24 June 2024
4 menit baca

Apa itu Rabat? Ini Jenis, Contoh, & Bedanya dengan Diskon

4 menit baca

rabat adalah

 

Rabat adalah salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Istilah ini sering kali disamakan dengan diskon, tetapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu rabat, mengapa rabat penting dalam dunia bisnis, serta perbedaan rabat dan diskon.

 

Pengertian Rabat

 

Rabat adalah pengurangan harga yang diberikan oleh penjual kepada pembeli setelah transaksi terjadi. Berbeda dengan diskon yang diberikan di muka sebelum transaksi, rabat biasanya diberikan setelah pembeli mencapai kondisi tertentu, seperti jumlah pembelian yang besar atau frekuensi pembelian yang tinggi. 

 

Sementara itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), rabat adalah potongan harga. Sistemnya mirip seperti potongan harga atau pengembalian uang (cashback) yang diberikan dalam periode tersebut.

 

Baca Juga: 10 Investor Saham Terkaya di Dunia, Tajir Melintir Berkat Investasi Saham!

 

Jenis-Jenis Rabat

 

Rabat memiliki beberapa variasi yang menjadi alasan utama diberikan potongan harga kepada pelanggan. Berikut adalah beberapa jenis rabat yang umum diberikan oleh penjual.

 

  • Rabat Berdasarkan Volume

Rabat ini adalah salah satu program potongan harga yang paling populer. Rabat jenis ini diberikan kepada pelanggan yang membeli barang dalam jumlah tertentu yang sudah ditetapkan oleh penjual. Contohnya, untuk mendapatkan rabat, pelanggan harus membeli minimal 100 pcs.

 

  • Rabat Promo

Rabat promo memiliki persyaratan yang lebih sederhana dibandingkan dengan rabat berdasarkan volume. Misalnya, pembeli hanya perlu menambahkan satu produk tertentu untuk mendapatkan rabat dalam jumlah tertentu. Dari sisi penjual, jenis rabat ini sangat membantu untuk mengurangi stok barang.

 

  • Rabat Tetap

Rabat tetap diberikan ketika pembelian telah mencapai batas tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya. Misalnya, pelanggan perlu berbelanja minimum Rp2,5 juta untuk mendapatkan potongan harga hingga 20%. Selain itu, rabat ini bisa diberikan berdasarkan jenis atau tipe produk tertentu.

 

Baca Juga: Apakah Seorang Komisaris Wajib Punya Pengalaman di Bidangnya?

 

Manfaat Rabat

 

Rabat memiliki berbagai manfaat baik bagi penjual maupun pembeli. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari pemberian rabat:

 

  1. Meningkatkan Penjualan: Rabat dapat menjadi insentif bagi pelanggan untuk membeli lebih banyak barang atau jasa.
  2. Membangun Loyalitas Pelanggan: Dengan memberikan rabat, perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendorong mereka untuk terus berbelanja.
  3. Mengelola Stok: Rabat musiman dapat membantu perusahaan dalam mengurangi persediaan barang yang berlebih, terutama setelah musim tertentu berakhir.
  4. Meningkatkan Daya Saing: Perusahaan yang menawarkan rabat dapat lebih kompetitif di pasar, terutama jika pesaing tidak menawarkan hal yang serupa.

 

Baca Juga: 20 Ide Usaha Modal Rp20 Juta yang Menarik & Menguntungkan

 

Perbedaan Rabat dan Diskon

 

Meskipun sering disamakan, rabat dan diskon memiliki beberapa perbedaan mendasar. Berikut adalah perbedaan rabat dan diskon yang perlu Anda ketahui:

 

  • Waktu Pemberian

Diskon diberikan sebelum atau pada saat transaksi terjadi. Misalnya, pelanggan mendapatkan diskon 10% saat membeli produk di kasir. Sebaliknya, rabat diberikan setelah transaksi selesai atau setelah pelanggan memenuhi syarat tertentu. Contohnya, pelanggan menerima rabat 5% setelah total pembelian mereka mencapai jumlah tertentu dalam periode waktu yang ditentukan.

 

  • Tujuan

Diskon biasanya digunakan untuk menarik minat pelanggan agar segera melakukan pembelian. Penjual memberikan diskon untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek. Di sisi lain, rabat bertujuan untuk membangun loyalitas pelanggan dan mendorong pembelian berulang. Dengan menawarkan rabat, penjual berharap pelanggan akan terus berbelanja di masa mendatang.

 

  • Cara Penghitungan

Diskon langsung mengurangi harga jual pada saat transaksi. Misalnya, jika harga barang adalah Rp100.000 dan diberikan diskon 10%, pelanggan hanya membayar Rp90.000. Sebaliknya, rabat dihitung setelah transaksi atau setelah pelanggan mencapai syarat tertentu. Misalnya, setelah mencapai pembelian total Rp1 juta, pelanggan mendapatkan rabat 5% yang bisa digunakan pada transaksi berikutnya.

 

  • Bentuk Pemberian

Diskon biasanya diberikan dalam bentuk potongan harga langsung pada produk yang dibeli. Sedangkan rabat dapat diberikan dalam berbagai bentuk, seperti cashback, voucher, atau potongan harga pada pembelian berikutnya. Hal ini membuat rabat lebih fleksibel dalam penerapannya dibandingkan diskon.

 

  • Strategi Pemasaran

Diskon sering digunakan dalam strategi pemasaran jangka pendek, seperti promosi musiman atau acara penjualan khusus. Diskon dapat langsung menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Sebaliknya, rabat lebih cocok untuk strategi pemasaran jangka panjang. Dengan memberikan rabat, perusahaan berusaha membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka.

 

Baca Juga: Laporan Keuangan Perusahaan: Manfaat, Jenis, dan Unsurnya

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

124 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
34 Suka