22 January 2023
3 menit baca

10 Prinsip Etika Bisnis, Wajib Diketahui Seorang Pengusaha Sukses!

3 menit baca

 

Prinsip etika bisnis adalah sekumpulan tata cara ideal mengenai pengelolaan bisnis dengan memperhatikan nilai, norma, dan perilaku. Prinsip ini sangat penting karena dapat menciptakan suasana hubungan yang adil dan sehat, baik itu dengan sesama rekan kerja, atasan, maupun konsumen. Berikut daftar prinsip etika bisnis yang harus dipahami, ditaati, dan dilaksanakan para pelaku usaha!

 

1. Prinsip Kejujuran

 

Prinsip etika bisnis pertama yang harus dipahami seorang pengusaha adalah kejujuran. Poin ini sangatlah penting untuk melancarkan usaha sekaligus membangun kepercayaan klien.

 

Anda wajib bersikap jujur dalam segala hal, mulai dari sekadar memberikan informasi hingga ketika menganalisis kekurangan perusahaan yang dipimpin. Bahkan, bisa dikatakan prinsip kejujuran dalam etika prinsip merupakan poin yang paling utama dan krusial.

 

2. Prinsip Integritas

 

Seorang karyawan ataupun pemimpin perusahaan mendapatkan kepercayaan orang lain karena ia memiliki integritas. Integritas sendiri bisa diartikan sebagai konsistensi dan sinkronisasi antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. 

 

Meskipun tidak semudah membalik telapak tangan, namun seseorang dikatakan sebagai pemimpin yang baik jika ia mampu bertahan dan tidak mengorbankan prinsip yang dipercaya hanya karena mendapat tekanan dari pihak lain.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2023

 

3. Prinsip Pemenuhan Janji dan Komitmen

 

Prinsip etika bisnis yang satu ini juga krusial dan menentukan nasib seorang pengusaha di masa depan. Seseorang dipercaya karena ia mau dan mampu memenuhi semua janji serta komitmen yang pernah dibuat.

 

Itu sebabnya, Anda tidak boleh sembarangan membuat janji atau komitmen ketika awal berusaha. Sebaiknya, Anda langsung membuktikan kredibilitas dan komitmen Anda untuk sukses dengan perbuatan, tanpa perlu berkata-kata. 

 

4. Prinsip Loyalitas

 

Loyalitas adalah hal yang sangat diperlukan agar bisnis dapat berjalan dengan baik tanpa menimbulkan konflik. Prinsip loyalitas dalam etika bisnis dapat ditunjukkan dengan bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

 

Selain itu, prinsip ini juga akan bekerja dengan sangat baik ketika Anda tidak mencampurkan urusan kantor dengan masalah pribadi. Anda juga dapat menunjukkan loyalitas dengan memberikan seluruh kemampuan demi perkembangan perusahaan ke arah yang lebih baik.

 

5. Prinsip Keadilan

 

Keadilan menjadi salah satu hal fundamental yang harus dimiliki setiap pebisnis sukses. Mereka tidak menggunakan kedudukan atau kekuatan yang dimiliki untuk bersikap otoriter maupun seenaknya sendiri. 

 

Selain itu, pengusaha sukses mampu bersikap adil pada setiap karyawan, menoleransi perbedaan, berpikiran terbuka, mengakui jika melakukan kesalahan, bahkan tak segan mengubah prinsip atau keputusan jika diperlukan.

 

Contoh prinsip keadilan dalam etika bisnis bisa dilihat pada pemberian gaji kepada karyawan. Gaji yang diberikan sudah sesuai dengan tugas serta tanggung jawab masing-masing pegawai.

 

Baca Juga: 10 Cara Menarik dan Meyakinkan Investor, Langsung Dapat Modal!

 

6. Prinsip Kepedulian

 

Seorang pebisnis harus menjadi pribadi yang menunjukkan kepedulian, simpatik, dan baik hati. Anda harus memahami konsep bahwa keputusan dalam berbisnis tidak hanya berpengaruh bagi perusahaan, namun juga seluruh karyawan dan staf yang terlibat di dalamnya. 

 

Seorang pemimpin harus mampu memberikan keputusan yang memiliki sedikit dampak negatif dan memiliki paling banyak dampak positif. Itu sebabnya, sangat penting bagi pengusaha untuk terus mengasah kemampuan berempati terhadap lingkungan sekitarnya.

 

7. Prinsip Penghargaan

 

Jika Anda ingin menerapkan etika bisnis secara maksimal, Anda harus belajar menjadi pribadi yang menghargai orang lain. Anda juga harus bersikap profesional dengan tidak membedakan perlakuan kepada orang lain berdasarkan jenis kelamin, ras, agama, orientasi seksual, maupun kewarganegaraan. 

 

Hal ini penting dilakukan bukan hanya untuk kebaikan perusahaan, namun juga agar lingkungan kantor tetap kondusif. Selain itu, menciptakan kantor yang inklusif bagi semua orang akan membuat produktivitas meningkat tajam.

 

8. Taat Aturan

 

Dunia ini tidak lepas dari yang namanya peraturan, termasuk di dalam urusan bisnis. Tentu saja, bukan untuk mengekang, aturan ini justru penting untuk menjaga kestabilan ekonomi dan pasar.

 

Itu sebabnya, jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses, patuhilah semua etika bisnis yang ada, baik tertulis maupun tidak tertulis. Dengan demikian, Anda berpeluang menjadi pebisnis yang disegani banyak pihak.

 

9. Jiwa Kepemimpinan

 

Seorang pebisnis harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dengan menyadari tanggung jawab yang dipikul. Anda juga harus bisa memotivasi seluruh bawahan agar dapat bekerja dan menampilkan performa terbaik.

 

Tanpa semangat kepemimpinan, sebuah perusahaan akan kehilangan nahkodanya. Alhasil, produktivitas akan terganggu, terjadi miskomunikasi antara individu, dan berakhir chaos. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi, bukan?

 

10. Menjaga Reputasi

 

Seorang pebisnis harus memiliki kemampuan membangun dan melindungi nama baik perusahaan beserta seluruh hal yang berada di dalamnya. Hal inilah yang menjadi kunci datangnya konsumen karena percaya bahwa perusahaan Anda dapat memenuhi segala kebutuhannya.

 

Tak hanya itu, menjaga reputasi perusahaan juga mampu mendatangkan berbagai peluang manis ke depannya. Secara tak langsung, hal ini akan berpengaruh positif terhadap nominal pendapatan perusahaan dan kesejahteraan karyawan.

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Laba Berjalan dan Laba Ditahan?

 

Itulah deretan prinsip etika berbisnis yang harus dimiliki agar usaha Anda lancar dan stabil. Anda bisa menjalankan semuanya secara perlahan-lahan. Niscaya, Anda akan mendapat pencitraan positif dari masyarakat sehingga konsumen tak segan menggunakan servis dari perusahaan. Selamat mencoba!

 

9724 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
748 Suka