01 April 2024
4 menit baca

10 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Puasa, #AmankanMasaDepanMu di Bulan Fitri

4 menit baca

Cara Mengatur Keuangan Bulan Puasa

 

Puasa tidak hanya melulu soal menahan lapar dan haus, tetapi juga merupakan waktu yang tepat untuk menahan diri agar tidak boros dan menghambur-hamburkan keuangan. Dengan melakukan perencanaan finansial secara ketat, Anda bisa menjalani bulan puasa dengan lebih tenang dan fokus pada ibadah. Berikut adalah sederet cara mengatur keuangan saat bulan puasa.

 

  • Buat Rencana Anggaran

 

Rencana anggaran adalah langkah pertama yang penting dalam mengatur keuangan Anda selama bulan puasa. Mulailah dengan mencatat semua sumber pendapatan bulanan Anda, seperti gaji, penghasilan tambahan, atau pendapatan lainnya. Selanjutnya, identifikasi semua pengeluaran bulanan Anda, termasuk kebutuhan pokok seperti makanan, minuman, transportasi, dan tagihan rutin seperti listrik, air, dan sewa.

 

Setelah itu, alokasikan dana untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut dan pastikan total pengeluaran tidak melebihi total pendapatan Anda. Jika ada sisa dana, pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian untuk tabungan atau sedekah.

 

Baca Juga: Apa Itu Uang THR dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

 

  • Prioritaskan Kebutuhan Utama

 

Selama bulan puasa, penting untuk memprioritaskan kebutuhan utama Anda, terutama terkait dengan makanan dan minuman untuk berbuka dan sahur. Pastikan untuk menyediakan makanan yang bergizi dan mencukupi kebutuhan nutrisi Anda, namun tetap sesuai dengan anggaran yang telah Anda tentukan.

 

Selain itu, prioritaskan juga kebutuhan lain yang mendukung kesehatan dan kenyamanan Anda selama bulan puasa, seperti obat-obatan atau kebutuhan kesehatan lainnya. Hindari pengeluaran untuk barang-barang yang tidak terlalu penting atau bersifat konsumtif.

 

  • Fokus Pada Penghematan Rumah Tangga 

 

Bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk menghemat pengeluaran di rumah. Anda dapat memulainya dengan mengelola penggunaan listrik dan air dengan lebih bijak, misalnya dengan mematikan lampu yang tidak perlu, menggunakan peralatan listrik secara efisien, dan memperbaiki keran yang bocor.

 

Selain itu, manfaatkan makanan yang sudah ada di rumah untuk berbuka dan sahur, sehingga Anda tidak perlu sering berbelanja makanan. Jika memungkinkan, Anda juga dapat menumbuhkan tanaman sayuran atau rempah-rempah di rumah untuk menghemat pengeluaran belanja bahan makanan.

 

Baca Juga: Apa itu Sukuk: Pengertian, Jenis, dan Cara Membelinya

 

  • Batasi Makan di Luar

 

Makan di luar selama bulan puasa dapat menjadi pengeluaran besar jika tidak diatur dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk membatasi frekuensi makan di luar dan lebih banyak memasak di rumah. Selain lebih ekonomis, memasak di rumah juga memastikan makanan yang dikonsumsi lebih higienis dan sehat.

 

Anda dapat membuat jadwal untuk makan di luar sesekali sebagai bentuk kegiatan sosial atau untuk menyegarkan pikiran, namun tetap sesuaikan dengan anggaran yang telah Anda tentukan.

 

  • Cari Promo dan Diskon

 

Manfaatkan promo dan diskon yang tersedia selama bulan puasa untuk menghemat pengeluaran. Anda dapat mencari promo dan diskon di supermarket, restoran, atau warung makan terdekat. Sebelum berbelanja, pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk agar Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencari promo dan diskon untuk pembayaran tagihan, transportasi, atau kebutuhan lainnya yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Salah satunya, jika Anda sering berinvestasi di Bizhare, Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

  • Beri Prioritas pada Sedekah

 

Selama bulan puasa, sedekah memiliki nilai yang sangat penting. Tetapkan jumlah sedekah yang ingin Anda berikan dan sisihkan sebagian dari pendapatan bulanan Anda untuk ini. Anda dapat menyisihkan sejumlah uang setiap harinya atau mengumpulkan sedekah selama bulan puasa untuk dibagikan kepada yang membutuhkan di akhir bulan.

 

Berikan prioritas pada sedekah dalam rencana anggaran Anda dan jangan lupa untuk tetap konsisten dalam memberikannya, meskipun dalam jumlah yang kecil. Dengan demikian, Anda bisa melaksanakan ibadah Anda dengan tenang dan damai.

 

Baca Juga: Risiko Investasi Sukuk dan Cara Mitigasinya

 

  • Hindari Utang

 

Selama bulan puasa, menghindari utang sangat penting untuk menjaga stabilitas keuangan Anda. Utang dapat memberikan solusi sementara untuk memenuhi kebutuhan, tetapi dapat menimbulkan masalah finansial yang lebih besar jika tidak dikelola dengan baik. 

 

Sebelum mengambil utang, pertimbangkan dengan cermat apakah utang tersebut benar-benar diperlukan dan apakah Anda memiliki rencana yang jelas untuk mengembalikannya.

 

Jika memungkinkan, prioritaskan untuk menggunakan uang tunai yang sudah Anda miliki atau mencari solusi lain seperti pinjaman dari keluarga atau teman yang lebih mudah untuk dikelola.

 

  • Manfaatkan Internet

 

Internet merupakan sumber informasi yang tak terbatas, terutama dalam hal mengatur keuangan. Manfaatkan internet untuk mencari promo, diskon, atau penawaran khusus lainnya yang dapat membantu menghemat pengeluaran Anda selama bulan puasa.

 

Selain itu, manfaatkan pula berbagai aplikasi keuangan yang dapat membantu Anda mengelola anggaran, melacak pengeluaran, dan merencanakan keuangan Anda dengan lebih efisien. Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda dapat memiliki kontrol yang lebih baik terhadap keuangan Anda.

 

  • Evaluasi dan Sesuaikan

 

Evaluasi secara berkala terhadap rencana anggaran Anda sangat penting untuk memastikan keuangan Anda tetap terkendali selama bulan puasa. Selama bulan puasa, ada kemungkinan adanya perubahan dalam pengeluaran atau pendapatan Anda yang perlu Anda perhatikan.

 

Jika ada pengeluaran yang tidak terduga atau pendapatan yang kurang dari yang diharapkan, segera sesuaikan rencana anggaran Anda. Evaluasi juga membantu Anda melihat pola pengeluaran yang perlu diperbaiki atau dioptimalkan untuk keuangan Anda.

 

  • Berbagi dengan Keluarga

 

Melibatkan keluarga dalam pengambilan keputusan keuangan dapat menciptakan dukungan dan kerjasama dalam mencapai tujuan keuangan Anda selama bulan puasa. Diskusikan rencana anggaran dan cara mengatur keuangan dengan keluarga, sehingga setiap anggota keluarga dapat saling mendukung dan memahami pentingnya mengelola keuangan dengan baik.

 

Dengan berbagi informasi tentang keuangan, Anda juga dapat belajar dari pengalaman dan ide-ide anggota keluarga lainnya untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Selain itu, ini juga dapat menjadi kesempatan untuk mengajarkan nilai-nilai keuangan yang baik kepada anak-anak.

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

136 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
40 Suka