10 July 2024
4 menit baca

Apa itu Kartu Pekerja, Syarat, & Cara Daftarnya

4 menit baca

 Kartu Prakerja adalah

 

Kartu Prakerja adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerja dan daya saing tenaga kerja melalui pelatihan dan bantuan biaya hidup. Diluncurkan pada tahun 2020, program ini telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang terdampak oleh pandemi COVID-19. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu Kartu Prakerja, manfaatnya, dan cara mengakses program ini.

 

Apa itu Kartu Prakerja?

 

Dilansir situs resmi prakerja.go.id, Kartu Prakerja adalah program beasiswa pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Program ini ditujukan bukan hanya untuk pencari kerja, tapi juga mereka yang sudah bekerja maupun buruh yang ingin mendapatkan peningkatan skill atau kompetensi, juga pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

 

Kerennya, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja (Perpres 36/2020), program Kartu Prakerja memberikan akses kepada berbagai jenis pelatihan dan kursus yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. Peserta yang terdaftar dalam program ini akan menerima bantuan biaya untuk mengikuti pelatihan serta insentif setelah menyelesaikan pelatihan.

 

Manfaat Kartu Prakerja

 

Kartu Prakerja menjadi upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, program ini tidak hanya membantu individu dalam meningkatkan keterampilan mereka, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

 

  • Meningkatkan Keterampilan dan Kompetensi

Dengan mengikuti pelatihan yang disediakan oleh Kartu Prakerja, peserta dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka dalam berbagai bidang. Ini sangat penting dalam era digital saat ini, di mana kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi baru menjadi kunci keberhasilan.

 

  • Mendapatkan Insentif Finansial

Selain pelatihan, peserta Kartu Prakerja juga mendapatkan insentif finansial yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk biaya hidup selama mencari pekerjaan. Ini memberikan dukungan ekonomi yang signifikan bagi peserta.

 

  • Peluang Kerja yang Lebih Baik

Dengan keterampilan dan sertifikasi yang diperoleh dari program Kartu Prakerja, peserta memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Perusahaan sering mencari kandidat yang memiliki keterampilan terbaru dan relevan, dan Kartu Prakerja membantu memenuhi kebutuhan ini.

 

  • Mendorong Kewirausahaan

Bagi peserta yang tertarik untuk memulai usaha sendiri, Kartu Prakerja menyediakan pelatihan kewirausahaan yang dapat membantu mereka dalam merencanakan dan menjalankan bisnis. Ini adalah langkah penting dalam menciptakan lapangan kerja, melahirkan peluang usaha baru, dan mengurangi tingkat pengangguran.

 

  • Akses ke Jaringan Profesional

Program Kartu Prakerja juga memberikan akses kepada peserta untuk bergabung dalam komunitas profesional dan jaringan kerja. Ini membantu mereka dalam membangun koneksi yang bermanfaat untuk karir mereka di masa depan.

 

Baca Juga: 21 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Cepat Cuan!

 

Syarat Program Kartu Prakerja Gelombang Terbaru

 

Setiap tahun, program Kartu Prakerja dibuka dan menarik lebih dari ribuan peserta. Berikut syarat mendaftar program Kartu Prakerja yang perlu diperhatikan para calon pendaftar.

 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia minimal 18 tahun ke atas, maksimal berusia 64 tahun.
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  4. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK.
  5. Pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja seperti pekerja buruh yang dirumahkan.
  6. Bukan penerima upah termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
  7. Maksimal memiliki 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi penerima Kartu Prakerja.
  8. Bukan pejabat negara, anggota DPRD, aparatur sipil negara, anggota TNI/Polri, atau direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN dan BUMD.
  9. Bukan penerima bantuan sosial seperti PKH, BPNT, BLT atau lainnya.

 

Tahapan Program Kartu Prakerja

 

Setelah memenuhi beberapa persyaratan di atas, berikut tahapan cara mendaftar program Kartu Prakerja bagi yang belum pernah mendaftar atau belum memiliki akun.

 

  1. Buka situs web resmi https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  2. Buat akun Prakerja, masukkan alamat email dan password.
  3. Lengkapi data diri dengan memasukkan 16 digit NIK, 16 digit KK, serta tanggal lahir peserta.
  4. Masukkan nama lengkap, alamat sesuai KTP, dan data lainnya. Kemudian klik “Lanjut“.
  5. Verifikasi KTP dengan mengunggah foto e-KTP untuk lanjut ke tahap berikutnya klik “Gunakan Foto“.
  6. Verifikasi wajah dengan mengikuti panduan yang telah tertera. Kemudian klik “Scan Wajah” dengan cara mengedipkan mata.
  7. Jawab pertanyaan tentang alasan mengikuti Kartu Prakerja.
  8. Isi pertanyaan mengenai pelatihan yang diminati dan keterampilan.
  9. Verifikasi nomor HP yang masih aktif.
  10. Isi pertanyaan mendaftar sesuai kondisi peserta dengan jujur.
  11. Ikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD).

 

Cara Masuk Akun Prakerja

 

Bagi peserta yang sudah pernah mendaftar sebelumnya, berikut adalah langkah-langkah untuk masuk ke akun Prakerja mereka.

 

  1. Buka situs web Kartu Prakerja.
  2. Masukkan alamat email dan password akun yang sudah terdaftar.
  3. Verifikasi dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui email.
  4. Masukkan 6 digit kode OTP.
  5. Peserta sudah dapat masuk ke akun Prakerja.

 

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Bagi yang Telah Memiliki Akun

 

Bagi peserta yang telah memiliki akun dan ingin mendaftar pada gelombang terbaru, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti.

 

  1. Buka situs web Kartu Prakerja.
  2. Masukkan email dan kata sandi, lalu klik “Daftar“.
  3. Buka email yang telah didaftarkan sebelumnya, klik tautan verifikasi.
  4. Kembali ke situs web Kartu Prakerja, kemudian login menggunakan email dan kata sandi yang telah didaftarkan sebelumnya.
  5. Lengkapi profil dengan data diri dan informasi lainnya yang dibutuhkan.
  6. Ikuti tes kemampuan dasar dan tes wawasan kebangsaan yang disediakan.
  7. Pilih menu “Gabung Gelombang“.
  8. Tunggu pengumuman kelulusan yang akan dikirimkan melalui SMS atau email.

 

Baca Juga: 10 Tips Hidup Hemat ala Anak Rantau

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam aneka bisnis franchise dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang terverifikasi dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

82 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
13 Suka