16 May 2024
4 menit baca

10 Cara Menabung Rp1 Juta dalam Sebulan untuk Pelajar

4 menit baca

Cara Menabung 1 Juta dalam Sebulan untuk Pelajar

 

Menabung wajib dibiasakan sejak dini, termasuk di kalangan pelajar SD, SMP, hingga SMA. Tak perlu banyak-banyak, pelajar bisa mengumpulkan minimal Rp1 juta dari uang jajan maupun penghasilan tambahannya. Buat yang penasaran bagaimana langkahnya, berikut panduan cara menabung Rp1 juta dalam sebulan untuk pelajar sekolah.

 

  • Tentukan Tujuan Menabung

 

Menetapkan tujuan menabung adalah langkah awal yang sangat penting. Dengan mengetahui tujuan yang ingin dicapai, seorang pelajar akan lebih termotivasi untuk menabung secara teratur. Tujuan tersebut dapat berupa membeli barang yang diinginkan, menyiapkan dana darurat, atau merencanakan masa depan yang lebih baik.

 

Baca Juga: Tujuan Keuangan: Pengertian, Jenis, & Cara Menentukannya

 

  • Membuat Daftar Prioritas

 

Membuat daftar prioritas pengeluaran membantu pelajar mengidentifikasi kebutuhan yang paling penting dan yang dapat ditunda. Dengan cara ini, baik pelajar SD, SMP, hingga SMA dapat mengalokasikan uang dengan lebih efisien, memastikan bahwa kebutuhan yang paling penting terpenuhi, sambil tetap dapat menabung.

 

  • Sisihkan Uang Jajan Tiap Hari

 

Salah satu cara praktis untuk menabung Rp1 juta dalam sebulan adalah dengan menyisihkan sebagian uang jajan setiap harinya. Misalnya, seorang pelajar dapat menentukan jumlah tertentu yang ingin disisihkan dari uang jajan harian untuk ditabung. Meskipun jumlahnya kecil, namun hal ini dapat berkontribusi besar terhadap tabungan Anda dalam jangka panjang.

 

Baca Juga; 14 Tips Menabung untuk Pelajar SD-SMP-SMA, Muda & Cepat!

 

  • Membuat Tabungan Khusus Pelajar

 

Beberapa bank menawarkan tabungan khusus untuk pelajar dengan berbagai fasilitas yang menguntungkan, seperti suku bunga yang lebih tinggi atau biaya administrasi yang lebih rendah. Manfaatkan fasilitas ini untuk mengoptimalkan tabungan dan mendapatkan manfaat lebih dari uang yang ditabung.

 

  • Kurangi Jajan

 

Kebiasaan jajan seringkali menjadi salah satu penyebab utama pengeluaran yang tidak terkontrol. Cobalah untuk mengurangi jajan dengan membawa bekal dari rumah atau membatasi jajan pada saat-saat tertentu saja. Dengan mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting, pelajar dapat mengalokasikan uang tersebut untuk ditabung.

 

Baca Juga: Cara Menyusun Rencana Masa Depan & Contohnya

 

  • Cari Penghasilan Tambahan

 

Selain menabung dari uang jajan, mencari penghasilan tambahan juga dapat menjadi cara efektif untuk mencapai target menabung. Seorang pelajar dapat memanfaatkan waktu luang di luar jam sekolah untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan sampingan, seperti memberikan les privat, menjual barang-barang online, atau bahkan membantu orang tua dalam usaha mereka. Penghasilan tambahan ini dapat disisihkan langsung ke dalam tabungan.

 

  • Mulai Investasi Kecil-kecilan

 

Investasi bukan hanya untuk orang dewasa saja, loh! Pelajar pun dapat memulai investasi kecil-kecilan. Misalnya, pelajar dapat memulai dengan membeli saham atau obligasi syariah yang memiliki risiko lebih rendah. Atau, pelajar juga dapat memilih untuk berinvestasi dalam bentuk emas atau properti yang nilainya cenderung stabil. 

 

Jika mereka sudah memiliki pengalaman yang cukup dan ingin mencoba berinvestasi dengan modal lebih tinggi, pelajar bisa mencoba menanam modal saham bisnis di platform securities crowdfunding Bizhare.

 

Mulai dari jutaan Rupiah, seorang pelajar sudah bisa memiliki saham bisnis terbaik dari aneka sektor, mulai dari FnB, penginapan, hingga logistik. Tentu saja, seorang pelajar harus mempelajari terlebih dahulu proposal bisnis terkait agar tahu track recordnya dan bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

 

Memulai investasi sejak dini dapat membantu Anda mengembangkan tabungan Anda lebih cepat dan meraih keuntungan di masa depan.

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

  • Konsisten dan Disiplin

 

Kunci utama dalam menabung adalah konsistensi dan disiplin. Tetapkan target menabung yang realistis dan patuhi rencana tersebut. Cobalah untuk tidak tergoda untuk mengambil uang dari tabungan kecuali untuk kebutuhan yang benar-benar penting. Dengan konsistensi dan disiplin, seorang pelajar akan dapat mencapai tujuan menabung Anda lebih cepat dan lebih efektif.

 

  • Manfaatkan Teknologi

 

Di era digital seperti sekarang, banyak aplikasi dan layanan yang dapat membantu seorang pelajar mengelola keuangan dan menabung dengan lebih efisien. Manfaatkan teknologi ini untuk mengatur anggaran, melacak pengeluaran, dan bahkan mengelola investasi. Dengan memanfaatkan teknologi, seorang pelajar dapat lebih mudah mengontrol keuangan Anda dan mencapai tujuan menabung.

 

Kerennya, jika seorang pelajar berinvestasi di platform Bizhare, mereka akan mendapatkan informasi bisnis yang mereka investasikan secara up-to-date, mulai dari laporan keuangan dan performanya secara berkala. Bahkan, mereka akan mendapatkan laporan kapan dividen akan dibagikan serta rinciannya. Sebagai informasi, seorang pelajar bisa berinvestasi di Bizhare saat usianya sudah menginjak 17 tahun dan memiliki KTP

 

  • Tingkatkan Literasi Keuangan

 

Selain mencari cara untuk menambah penghasilan dan mengelola keuangan dengan baik, penting juga bagi siapapun untuk terus mengedukasi diri tentang keuangan. Pelajari tentang investasi, manajemen keuangan, dan cara-cara untuk mengoptimalkan penghasilan. Dengan pengetahuan yang lebih baik tentang keuangan, seorang pelajar akan dapat mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam mengelola uang Anda dan mencapai tujuan keuangan.

 

Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Penerapannya

 

Cari Promo dan Diskon Menarik? Investasi di Bizhare, Yuk! 

 

Manfaatkan promo dan diskon yang tersedia untuk menghemat pengeluaran belanja bulanan. Anda dapat mencari promo dan diskon di supermarket, restoran, atau warung makan terdekat. Sebelum berbelanja, pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk agar Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencari promo dan diskon untuk pembayaran tagihan, transportasi, atau kebutuhan lainnya yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Salah satunya, jika Anda sering berinvestasi di Bizhare, Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

114 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
23 Suka