06 January 2024
3 menit baca

10 Ciri-ciri Platform Investasi yang Aman dan Transparan

3 menit baca

platform investasi aman transparan

 

Investasi adalah salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mengembangkan kekayaan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Namun, investasi juga melibatkan risiko, dan pemilihan aplikasi investasi yang aman sangat penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri utama platform investasi yang aman dan pentingnya keamanan dalam berinvestasi.

 

  • Regulasi yang Kuat

 

Salah satu ciri utama platform investasi yang aman adalah regulasi yang kuat. Di Indonesia, otoritas yang mengatur industri keuangan adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Platform investasi yang tunduk pada regulasi OJK memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena mereka harus mematuhi aturan dan standar yang ditetapkan oleh otoritas tersebut.

 

Baca Juga: Istilah-Istilah di Securities Crowdfunding Bizhare yang Wajib Anda Ketahui

 

  • Transparansi

 

Transparansi adalah kunci dalam investasi yang aman. Platform aplikasi investasi yang aman akan memberikan informasi yang jelas dan transparan tentang produk investasi yang mereka tawarkan. Ini mencakup informasi tentang risiko, biaya yang terkait, dan kinerja historis produk investasi tersebut.

 

  • Reputasi yang Baik

 

Mengetahui reputasi platform investasi adalah langkah penting. Anda dapat mencari tahu tentang reputasi mereka dengan membaca ulasan dari pengguna sebelumnya, melakukan riset online, atau berkonsultasi dengan teman atau keluarga yang telah berinvestasi melalui platform tersebut. Platform dengan reputasi yang baik cenderung lebih aman.

 

  • Keamanan Data

 

Keamanan data adalah faktor kunci dalam investasi yang aman. Pastikan bahwa platform investasi memiliki langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi data pribadi dan keuangan Anda. Ini mencakup enkripsi data, penggunaan sertifikat keamanan, dan perlindungan terhadap akses yang tidak sah.

 

  • Diversifikasi

 

Platform aplikasi yang baik akan menawarkan beragam produk investasi, seperti saham, obligasi, reksa dana, dan aset lainnya. Diversifikasi dapat membantu mengurangi risiko investasi karena Anda tidak menggantungkan seluruh portofolio Anda pada satu jenis aset.

 

  • Layanan Pelanggan yang Baik

 

Layanan pelanggan yang baik sangat penting. Anda perlu bisa menghubungi platform investasi jika ada pertanyaan atau masalah. Platform investasi yang aman akan memiliki tim layanan pelanggan yang responsif dan membantu.

 

  • Mematuhi Peraturan Anti-Pencucian Uang (APU)

 

Platform yang aman akan mematuhi peraturan APU yang ketat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan dana ilegal. Mereka akan memerlukan identifikasi dan verifikasi pelanggan serta melaporkan aktivitas mencurigakan kepada pihak berwenang.

 

  • Berikan Edukasi Keuangan yang Masif

 

Platform investasi yang aman akan memberikan sumber daya pendidikan kepada investor. Mereka dapat menyediakan panduan investasi, informasi pasar, dan alat yang membantu Anda membuat keputusan investasi yang lebih baik. Semakin banyak Anda tahu, semakin baik Anda dapat mengelola investasi Anda.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

  • Biaya yang Transparan

 

Periksa biaya yang terkait dengan berinvestasi melalui aplikasi tersebut. Hal tersebut mencakup biaya transaksi, biaya administrasi, dan biaya lainnya. Platform yang aman akan memberikan informasi yang jelas tentang semua biaya ini sehingga Anda dapat menghitung potensi pengembalian investasi Anda dengan akurat.

 

  • Kinerja Historis yang Baik

 

Kinerja historis adalah ciri penting yang harus dievaluasi dalam memilih platform investasi yang aman. Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi melalui platform tertentu, penting untuk memahami bagaimana produk investasi yang mereka tawarkan telah berkinerja di masa lalu. Platform yang aman akan menyediakan informasi tentang kinerja historis ini dengan jelas.

 

Tentang Platform Securities Crowdfunding Bizhare, Investasi Mulai dari Rp1 Juta

 

Bizhare merupakan platform investasi yang berdiri sejak tahun 2018. Dalam menyelenggarakan investasi, Bizhare menggunakan skema urun dana dan sudah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding dengan No. SK: 38/D.04/2021.

 

Hal ini menjadikan Bizhare sebagai platform aplikasi investasi urun dana yang terjamin legal, transparan, dan aman. Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu untuk berinvestasi di Bizhare. 

 

Dalam hal sistem keamanan data, Bizhare juga telah diaudit dan mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. 

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare untuk selalu menjaga system management keamanan informasi, termasuk di dalamnya adalah data pribadi para pengguna aplikasi Bizhare. Jadi, bisa dipastikan bahwa data Anda aman dan tidak akan bocor!

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Keamanan dalam berinvestasi adalah aspek kunci dalam mengelola keuangan Anda dengan bijak. Pastikan untuk melakukan riset menyeluruh sebelum memilih platform investasi dan jangan ragu untuk menghubungi penasehat keuangan jika Anda merasa perlu. 

 

Dengan berinvestasi melalui platform yang aman, Anda dapat mengambil langkah penting menuju pencapaian tujuan keuangan Anda dengan lebih percaya diri.

389 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
61 Suka