16 June 2024
4 menit baca

Kaya Raya, Ini 10 Tips Hidup Hemat ala Warren Buffett!

4 menit baca

Tips Hidup Hemat Warren Buffett

 

Siapa yang tidak familiar dengan nama Warren Buffett? Ia adalah salah satu investor terkaya dan tersukses di dunia. Bahkan, namanya masuk dalam peringkat kelima dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes, di mana kekayaannya diperkirakan mencapai 113,6 miliar USD atau Rp1.691,05 triliun.

 

Meskipun memiliki kekayaan dalam jumlah fantastis, namun hal tersebut tidak menjadikan Warren hidup bergelimang harta. Sebaliknya, Warren Buffett menerapkan gaya hidup frugal living yang menginspirasi banyak orang. 

 

Tips Hidup Hemat ala Warren Buffett

 

Warren Buffett, yang dikenal sebagai salah satu investor paling sukses di dunia, juga terkenal dengan gaya hidupnya yang hemat. Berikut adalah penjelasan rinci tentang berbagai tips hidup hemat dari Warren Buffett yang dapat diterapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari.

 

  • Tinggal di Rumah yang Sama selama Puluhan Tahun

Warren Buffett masih tinggal di rumah yang ia beli pada tahun 1958 seharga $31.500 di Omaha, Nebraska. Rumah ini tidak mewah, tetapi nyaman dan memenuhi kebutuhannya. 

 

Meskipun ia memiliki kekayaan yang melimpah, Buffett memilih untuk tidak menghamburkan uangnya pada properti mewah. Ia percaya bahwa rumah yang sederhana sudah cukup, dan uang dapat digunakan untuk investasi yang lebih produktif​​.

 

  • Hindari Utang

Buffett sangat menghindari utang, terutama utang dengan bunga tinggi seperti kartu kredit. Menurutnya, utang dapat menjadi penghalang utama dalam mencapai kebebasan finansial. 

 

Buffett lebih memilih untuk menggunakan uang tunai dalam pembelian sehari-hari, sehingga ia bisa menghindari bunga tinggi dan mengelola pengeluarannya dengan lebih baik​​.

 

Baca Juga: 10 Cara Melunasi Utang dengan Cepat Anti Terlilit

 

  • Berinvestasi di Aset Kualitas, Bukan Kuantitas

Buffett terkenal dengan prinsipnya untuk berinvestasi dalam perusahaan berkualitas dengan harga yang wajar. Prinsip ini juga dapat diterapkan dalam pembelian barang-barang sehari-hari. 

 

Membeli barang-barang yang tahan lama dan berkualitas tinggi mungkin memerlukan biaya awal yang lebih besar, tetapi akan lebih ekonomis dalam jangka panjang karena tidak perlu sering mengganti barang tersebut​​.

 

  • Sarapan Murah

Buffett sering membeli sarapan murah dari berbagai merek fast food dan memiliki anggaran harian yang ketat untuk makanan pagi. Ia biasanya menghabiskan kurang dari 3.17 USD untuk sarapan, meskipun dia mampu membeli makanan yang jauh lebih mahal. Hal ini menunjukkan bahwa hemat adalah kebiasaan yang baik dan bisa diterapkan oleh siapa saja, tidak peduli seberapa besar kekayaannya​.

 

  • Gunakan Kupon

Meskipun ia seorang miliarder, Buffett tidak malu untuk menggunakan kupon untuk mendapatkan diskon. Bill Gates pernah menceritakan bahwa Buffett menggunakan kupon saat mereka makan di sebuah gerai cepat saji. Ini menunjukkan bahwa menggunakan kupon adalah cara yang cerdas untuk menghemat uang, terlepas dari tingkat kekayaan Anda​​.

 

  • Investasi Sejak Dini dan Manfaatkan Bunga Majemuk

Salah satu rahasia sukses Buffett adalah memanfaatkan kekuatan bunga majemuk. Ia memulai investasi sejak usia muda dan terus berinvestasi secara konsisten. Semakin awal Anda mulai menabung dan berinvestasi, semakin besar manfaat bunga majemuk yang dapat Anda peroleh dalam jangka panjang​.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Deposito Bank BRI, BCA, Mandiri, dan BNI

 

  • Hindari Beli Barang-barang Tak Penting

Buffett menghindari pembelian yang tidak perlu, seperti gadget terbaru atau pakaian desainer. Dia lebih memilih untuk membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan yang memiliki nilai jangka panjang. Buffett percaya bahwa pengeluaran yang bijaksana adalah kunci untuk menjaga stabilitas keuangan​.

 

  • Beli Barang dengan Uang Tunai, Bukan Kartu Kredit

Buffett lebih sering menggunakan uang tunai daripada kartu kredit. Kebiasaan ini membantu menghindari bunga tinggi dan pengeluaran berlebihan. Dengan menggunakan uang tunai, Anda dapat lebih sadar akan pengeluaran Anda dan lebih mudah mengelola anggaran Anda​​.

 

  • Terus Belajar dan Upgrade Diri

Buffett menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca dan belajar, terus meningkatkan pemahamannya tentang pasar dan dunia secara umum. Dia percaya bahwa belajar seumur hidup adalah kunci untuk membuat keputusan yang lebih baik, baik dalam keuangan maupun dalam aspek lain kehidupan​ (Life is Positive)​.

 

  • Fokus pada Tujuan Keuangan Pribadi

Dalam era media sosial, mudah untuk tergoda membandingkan diri dengan orang lain. Buffett mengajarkan untuk fokus pada tujuan keuangan pribadi Anda sendiri daripada terpengaruh oleh gaya hidup orang lain. Dengan fokus pada apa yang benar-benar penting bagi Anda, Anda dapat mencapai tujuan finansial Anda lebih efektif​.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

Siapa itu Warren Buffett?

 

Warren Buffett adalah seorang investor, pengusaha, dan filantropis asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai salah satu investor paling sukses di dunia. Lahir pada 30 Agustus 1930 di Omaha, Nebraska, Buffett adalah ketua dan CEO dari Berkshire Hathaway, sebuah konglomerat multinasional yang memiliki banyak anak perusahaan di berbagai sektor industri.

 

Buffett dikenal dengan julukan “Oracle of Omaha” karena kemampuannya yang luar biasa dalam memprediksi pergerakan pasar saham dan menghasilkan keuntungan besar dari investasinya. Prinsip-prinsip investasi Buffett menekankan pentingnya memahami bisnis yang diinvestasikan, mencari nilai intrinsik, dan berinvestasi untuk jangka panjang.

 

Baca Juga: 10 Investor Saham Terkaya di Dunia, Tajir Melintir Berkat Investasi Saham!

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

192 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
55 Suka