30 April 2024
3 menit baca

Mengenal Jurnal Pembagian Dividen dan Contohnya

3 menit baca

jurnal pembagian dividen bizhare

 

Pembagian dividen adalah salah satu keputusan penting yang diambil oleh perusahaan setelah meraih keuntungan. Proses ini dicatat dalam jurnal akuntansi untuk mencatat transaksi secara akurat dan transparan. Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang jurnal pembagian dividen, termasuk langkah-langkahnya dan contoh pencatatan.

 

Pengertian Jurnal Pembagian Dividen

 

Jurnal pembagian dividen adalah catatan akuntansi yang mencatat distribusi dividen kepada pemegang saham suatu perusahaan. Jurnal ini mencatat pengurangan kas perusahaan dan kredit terhadap akun dividen yang akan dibayarkan kepada pemegang saham. 

 

Jurnal pembagian dividen biasanya terdiri dari dua entri: pertama, pencatatan pengurangan kas perusahaan dan kredit terhadap dividen yang akan dibayarkan, dan kedua, pencatatan debit terhadap dividen yang akan dibayarkan dan kredit terhadap kas perusahaan. Dengan adanya jurnal ini, perusahaan dapat melacak dengan jelas pembagian dividen kepada pemegang sahamnya.

 

Baca Juga: Jurnal Perpetual: Pengertian dan Contohnya

 

Cara Membuat Jurnal Pembagian Dividen

 

Untuk membuat jurnal pembagian dividen, Anda perlu memahami bahwa dividen adalah bagian dari laba bersih perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Berikut adalah langkah-langkah membuat jurnal pembagian dividen

 

  1. Penetapan Dividen: Dewan Direksi menetapkan jumlah dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham.
  2. Pencatatan Keputusan: Catat keputusan pembagian dividen, termasuk jumlah dividen per saham, dalam rapat dewan direksi.
  3. Pencatatan Dividen yang Ditetapkan: Catat dividen yang ditetapkan sebagai kewajiban perusahaan kepada pemegang saham.
  4. Pembayaran Dividen: Bayar dividen kepada pemegang saham. Catat pembayaran dividen dalam jurnal pembayaran kas perusahaan.
  5. Pencatatan Dividen yang Dibayarkan: Setelah pembayaran dividen, catat dividen yang dibayarkan dalam jurnal umum perusahaan.

 

Baca Juga: Money Market: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

 

Contoh Jurnal Pembagian Dividen

 

Pada tanggal 1 Januari 2024, PT Sejahtera mengumumkan dividen tunai sebesar Rp10.000.000 untuk pembagian kepada pemegang saham. Perusahaan memiliki 1.000 saham yang beredar, sehingga dividen per sahamnya adalah Rp10.000 (Rp10.000.000 ÷ 1.000 saham).

 

Setelah keputusan pembagian dividen ditetapkan, PT Sejahtera mencatatnya dalam jurnal akuntansi sebagai dividen yang ditetapkan sebesar Rp10.000.000 dengan mencatatnya sebagai dividen berbayar. Kemudian, perusahaan membayar dividen tersebut kepada pemegang saham dengan mencatat transaksi pembayaran dalam jurnal kas.

 

Berikut adalah pencatatan dividen dalam bentuk tabel:

 

jurnal pembagian dividen bizhare

 

Jurnal pembagian laba adalah langkah penting dalam akuntansi perusahaan untuk mencatat pembagian laba kepada pemegang saham. Dengan pencatatan yang akurat, perusahaan dapat melacak dan melaporkan dividen dengan transparan dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

 

Investasi Crowdfunding lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Salah satunya, Anda bisa berinvestasi di aneka jenis platform crowdfunding seperti Bizhare. Bizhare menyediakan layanan investasi dengan jumlah mulai dari Rp10 juta. Secara eksklusif, Bizhare juga menawarkan investasi khusus dengan nilai mulai dari Rp50 juta, tentunya dengan jaminan dividend yield yang lebih besar.

 

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bizhare, salah satunya adalah kenyamanan dalam berinvestasi dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu, Bizhare telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memberikan perlindungan tambahan bagi para investor.

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

272 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
31 Suka