18 April 2024
3 menit baca

7 Hal yang Harus Diwaspadai saat Berbelanja Online

3 menit baca

Hal yang harus diwaspadai saat berbelanja online

 

Belanja online telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang, terutama di era digital saat ini. Namun, meskipun memberikan kemudahan, berbelanja online juga memiliki risiko tertentu. Untuk memastikan pengalaman belanja online Anda tetap aman dan nyaman, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berbelanja online.

 

  • Periksa Keamanan Website

 

Keamanan website sangat penting saat berbelanja online. Pastikan website tempat Anda berbelanja menggunakan koneksi aman, ditandai dengan adanya kunci gembok atau HTTPS di URL-nya. HTTPS menunjukkan bahwa informasi yang Anda masukkan, seperti detail kartu kredit, akan dienkripsi sehingga tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang. 

 

Sebelum memasukkan informasi sensitif, tips belanja online aman selanjutnya pastikan juga bahwa alamat website terlihat benar. Jangan sampai ada kesalahan penulisan yang mencurigakan. Bisa jadi, itu adalah situs scam.

 

Baca Juga: Daftar Jenis & Ciri-ciri Penipuan Online yang Terjadi di Indonesia

 

  • Pentingnya Review

 

Ulasan dan testimoni dari konsumen sebelumnya adalah sumber informasi berharga tentang produk atau layanan yang Anda minati. Ulasan ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kualitas, keandalan, dan kepuasan konsumen terhadap produk atau layanan tersebut. Sebelum memutuskan untuk membeli, luangkan waktu untuk membaca beberapa ulasan dari berbagai sumber untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik.

 

  • Cek Kebijakan Pengembalian 

 

Kebijakan pengembalian barang dari toko online bisa bervariasi. Beberapa toko online mungkin menawarkan kebijakan pengembalian yang longgar, sementara yang lain mungkin memiliki kebijakan yang lebih ketat. Penting untuk membaca dan memahami kebijakan pengembalian barang sebelum melakukan pembelian. Pastikan Anda tahu apa yang harus dilakukan jika produk yang Anda beli tidak sesuai dengan harapan atau mengalami masalah.

 

Baca Juga: Kuasai Rumus Mengatur Keuangan Ini dan Raih Financial Freedom!

 

  • Hati-hati dengan Penawaran yang Terlalu Bagus

 

Penawaran diskon atau harga yang terlalu murah mungkin saja tidak asli atau menipu. Beberapa penipuan online menggunakan harga yang sangat murah untuk menarik calon pembeli. Sebelum membeli, pastikan untuk memeriksa reputasi toko online tersebut dan pastikan bahwa penawaran yang mereka berikan masuk akal dan realistis. Jika penawaran terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin lebih baik untuk memilih toko online lain yang lebih terpercaya.

 

  • Jangan Gunakan Jaringan WiFi Umum

 

Menggunakan jaringan WiFi umum, seperti di kafe atau bandara, dapat meningkatkan risiko keamanan saat berbelanja online. Jaringan Wi-Fi umum rentan terhadap serangan hacker yang dapat mencuri informasi pribadi Anda, seperti detail kartu kredit. 

 

Sebaiknya gunakan jaringan pribadi yang lebih aman, seperti jaringan seluler atau VPN (Virtual Private Network), saat melakukan transaksi online agar informasi Anda tetap terlindungi. Jika Anda tidak dapat menghindari penggunaan jaringan Wi-Fi umum, pastikan untuk tidak melakukan transaksi keuangan atau memasukkan informasi sensitif lainnya saat terhubung dengan jaringan tersebut.

 

  • Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

 

Ketika berbelanja online, pastikan untuk menggunakan metode pembayaran yang aman. Metode pembayaran seperti kartu kredit atau layanan pembayaran online yang terpercaya biasanya memiliki lapisan keamanan tambahan. Hindari menggunakan metode pembayaran seperti transfer bank langsung ke rekening pribadi, karena hal ini dapat meningkatkan risiko penipuan.

 

  • Perhatikan Phishing dan Scam

 

Phishing adalah upaya penipuan online yang bertujuan untuk mencuri informasi pribadi, seperti password atau informasi kartu kredit, dengan menyamar sebagai entitas yang tepercaya. Scam atau penipuan online juga dapat terjadi melalui email atau pesan yang mencurigakan. Untuk menghindari menjadi korban, selalu waspada terhadap email atau pesan yang mencurigakan dan jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada pihak yang tidak dikenal.

 

Baca Juga: Waspada Quishing, Phishing Melalui QR Code

 

Cari Promo dan Diskon Menarik? Investasi di Bizhare, Yuk! 

 

Manfaatkan promo dan diskon yang tersedia untuk menghemat pengeluaran belanja bulanan. Anda dapat mencari promo dan diskon di supermarket, restoran, atau warung makan terdekat. Sebelum berbelanja, pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk agar Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencari promo dan diskon untuk pembayaran tagihan, transportasi, atau kebutuhan lainnya yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Salah satunya, jika Anda sering berinvestasi di Bizhare, Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

98 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
25 Suka