penting dalam kehidupan seseorang. Berikut ini beberapa fungsi growth mindset!

 

  • Memperkuat Daya Juang

Seseorang yang memiliki growth mindset cenderung memiliki semangat juang yang tinggi untuk mengatasi segala rintangan dan tantangan yang dihadapi. Mereka percaya bahwa kegagalan adalah bagian dari proses pembelajaran dan kesuksesan hanya dapat dicapai melalui usaha serta ketekunan.

 

  • Meningkatkan Kemandirian

Pola pikir berkembang juga dapat meningkatkan kemandirian seseorang. Mereka tidak bergantung pada keberuntungan atau faktor luar untuk meraih sukses, melainkan pada usaha dan kerja keras yang dilakukan sendiri.

 

  • Mempercepat Pembelajaran

Seseorang yang memiliki pola pikir berkembang cenderung lebih terbuka terhadap pengalaman baru dan menerima masukan dari orang lain. Hal ini membuat mereka lebih cepat belajar dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan.

 

Manfaat Growth Mindset

 

Pola pikir berkembang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan seseorang. Berikut ini beberapa manfaat growth mindset!

 

  • Meningkatkan Performa Kerja

Seseorang yang memiliki pola pikir berkembang cenderung lebih bersemangat dalam bekerja dan meraih hasil yang lebih baik. Mereka percaya bahwa kemampuan dapat ditingkatkan dengan usaha dan latihan yang tepat, sehingga mereka akan selalu berusaha untuk terus meningkatkan kinerja mereka.

 

  • Mengurangi Stres

Pola pikir berkembang juga dapat membantu seseorang mengurangi stres. Karena mereka percaya bahwa kegagalan adalah bagian dari proses pembelajaran, mereka tidak akan merasa terlalu khawatir atau stres jika mengalami kegagalan.

 

  • Meningkatkan Kualitas Hidup

Seseorang yang memiliki pola pikir berkembang cenderung lebih bahagia dan puas dengan hidupnya. Mereka tidak hanya fokus pada hasil akhir, melainkan juga menikmati proses pembelajaran dan perkembangan yang mereka alami.

 

Baca Juga: Kenali Frugal Living, Gaya Hidup Hemat biar Cepat Kaya

 

Cara Mengembangkan Growth Mindset

 

Meskipun pola pikir berkembang bukanlah sifat bawaan seseorang, tetapi dapat dikembangkan melalui beberapa cara. Berikut ini beberapa cara mengembangkan pola pikir growth mindset:

 

  • Ubah Cara Berpikir

Anda perlu mengubah cara berpikir dalam menghadapi masalah. Andapun harus melatih diri untuk mengatasi rasa takut, kecemasan, dan ketidakpastian. Seseorang dengan growth mindset punya semangat tinggi dalam belajar dan mengembangkan kemampuan, serta berpikir positif dalam menghadapi segala rintangan dan tantangan.

 

  • Menerima Kegagalan

Anda harus belajar menerima kegagalan sebagai bagian dari proses pembelajaran. Mulai ubah pemikiran bahwa kegagalan itu sesuatu yang buruk. Sebaliknya, kegagalan merupakan langkah awal menuju kesuksesan. Hanya dari kegagalanlah, kita mampu belajar dan meningkatkan kemampuan lebih baik.

 

  • Berlatih dan Berusaha

Jika Anda ingin berusaha mengembangkan growth mindset, maka Anda harus berlatih dan berusaha untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan. Anda harus percaya bahwa kemampuan dapat ditingkatkan melalui usaha dan latihan yang tepat.

 

  • Mengembangkan Rasa Percaya Diri

Anda perlu mengembangkan rasa percaya diri dalam menghadapi berbagai rintangan dan tantangan. Tak hanya itu, seseorang dengan pola pikir berkembang harus yakin bahwa mereka mampu mengatasinya dan mencapai tujuan yang diinginkan.

 

  • Belajar dari Orang Lain

Anda perlu belajar dari orang lain yang memiliki pola pikir berkembang. Mereka dapat memperoleh inspirasi, motivasi, dan tips untuk mengembangkan pola pikir. Niscaya, Anda pun bisa “ketularan” sukses seperti mereka.

 

Baca Juga: 10 Prinsip Etika Bisnis, Wajib Diketahui Seorang Pengusaha Sukses!

 

Mengembangkan growth mindset adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Dengan berfokus pada proses, berani mengambil risiko, terus belajar tanpa menyerah, mencari umpan balik, dan terus berjuang, Anda dapat mengembangkan growth mindset yang kuat. 

 

Ingatlah untuk tidak menyerah ketika menghadapi kesulitan, tetaplah berpikir positif, dan bertindak seperti orang yang Anda ingin menjadi.

1853 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
287 Suka