16 May 2023
4 menit baca

10 Tips Sukses Crowdfunding bagi Pebisnis Perempuan

4 menit baca

 

Di dunia bisnis yang terus berkembang, perempuan memiliki peran penting dan berpengaruh dalam menginspirasi perubahan dan mencapai kesuksesan. Itu sebabnya, banyak pebisnis perempuan yang memilih untuk memanfaatkan crowdfunding sebagai alat yang kuat untuk mendapatkan pendanaan.

 

Maka dari itu, berikut tips dan strategi khusus yang dapat membantu pebisnis perempuan mencapai kesuksesan dalam kampanye crowdfunding, sekaligus menggalang dukungan yang diperlukan untuk mewujudkan visi bisnis mereka.

 

  1. Susun Rencana yang Komprehensif

 

Buat rencana bisnis yang komprehensif dan terperinci sebelum memasukkan bisnis Anda ke dalam platform crowdfunding. Jelaskan visi, misi, tujuan, dan model bisnis Anda dengan jelas. 

 

Pastikan untuk menyoroti keunikan bisnis Anda dan dampak positif yang ingin Anda capai melalui pendanaan tersebut. Dengan demikian, penyelenggara maupun investor akan menaruh perhatian lebih pada bisnis Anda.

 

Baca Juga: Sistem Franchise: Panduan Lengkap untuk Memulai Bisnis Waralaba

 

  1. Persiapkan Materi Presentasi yang Kuat

 

Tips sukses crowdfunding bagi pebisnis perempuan selanjutnya adalah mempersiapkan materi presentasi yang kuat dan menarik. Tujuannya untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pendukung. 

 

Bizhare sangat menyarankan penggunaan foto, video, grafik, atau ilustrasi yang relevan untuk mendukung presentasi Anda. Pastikan untuk menyampaikan pesan Anda dengan jelas, menyoroti kekuatan bisnis Anda, dan menggugah emosi calon pendukung.

 

  1. Gambarkan Nilai-Nilai Sosial bagi Komunitas Perempuan

 

Sebagai pebisnis perempuan, jangan ragu untuk menyoroti nilai-nilai perempuan yang terkait dengan bisnis Anda. Ceritakan bagaimana bisnis Anda mendukung kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, atau dampak positif terhadap komunitas perempuan. 

 

Hal ini dapat menarik minat calon pendukung yang memiliki kesadaran sosial dan nilai-nilai yang sejalan dengan tujuan Anda. Dengan demikian, bisnis Anda semakin menarik minat para investor.

 

  1. Tampilkan Kredibilitas dan Kepercayaan

 

Tunjukkan kredibilitas dan kepercayaan kepada calon pendukung dengan memperlihatkan bukti konkret tentang kemajuan bisnis Anda. 

 

Nantinya, sertakan testimoni dari pelanggan yang puas, prestasi yang telah diraih, atau penghargaan yang telah diterima. Informasikan juga tentang tim Anda, keahlian yang dimiliki, dan pengalaman dalam industri.

 

  1. Komunikasikan Nilai Bisnis yang Berkelanjutan

 

Perhatikan aspek keberlanjutan dalam bisnis Anda dan komunikasikan ini dengan jelas kepada calon pendukung. Jelaskan bagaimana bisnis Anda berkontribusi pada lingkungan, masyarakat, atau isu-isu sosial yang relevan. 

 

Dengan menunjukkan bahwa bisnis Anda berfokus pada keberlanjutan, hal ini dapat menarik minat pendukung yang peduli dengan masalah-masalah ini.

 

  1. Bangun Komunitas Dukungan

 

Selama kampanye crowdfunding, lakukanlah interaksi secara aktif dengan calon pendukung. Tanggapi pertanyaan, berikan pembaruan rutin, dan berikan apresiasi kepada pendukung Anda. 

 

Selain itu, buatlah komunitas online yang mendukung bisnis Anda, seperti grup media sosial atau forum diskusi, di mana Anda dapat berbagi informasi dan berinteraksi dengan pendukung Anda. 

 

Memperkuat komunitas ini akan membantu membangun hubungan jangka panjang dan menciptakan kelompok yang bersedia membantu dan mendukung bisnis Anda.

 

  1. Tekankan Keunggulan Bisnis Perempuan

 

Jadikan keunikan dan keunggulan sebagai pebisnis perempuan sebagai salah satu poin penjualan utama dalam kampanye crowdfunding Anda. Ceritakan bagaimana perspektif perempuan dan keahlian Anda memberikan keuntungan kompetitif yang unik. 

 

Tak hanya itu, tekankan kontribusi perempuan dalam inovasi, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan yang berdampak positif pada bisnis Anda. Hal ini akan membuat Anda dilirik karena kredibilitas dan kualitas yang Anda miliki.

 

  1. Perkuat Personal Branding

 

Bangun citra pribadi yang kuat dan autentik sebagai pebisnis perempuan di platform crowdfunding. Fokus pada keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman Anda yang relevan. 

 

Berbagi cerita inspiratif tentang perjalanan Anda sebagai pebisnis perempuan, tantangan yang dihadapi, dan bagaimana Anda berhasil mengatasinya. Memperkuat personal branding akan membantu menarik perhatian dan kepercayaan calon pendukung.

 

Baca Juga: Apa itu Branding: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

 

  1. Optimalkan Media Sosial

 

Manfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan kampanye Anda. Gunakan platform seperti Instagram, Facebook, dan Twitter untuk mempromosikan kampanye Anda. 

 

Buat konten yang menarik, berbagi pembaruan tentang kemajuan kampanye, dan libatkan pendukung melalui konten interaktif seperti jajak pendapat atau tantangan. 

 

Jadilah konsisten dalam kehadiran online Anda dan manfaatkan penggunaan hashtag yang relevan untuk memperluas jangkauan dan menarik perhatian lebih banyak orang.

 

Baca Juga: 7 Media Promosi Bisnis Online Paling Efektif Tahun 2023

 

  1. Bergabung di Platform Komunitas Perempuan

 

Manfaatkan jaringan dan komunitas perempuan yang ada untuk mendapatkan dukungan dalam kampanye crowdfunding Anda. Salah satunya, terlibatlah dalam organisasi atau grup yang mendukung kewirausahaan perempuan. 

 

Selain itu, jalin koneksi dengan pebisnis perempuan lainnya, influencer, atau tokoh yang dapat membantu mempromosikan kampanye Anda. Kolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki basis pengikut yang kuat dapat meningkatkan visibilitas kampanye Anda.

 

Salah satunya, Anda bisa bergabung dengan Stellar Women, komunitas perempuan pemimpin di Indonesia. Komunitas ini menyediakan berbagai program pemberdayaan seperti kelas bisnis, mentorship, dan jejaring yang membantu perempuan mengembangkan potensi dalam berbisnis dan berkarir.

 

Nah, untuk mendapat insight dan pembelajaran seputar investasi, Anda bisa mengikuti webinar bertajuk “Invest Like a Boss: Achieve Your Financial Goals through Diversified Investment Portfolio”.

 

Webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Mei 2023. Asyiknya, acara kolaborasi Stellar Women dan Bizhare ini gratis, loh!

 

Jika tertarik, silakan daftar di stellarw.com/scaleupfriday1 sekarang juga!

 

Bizhare Stellar Women Crowdfunding Pebisnis Perempuan

 

Demikian tips dan trik sukses crowdfunding bagi para pebisnis perempuan. Dengan mengikuti panduan di atas, pebisnis perempuan dapat meningkatkan peluang kesuksesan kampanye mereka di platform crowdfunding

770 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
173 Suka