28 March 2024
3 menit baca

Kuasai Rumus Mengatur Keuangan Ini dan Raih Financial Freedom!

3 menit baca

rumus mengatur keuangan

 

Mengatur keuangan adalah langkah penting dalam #AmankanMasaDepanMu dan meraih financial freedom. Tanpa perencanaan yang matang, keuangan bisa menjadi beban yang terus menerus. Namun, tidak perlu khawatir. Dengan memahami beberapa rumus dasar, Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih efektif dan efisien.

 

Rumus Mengatur Keuangan yang Paling Sering Dipakai

 

Untuk membantu Anda mengatasi hal ini, berikut adalah beberapa rumus sederhana namun efektif yang dapat Anda terapkan dalam pengelolaan keuangan Anda.

 

  • Rumus 50-30-20

Salah satu rumus yang cukup populer dalam mengatur keuangan adalah rumus 50-30-20. Rumus ini mengalokasikan 50% dari penghasilan untuk kebutuhan pokok seperti makanan, tempat tinggal, dan transportasi. Sebanyak 30% dialokasikan untuk keinginan pribadi seperti hobi dan gaya hidup. Sementara itu, 20% digunakan untuk menabung, investasi, atau membayar utang.

 

Baca Juga: Cara Menghemat Keuangan dengan Metode 50/30/20

 

  • Rumus 70-20-10

Rumus ini memiliki prinsip yang mirip dengan rumus 50-30-20, namun dengan proporsi yang sedikit berbeda. Dalam rumus ini, 70% dari penghasilan digunakan untuk kebutuhan pokok, 20% untuk menabung, dan 10% untuk kebutuhan yang bersifat jangka panjang seperti investasi atau dana pensiun.

 

  • Rumus Pay Yourself First

Rumus ini menekankan pentingnya menabung secara otomatis sebelum menghabiskan uang untuk kebutuhan lain. Caranya adalah dengan menetapkan persentase tertentu dari penghasilan untuk ditabung setiap bulan sebelum mengalokasikan uang untuk kebutuhan lain.

 

  • Rumus Rule of 72

Rumus ini digunakan untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menggandakan investasi dengan suku bunga tertentu. Caranya adalah dengan membagi angka 72 dengan tingkat pengembalian investasi yang diharapkan. Misalnya, jika tingkat pengembalian investasi adalah 8% per tahun, maka investasi akan menggandakan nilainya dalam 9 tahun (72 ÷ 8 = 9).

 

  • Rumus 4-Week Rule

Rumus ini berguna untuk menghindari utang yang tidak perlu. Aturan ini menyatakan bahwa sebelum membeli sesuatu yang tidak diperlukan, Anda harus menunggu setidaknya 4 minggu. Jika setelah 4 minggu Anda masih merasa membutuhkannya, baru pertimbangkan untuk membelinya.

 

Baca Juga: Cara Mempersiapkan Dana Pensiun dengan 4% Rule

 

Cara Mengatur Keuangan di Tahun 2024

 

Mengatur keuangan di tahun 2024 adalah langkah penting untuk mencapai stabilitas finansial. Berikut adalah beberapa langkah praktis yang dapat Anda lakukan:

 

  1. Buat Anggaran Bulanan: Tentukan penghasilan dan biaya tetap Anda, seperti sewa, tagihan, dan cicilan. Sisihkan sebagian untuk tabungan dan dana darurat.
  2. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting: Tinjau kembali kebiasaan belanja dan kurangi pengeluaran yang tidak perlu. Fokuslah pada kebutuhan utama.
  3. Investasikan Uang Anda: Pelajari opsi investasi yang sesuai dengan tujuan dan risiko yang dapat Anda terima. Mulai dengan jumlah kecil jika Anda pemula.
  4. Lunasi Utang: Prioritaskan untuk melunasi utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu. Ini dapat membantu mengurangi beban keuangan Anda.
  5. Asuransi dan Proteksi: Pastikan Anda memiliki perlindungan asuransi yang memadai untuk diri sendiri dan keluarga Anda, seperti asuransi kesehatan dan jiwa.
  6. Rencanakan Pensiun: Mulailah merencanakan masa pensiun Anda sejak dini dengan mempertimbangkan dana pensiun dan investasi jangka panjang.
  7. Tingkatkan Literasi Keuangan: Tingkatkan pengetahuan keuangan Anda dengan membaca buku, mengikuti seminar, atau berkonsultasi dengan ahli keuangan.
  8. Evaluasi dan Koreksi: Tinjau kembali rencana keuangan Anda secara berkala dan sesuaikan jika ada perubahan dalam keadaan finansial Anda.

 

Baca Juga: AWAS! Inilah Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2024

 

Investasi lewat Bizhare dan #AmankanMasaDepanMu Sekarang

 

Mengelola investasi dengan bijak menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi yang makin tidak bisa ditebak. Salah satu cara untuk melindungi diri dari dampak risiko penyusutan nilai ekonomi adalah dengan melakukan investasi yang cerdas, cermat, dan terukur.

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, sukuk, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Dengan memiliki sumber passive income yang stabil, Anda dapat lebih siap menghadapi ketidakpastian ekonomi, khususnya selama resesi. Masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang

179 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
51 Suka