01 April 2024
4 menit baca

Tabungan Berjangka: Pengertian, Syarat, Simulasinya

4 menit baca

Tabungan Berjangka

 

Tabungan berjangka merupakan salah satu produk perbankan yang menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah. Tabungan ini biasanya memiliki jangka waktu tertentu dan memberikan bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan reguler. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang tabungan berjangka, manfaatnya, serta simulasinya.

 

Apa itu Tabungan Berjangka?

 

Tabungan berjangka adalah produk perbankan di mana Anda menyetor sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu dengan imbalan bunga yang telah ditentukan. Jangka waktu tabungan berjangka dapat bervariasi, mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun, tergantung pada kebijakan bank. 

 

Tabungan berjangka biasanya memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa karena Anda setuju untuk menyimpan uang Anda dalam jangka waktu yang telah ditentukan. 

 

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin dikenakan biaya jika Anda menarik uang sebelum jangka waktu berakhir. Tabungan berjangka adalah pilihan yang baik untuk menabung dengan tujuan jangka panjang atau untuk mengunci tingkat bunga saat ini jika Anda berpikir bahwa tingkat bunga akan turun di masa mendatang.

 

Baca Juga: Perbedaan Giro dan Tabungan, Mana yang Paling Menguntungkan?

 

Perbedaan Tabungan Berjangka dengan Tabungan Biasa

 

Secara garis besar, terdapat perbedaan yang cukup mendasar antara tabungan berjangka dan tabungan biasa. Berikut beberapa di antaranya.

 

  • Jangka Waktu

Tabungan berjangka memiliki jangka waktu yang telah ditentukan, sementara tabungan biasa tidak memiliki jangka waktu yang tetap dan dapat ditarik kapan saja.

 

  • Tingkat Bunga

Tingkat bunga tabungan berjangka biasanya lebih tinggi daripada tabungan biasa karena Anda setuju untuk menyimpan uang Anda dalam jangka waktu tertentu.

 

  • Penarikan

Dalam tabungan berjangka, Anda mungkin dikenakan biaya atau kehilangan sebagian bunga jika Anda menarik uang sebelum jangka waktu berakhir, sedangkan tabungan biasa memungkinkan penarikan uang kapan saja tanpa biaya tambahan.

 

  • Tujuan

Tabungan berjangka biasanya digunakan untuk menabung dengan tujuan jangka panjang atau untuk mengunci tingkat bunga saat ini, sementara tabungan biasa dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau tujuan jangka pendek.

 

  • Fleksibilitas

Tabungan biasa lebih fleksibel karena Anda dapat menarik uang kapan saja tanpa adanya konsekuensi, sementara tabungan berjangka memerlukan komitmen untuk menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu.

 

Baca Juga: Dana Pensiun Syariah: Pengertian, Fungsi, & Manfaatnya

 

Syarat Membuka Rekening Tabungan Berjangka

 

Membuka rekening tabungan berjangka tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen. Berikut adalah persyaratan yang perlu dipenuhi:

 

  1. KTP dan NPWP untuk WNI.
  2. KIMS/KITAS/KITAP untuk WNA.
  3. Sudah memiliki rekening di bank.
  4. Melakukan setoran dana sesuai target dana pilihan.

 

Simulasi Tabungan Berjangka

 

Apakah Anda tertarik untuk membuka rekening tabungan berjangka? Jika iya, Anda perlu mengetahui simulasi tabungan berjangka yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

 

Misalkan, diketahui:

 

Target dana: Rp20.000.000

Jangka waktu: 24 bulan

Bunga: 3,25%

Setoran awal: Rp1.000.000

 

Untuk mencapai target dana Rp20.000.000 dalam jangka waktu 24 bulan dengan bunga 3,25%, Anda dapat mengikuti simulasi berikut:

 

Setoran awal: Rp1.000.000

Setoran bulanan: (Target Dana – Setoran Awal) / Jangka Waktu

= (Rp20.000.000 – Rp1.000.000) / 24 bulan

= Rp19.000.000 / 24 bulan

= Rp791.666,67 per bulan

 

Dengan demikian, Anda perlu menyetorkan sebesar Rp791.666,67 per bulan selama 24 bulan. Akumulasi bunga selama 24 bulan akan menjadi Rp621.895,83. Sehingga, total dana pada saat jatuh tempo akan menjadi Rp20.621.895,83.

 

Perhitungan ini adalah perkiraan dan tidak termasuk pajak. Suku bunga di bank dapat berubah-ubah seiring waktu. Jika Anda ingin perhitungan yang lebih detail, silakan datang ke bank terdekat.

 

Manfaat Tabungan Berjangka

 

Dibandingkan tabungan biasa, tabungan berjangka ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa di antaranya.

 

  • Tingkat Bunga Tetap

Anda akan mendapatkan tingkat bunga tetap selama jangka waktu tabungan, sehingga Anda dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik.

 

  • Mendorong Menabung secara Disiplin

Dengan adanya jangka waktu tertentu dan ketentuan penarikan dana, tabungan berjangka dapat membantu Anda untuk menabung secara disiplin.

 

  • Melindungi dari Impulsif Menarik Dana

Karena dana tidak dapat ditarik sebelum jangka waktu berakhir tanpa konsekuensi, tabungan berjangka dapat melindungi Anda dari keputusan impulsif untuk menarik dana.

 

  • Investasi Aman

Tabungan berjangka dianggap sebagai investasi yang relatif aman karena memiliki tingkat risiko yang rendah dibandingkan dengan investasi lainnya.

 

  • Menghasilkan Bunga Tambahan

Anda akan mendapatkan bunga tambahan dari tabungan berjangka, yang akan menambah jumlah dana yang Anda tabung.

 

  • Pilihan Jangka Waktu

Anda dapat memilih jangka waktu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan keuangan Anda, mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

 

  • Penyimpanan Dana Darurat

Tabungan berjangka dapat digunakan sebagai sarana penyimpanan dana darurat karena dana dapat diakses setelah jangka waktu tertentu.

 

  • Pengelolaan Keuangan yang Lebih Baik

Dengan adanya tabungan berjangka, Anda dapat mengelola keuangan Anda dengan lebih baik, terutama untuk tujuan jangka panjang seperti biaya pendidikan, liburan, atau pensiun.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam aneka bisnis franchise dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang terverifikasi dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

68 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
10 Suka