03 May 2024
4 menit baca

10 Tips Belanja Hemat Bulanan, Irit Belanja Dapur!

4 menit baca

tips belanja hemat

 

Belanja bulanan adalah salah satu kegiatan rutin yang pastinya dilakukan setiap keluarga. Hal itu penting untuk menjaga dapur tetap menyala dan menandakan produktifnya suatu keluarga. Namun, seringkali belanja bulanan dapat menjadi beban finansial jika tidak dikelola dengan baik. Untuk membantu Anda menghemat belanja bulanan, berikut adalah deretan tips irit belanja dapur yang bisa diterapkan.

 

  • Buat Daftar Belanjaan

 

Membuat daftar belanjaan sebelum pergi berbelanja adalah tips belanja bulanan hemat yang wajib dilakukan. Dengan memiliki daftar yang jelas, Anda dapat menghindari pembelian impulsif dan memastikan bahwa Anda hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan. Selain itu, daftar belanjaan juga membantu Anda untuk mengingat barang-barang yang perlu dibeli sehingga tidak ada yang terlupakan.

 

Baca Juga: 20 Ide Usaha yang Menguntungkan selama Bulan Puasa

 

  • Jangan Berbelanja Saat Lapar

 

Belanja saat lapar dapat menyebabkan Anda membeli barang-barang tambahan yang tidak diperlukan karena rasa lapar dapat meningkatkan keinginan untuk membeli makanan dan minuman yang lebih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan untuk makan sebelum pergi berbelanja agar Anda dapat membuat keputusan belanja yang lebih rasional dan terhindar dari pemborosan.

 

  • Pilih Supermarket dengan Harga Terbaik

 

Memilih supermarket atau toko kelontong yang menawarkan harga terbaik adalah salah satu cara efektif untuk menghemat belanja bulanan. Sebelum berbelanja, luangkan waktu untuk membandingkan harga produk di beberapa tempat dan pilihlah tempat yang menawarkan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, perhatikan juga promo dan diskon yang ditawarkan oleh supermarket tersebut untuk mengoptimalkan penghematan belanja Anda.

 

  • Beli Produk Non-Branded

 

Memilih produk non-branded atau generik seringkali dapat menghemat biaya belanja. Produk non-branded biasanya lebih terjangkau daripada produk merek terkenal karena tidak perlu membayar tambahan untuk merek tersebut. Meskipun demikian, kualitas produk non-branded tidak selalu lebih rendah daripada produk branded, sehingga tetap dapat memenuhi kebutuhan Anda dengan baik. Dengan demikian, tips hemat belanja bulanan yang satu ini tetap bisa diterapkan dalam hidup Anda.

 

  • Bergabung dengan Program Membership

 

Banyak toko dan supermarket menawarkan program keanggotaan atau membership yang memberikan berbagai macam manfaat kepada anggotanya. Dengan bergabung dalam program ini, Anda dapat mendapatkan diskon khusus, penawaran eksklusif, atau bahkan poin reward yang dapat ditukarkan dengan barang atau diskon pada pembelian berikutnya. Bergabung dengan program keanggotaan ini dapat membantu Anda menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang.

 

  • Gunakan Kalkulator Saat Berbelanja

 

Tips hemat uang belanja dapur selanjutnya adalah menggunakan kalkulator saat berbelanja. Hal ini dapat membantu Anda mengontrol pengeluaran dan menghindari kelebihan belanja. 

 

Dengan menghitung total belanjaan saat Anda menambahkan barang-barang ke keranjang, Anda dapat memastikan bahwa belanjaan Anda sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan. Selain itu, kalkulator juga dapat membantu Anda membandingkan harga dan menentukan apakah sebuah penawaran atau diskon benar-benar menguntungkan.

 

Baca Juga: Sedekah: Pengertian, Keutamaan, & Contohnya

 

  • Belanja Saat Waktu Sepi

 

Berbelanja saat toko atau supermarket sedang sepi pengunjung memiliki beberapa keuntungan. Pertama, Anda akan lebih leluasa dalam memilih barang tanpa harus berebut atau terburu-buru. Kedua, Anda dapat dengan lebih teliti membandingkan harga antara produk yang satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan yang terbaik. Selain itu, saat toko sedang sepi, Anda juga dapat lebih fokus pada daftar belanjaan Anda tanpa terganggu oleh keramaian atau kebisingan.

 

  • Perhatikan Penempatan Produk

 

Saat berbelanja, biasanya toko menempatkan produk-produk tertentu di lokasi yang lebih terlihat atau mudah dijangkau oleh konsumen. Produk-produk ini mungkin memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan produk serupa yang ditempatkan di tempat yang kurang terlihat atau terjangkau. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama penempatan produk dan jangan ragu untuk mencari produk yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Baca Juga: Investasi Emas Digital: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Membelinya

 

  • Pertimbangkan Pembelian Secara Online

 

Berbelanja secara online dapat menjadi pilihan yang menguntungkan untuk menghemat waktu dan uang. Saat berbelanja online, Anda dapat dengan mudah membandingkan harga dari berbagai toko atau platform e-commerce tanpa harus berpindah tempat. 

 

Selain itu, seringkali toko online menawarkan promo atau diskon khusus yang tidak tersedia di toko fisik. Namun, untuk menerapkan tips mengatur uang belanja agar hemat ini, pastikan untuk membeli dari toko online yang terpercaya dan memiliki kebijakan pengembalian barang yang jelas.

 

  • Cari Promo dan Diskon Menarik? Investasi di Bizhare, Yuk! 

 

Manfaatkan promo dan diskon yang tersedia untuk menghemat pengeluaran belanja bulanan. Anda dapat mencari promo dan diskon di supermarket, restoran, atau warung makan terdekat. Sebelum berbelanja, pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk agar Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencari promo dan diskon untuk pembayaran tagihan, transportasi, atau kebutuhan lainnya yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Salah satunya, jika Anda sering berinvestasi di Bizhare, Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

137 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
47 Suka