10 July 2024
5 menit baca

10 Keuntungan Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri, Lebih Hemat!

5 menit baca

Keuntungan Pakai Kartu Kredit di Luar Negeri

 

Menggunakan kartu kredit saat bepergian ke luar negeri memiliki banyak keuntungan yang sering kali tidak disadari oleh para pelancong. Dari kemudahan transaksi hingga poin reward yang menguntungkan, kartu kredit menjadi alat pembayaran yang sangat praktis dan efisien. Artikel ini akan membahas lebih rinci tentang berbagai manfaat menggunakan kartu kredit saat berada di luar negeri.

 

  • Kemudahan Transaksi

 

Keuntungan pertama yang dimiliki kartu kredit saat bepergian ke luar negeri adalah kemudahan transaksi. Anda tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar, yang bisa berisiko hilang atau dicuri. Dengan kartu kredit, Anda dapat melakukan transaksi di berbagai tempat, seperti restoran, hotel, dan pusat perbelanjaan, tanpa harus khawatir tentang ketersediaan mata uang lokal.

 

Selain itu, kartu kredit diterima di banyak negara dan oleh banyak merchant, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kesulitan dalam melakukan pembayaran. Banyak tempat di luar negeri, terutama di negara maju, lebih suka menerima pembayaran dengan kartu kredit daripada uang tunai. Ini memberikan Anda fleksibilitas lebih dalam mengatur pengeluaran selama perjalanan.

 

Baca Juga: 12 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak dan Cermat

 

  • Nilai Tukar yang Kompetitif

 

Menggunakan kartu kredit di luar negeri juga memberikan keuntungan dalam hal nilai tukar mata uang. Bank penerbit kartu kredit umumnya menawarkan nilai tukar yang lebih kompetitif dibandingkan dengan tempat penukaran uang biasa seperti di bandara atau hotel. Hal ini dapat membantu Anda menghemat uang saat melakukan pembelian dalam mata uang asing.

 

Lebih lanjut, beberapa kartu kredit menawarkan transparansi nilai tukar, yang memungkinkan Anda mengetahui berapa jumlah uang yang akan dibebankan pada tagihan kartu kredit Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah mengelola anggaran dan memastikan tidak ada kejutan yang tidak menyenangkan saat menerima tagihan bulanan.

 

  • Program Reward dan Cashback

 

Banyak kartu kredit menawarkan program reward dan cashback untuk setiap transaksi yang dilakukan, termasuk saat berada di luar negeri. Dengan menggunakan kartu kredit untuk berbagai pembelian, Anda bisa mengumpulkan poin reward yang dapat ditukarkan dengan berbagai keuntungan, seperti diskon tiket pesawat, penginapan gratis, atau bahkan uang tunai.

 

Program cashback juga memberikan keuntungan finansial langsung bagi pengguna kartu kredit. Anda bisa mendapatkan sebagian dari pengeluaran Anda kembali dalam bentuk uang tunai atau kredit di tagihan kartu kredit Anda. Program-program ini memberikan nilai tambah yang signifikan, terutama bagi pelancong yang sering bepergian.

 

Baca Juga: 10 Bank dengan Suku Bunga Tertinggi di 2024

 

  • Keamanan dan Perlindungan

 

Keamanan adalah salah satu keunggulan utama menggunakan kartu kredit dibandingkan dengan uang tunai. Jika kartu kredit Anda hilang atau dicuri, Anda bisa segera melaporkannya ke bank penerbit untuk memblokir kartu tersebut dan mencegah penggunaan yang tidak sah. Proses ini biasanya cepat dan efisien, memberikan Anda ketenangan pikiran selama perjalanan.

 

Selain itu, banyak kartu kredit dilengkapi dengan fitur perlindungan pembelian dan asuransi perjalanan. Perlindungan pembelian memberikan jaminan jika barang yang Anda beli rusak atau hilang, sementara asuransi perjalanan meliputi berbagai kejadian tak terduga seperti pembatalan perjalanan, keterlambatan penerbangan, atau kebutuhan medis darurat. Fitur-fitur ini memberikan lapisan perlindungan tambahan yang sangat berharga saat bepergian.

 

  • Kemudahan Pelacakan Pengeluaran

 

Menggunakan kartu kredit juga memudahkan Anda dalam melacak pengeluaran selama bepergian. Semua transaksi akan tercatat secara otomatis di laporan bulanan kartu kredit Anda, sehingga Anda bisa melihat dan mengelola pengeluaran dengan lebih mudah. Beberapa kartu kredit bahkan menyediakan aplikasi mobile yang memungkinkan Anda untuk memantau transaksi secara real-time.

 

Pelacakan pengeluaran yang efisien membantu Anda mengontrol anggaran perjalanan dan mengidentifikasi area di mana Anda mungkin perlu mengurangi pengeluaran. Dengan demikian, Anda bisa membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan menghindari pengeluaran berlebihan yang bisa mengganggu keuangan Anda setelah kembali dari perjalanan.

 

Baca Juga: 5 Cara Cek Rekening Penipu, Dijamin Kredibel

 

  • Akses ke Layanan Darurat

 

Beberapa penerbit kartu kredit menawarkan layanan darurat bagi para pemegang kartu yang sedang bepergian ke luar negeri. Layanan ini bisa berupa penggantian kartu darurat, penarikan tunai darurat, atau bantuan medis dan hukum. Dengan memiliki akses ke layanan darurat ini, Anda bisa merasa lebih tenang dan aman selama bepergian.

 

Layanan darurat ini sangat berguna dalam situasi tak terduga, seperti kehilangan kartu kredit atau kebutuhan mendesak lainnya. Bank penerbit kartu kredit seringkali memiliki jaringan internasional yang memungkinkan mereka memberikan bantuan cepat di berbagai negara, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika menghadapi situasi darurat.

 

  • Fleksibilitas Pembayaran

 

Kartu kredit memberikan fleksibilitas pembayaran yang tidak dimiliki oleh uang tunai atau kartu debit. Anda dapat memilih untuk membayar penuh tagihan kartu kredit setiap bulan atau mencicil pembayaran dalam beberapa bulan. Fleksibilitas ini sangat berguna jika Anda menghadapi pengeluaran besar yang tidak terduga selama bepergian.

 

Dengan opsi pembayaran cicilan, Anda bisa mengatur keuangan Anda dengan lebih baik tanpa harus khawatir tentang keterbatasan anggaran. Beberapa kartu kredit bahkan menawarkan bunga rendah atau tanpa bunga untuk periode tertentu, memberikan Anda lebih banyak waktu untuk melunasi tagihan tanpa menambah beban finansial yang signifikan.

 

  • Penawaran dan Diskon Eksklusif

 

Banyak penerbit kartu kredit bekerja sama dengan berbagai merchant internasional untuk menawarkan penawaran dan diskon eksklusif bagi pemegang kartu. Penawaran ini bisa berupa diskon di restoran, toko, atau atraksi wisata. Dengan memanfaatkan penawaran dan diskon ini, Anda bisa menikmati lebih banyak keuntungan dan menghemat uang selama bepergian.

 

Penawaran eksklusif ini sering kali berubah dan diperbarui secara berkala, sehingga selalu ada peluang untuk menemukan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan demikian, menggunakan kartu kredit saat bepergian bisa memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan hemat biaya.

 

  • Kemudahan Pembayaran Tagihan

 

Saat menggunakan kartu kredit di luar negeri, Anda tetap bisa membayar tagihan kartu kredit dengan mudah melalui berbagai metode pembayaran yang disediakan oleh bank penerbit, seperti transfer bank, internet banking, atau aplikasi mobile. Kemudahan ini memastikan bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang keterlambatan pembayaran yang bisa berdampak pada skor kredit Anda.

 

Kemudahan pembayaran tagihan ini juga memungkinkan Anda untuk mengelola keuangan dengan lebih efisien, bahkan saat Anda masih berada di luar negeri. Anda bisa mengatur pembayaran otomatis atau mengakses akun Anda secara online untuk memastikan tagihan dibayar tepat waktu.

 

  • Pengalaman Bepergian yang Lebih Nyaman

 

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, menggunakan kartu kredit saat bepergian ke luar negeri bisa membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Anda tidak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah besar, bisa menikmati berbagai penawaran dan diskon eksklusif, serta mendapatkan perlindungan tambahan selama perjalanan.

 

Menggunakan kartu kredit juga memberikan Anda fleksibilitas dan ketenangan pikiran, sehingga Anda bisa fokus menikmati perjalanan tanpa khawatir tentang masalah keuangan. Dengan perencanaan yang tepat dan pemilihan kartu kredit yang sesuai, Anda bisa memaksimalkan manfaat dan menikmati pengalaman bepergian yang lebih baik.

 

Baca Juga: Nikmati Lifestyle Berkelas dengan Voucher Spesial Bizhare

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

169 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
36 Suka