05 May 2023
5 menit baca

10 Investor Saham Terkaya di Dunia, Tajir Melintir Berkat Investasi Saham!

5 menit baca

 

Investasi saham menjadi salah satu pilihan investasi yang sangat menarik untuk dilakukan. Banyak investor yang telah sukses dan menjadi kaya raya. Kira-kira, siapa lagi investor saham terkaya di dunia dan bagaimana mereka mencapai kesuksesan dalam investasi saham?

 

  • Elon Musk (219 miliar USD)

 

Elon Musk merupakan investor terkenal dunia lainnya yang patut diperhitungkan. Ia merupakan investor terkaya nomor satu di dunia, dengan kekayaan total mencapai 219 miliar USD.

 

Elon Musk terlibat dalam investasi cryptocurrency dan beberapa jenis investasi lainnya seperti Twitter. Ia juga seorang pengusaha sukses dengan produk bisnis mobil listrik Tesla dan roket SpaceX.

 

Cara investasi Elon Musk adalah dengan membeli saham di perusahaan yang memiliki produk dan jasa yang dipercayai. Ia juga mengamati tren produk dan jasa tersebut. Elon Musk selalu menjual saham pada waktu yang tepat, yaitu ketika tren produk dan jasa itu menurun.

 

Baca Juga: Proposal Investasi: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

 

  • Jeff Bezos (171 miliar USD)

 

Salah satu investor terkenal dunia pada tahun 2022 adalah Jeff Bezos. Ia dikenal sebagai pendiri Amazon dengan kekayaan mencapai 171 miliar USD. 

 

Investasi utama Bezos berasal dari sahamnya di Amazon, Nash Holdings, Ekspedisi Bezos, UBER, Air bnb, Twitter, dan beberapa investasi lainnya.

 

Salah satu tips investasi yang diberikan oleh Bezos adalah percaya pada investasi jangka panjang. Menurutnya, investasi jangka panjang dapat memberikan keuntungan yang lebih besar. 

 

Selain itu, ia juga menyarankan untuk mencari peluang dalam situasi krisis. Di tengah pandemi, penjualan di Amazon meningkat secara signifikan.

 

  • Warren Buffett (102,5 miliar USD)

 

Warren Edward Buffet dikenal sebagai sosok terkemuka dalam dunia investasi. Ia dijuluki sebagai Oracle of Omaha karena keahliannya di bidang tersebut. 

 

Salah satu strategi yang digunakan oleh Buffett adalah dengan membeli saham di perusahaan-perusahaan yang dianggapnya undervalued namun dikelola dengan baik. Hal ini memungkinkannya untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

 

Tidak hanya itu, Buffett juga dikenal sebagai sosok yang memiliki filosofi investasi yang unik. Ia percaya bahwa investasi yang sukses memerlukan kesabaran, konsistensi, dan kemampuan untuk memilih saham yang tepat.

 

Selain menjadi investor sukses, Buffett juga dikenal sebagai filantropis yang sangat dermawan. Ia telah menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal dan kegiatan sosial.

 

  • George Soros (8,6 miliar USD)

 

George Soros, seorang investor terkaya di dunia yang lahir di Hungaria pada tahun 1930. Menurut Forbes, kekayaan George Soros mencapai US$8,6 miliar.

 

George Soros merupakan ahli investasi dalam dana lindung nilai (hedge fund) yang dikenal sebagai pengusaha karismatik dan cerdas sekaligus dermawan.

 

Dalam berinvestasi, Soros memiliki empat tips penting. Menemukan jenis investasi yang cocok, memanfaatkan kesalahan ekonomi, melakukan spekulasi dengan risiko tinggi, dan mengubah peruntungan hidup.

 

Tips investasi dari Soros ini dapat dijadikan inspirasi bagi para investor untuk memperoleh keuntungan yang optimal. Keberhasilan Soros dalam berinvestasi juga membuktikan bahwa pengalaman dan ketajaman dalam memahami kondisi pasar sangat penting dalam mengambil keputusan investasi yang tepat. 

 

  • Kenneth C. Griffin (57 miliar USD)

 

Kenneth C. Griffin adalah pengusaha dan pengelola investasi global yang sukses di dunia, sebagai pendiri perusahaan Citadel LLC yang berbasis di Amerika Serikat. Citadel LLC menjadi salah satu hedge fund atau dana lindung dengan nilai terbesar di dunia dengan mengelola aset sekitar 57 miliar USD.

 

Griffin mengandalkan teknik investasi kuantitatif yang erat kaitannya dengan ilmu matematika sebagai strategi dalam pengambilan keputusannya. Pria lulusan Harvard University ini juga mengumpulkan para ahli dari berbagai disiplin ilmu ke dalam perusahaannya untuk menerapkan strategi perdagangan yang didukung oleh teknologi.

 

Forbes mencatat Kenneth C. Griffin sebagai orang terkaya di posisi ke-40 dengan total kekayaan bersihnya saat ini mencapai US$31,1 miliar. Keberhasilan Griffin dalam mengelola investasi membuktikan bahwa keahlian dan kecerdasan dalam mengaplikasikan teknologi sangat penting dalam investasi yang sukses.

 

  • Jim Harris Simons (28,1 miliar USD)

 

Jim Harris Simons adalah seorang ahli matematika dan investor terkenal di seluruh dunia. Ia dikenal sebagai “Raja Quant” karena mengandalkan analisis kuantitatif dan algoritmik sepenuhnya dalam strategi investasinya. 

 

Simons mengidentifikasi pola pergerakan perdagangan keuangan yang berulang dari waktu ke waktu. Dengan mengidentifikasi pola yang menunjukkan suatu siklus, Simons dapat memprediksi pergerakan harga dan memperoleh keuntungan. 

 

Model matematika yang digunakan juga dinamis dan dapat disesuaikan dengan parameter perubahan zaman, sehingga tetap efektif setiap saat. Forbes mencatat kekayaan bersih Simons saat ini mencapai 28,1 miliar USD.

 

  • Ray Dalio (18,1 miliar USD)

 

Ray Dalio adalah seorang investor miliarder dan pendiri salah satu hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates, yang mengelola aset sekitar 150 miliar USD. Ia menganut beberapa prinsip investasi, salah satunya adalah mempelajari tren untuk menemukan peluang dan mengidentifikasi risiko.

 

Ia juga dikenal dengan strategi investasi yang terkenal yaitu portofolio All Weather, yang berisi alokasi 7,5 persen untuk emas. Portofolio All Weather adalah alokasi khas Dalio untuk mengelola dana investasi melalui masa ekonomi yang sulit seperti inflasi.

 

Sebagai seorang investor makro, Dalio fokus pada tren ekonomi dan pengaruhnya pada investasi. Ia juga percaya bahwa keberhasilan dalam investasi tergantung pada memahami prinsip-prinsip alami yang mendasari pergerakan pasar. Forbes mencatat total kekayaan bersih Dalio saat ini mencapai 18,1 miliar USD.

 

Baca Juga: Arus Kas dari Aktivitas Investasi: Panduan Cara Menghitungnya

 

  • Carl Celian Icahn (17,6 miliar USD)

 

Carl Celian Icahn adalah seorang investor yang dikenal berani mengambil risiko. Ia sering disebut sebagai Corporate Raider karena membeli sejumlah besar saham di perusahaan lain untuk mendapatkan saham mayoritas perusahaan tersebut. 

 

Melalui perusahaannya, Icahn Enterprises, ia mampu mendapatkan keuntungan hingga lebih dari 30 persen dari perusahaan-perusahaan yang diakuisisi.

 

Icahn juga menjadi penguasa perusahaan tambang terbesar di Amerika Serikat, PT Freeport McMoran Inc (FCX), pada tahun 2015 setelah membeli 88 juta lembar saham dan memiliki 9,1 persen kepemilikan dari perusahaan tersebut. Forbes mencatat kekayaan bersih Icahn saat ini mencapai 17,6 miliar USD.

 

  • Roland Perelman (14, 6 miliar USD)

 

Ronald Perelman adalah seorang pebisnis dan investor terkenal yang menjadi pemilik perusahaan MacAndrews and Forbes Incorporated. Ia belajar investasi dari ayahnya yang juga seorang pebisnis dan pemilik American Paper Products Corporation.

 

Dengan ketekunan dan keahliannya, Ronald Perelman berhasil meraih kesuksesan di dunia investasi dan bisnis, dan kini menjadi salah satu investor terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai 14,6 miliar USD menurut Forbes.

 

Hal ini tak lepas dari ketekunan dan kerja kerasnya selama mengusahakan beberapa perusahaan strategisnya. Itu sebabnya, Ronald Perelman berhasil menginspirasi banyak investor muda untuk meneladaninya.

 

  •  Ray Dalio (16,9 miliar USD)

 

Ray Dalio adalah contoh nyata bahwa untuk menjadi investor saham terkaya di dunia, dibutuhkan kerja keras dan konsistensi. Pada usia 12 tahun, ia telah mulai mengumpulkan uang untuk membeli saham Northeast Airlines seharga $300. 

 

Setelah lulus dari Harvard Business School pada tahun 1975, ia mendirikan Bridgewater, sebuah perusahaan investasi yang semakin terkenal seiring berjalannya waktu dan berhasil meraih gelar perusahaan pengelola hedge fund terbesar pada tahun 2011 dengan aset senilai 160 miliar USD. 

 

Saat ini, kekayaan Ray Dalio mencapai 16,9 miliar USD. Kini ia juga dikenal sebagai salah satu pakar trader terkemuka di dunia, di mana pemikirannya mendominasi keputusan ekonomi global.

 

Baca Juga: 7 Tips Cerdas Investasi Pakai Uang THR, Makin Cuan!

 

Investor saham terkaya di dunia memiliki kebiasaan dan strategi yang berhasil dalam investasi saham, seperti fokus pada jangka panjang, berinvestasi pada perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif, menjaga risiko, dan fokus pada nilai intrinsik perusahaan.

 

Jika Anda ingin menjadi investor saham terkaya di dunia, mulailah dengan belajar dan melakukan riset, membuat rencana investasi, mengelola risiko, dan terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan kesabaran, disiplin, dan strategi yang tepat, siapa saja bisa menjadi investor saham yang sukses.

6226 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
405 Suka