05 June 2024
5 menit baca

10 Bad Money Habits dan Cara Mengatasinya

5 menit baca

 Bad Money Habits

 

Kebiasaan buruk dalam mengelola uang dapat berdampak negatif pada kesehatan keuangan kita. Kebiasaan ini sering kali tidak disadari dan terus dilakukan hingga menjadi masalah besar, khususnya dalam situasi darurat. Dalam artikel ini, kita akan membahas deretan bad money habits yang umum terjadi serta cara efektif untuk mengatasinya.

 

  • Membeli Barang-barang Tidak Penting secara Berlebihan

 

Pengeluaran berlebihan pada barang-barang yang tidak penting merupakan kebiasaan buruk yang dapat menguras tabungan. Misalnya, sering membeli pakaian, gadget, atau barang lainnya hanya karena sedang diskon, padahal tidak benar-benar dibutuhkan. Hal ini bisa menyebabkan defisit keuangan yang akhirnya menghambat tercapainya tujuan finansial jangka panjang.

 

Untuk mengatasi hal ini, buatlah anggaran bulanan dan patuhi dengan disiplin. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Sebelum membeli sesuatu, tanyakan pada diri sendiri apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya sekadar keinginan sesaat. Disiplin dalam mengikuti anggaran akan membantu Anda mengontrol pengeluaran dan menabung lebih efektif.

 

Baca Juga: Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan, Pasti Tercapai!

 

  • Mengabaikan Pembayaran Tagihan

 

Menunda atau mengabaikan pembayaran tagihan bisa berakibat denda dan bunga yang menumpuk. Hal ini akan semakin memberatkan keuangan di kemudian hari, karena biaya tambahan ini dapat menguras anggaran yang seharusnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

 

Cara mengatasinya adalah dengan mengatur pengingat untuk setiap tanggal jatuh tempo tagihan. Manfaatkan fasilitas pembayaran otomatis melalui bank untuk menghindari keterlambatan pembayaran. Dengan disiplin membayar tagihan tepat waktu, Anda bisa menghindari denda dan menjaga kesehatan finansial.

 

  • Tidak Menyisihkan Dana Darurat

 

Banyak orang yang tidak memiliki dana darurat sehingga saat terjadi keadaan yang tak diinginkan, mereka terpaksa berutang atau menggunakan kartu kredit. Ini bisa menjadi masalah besar jika terjadi pengeluaran tak terduga seperti biaya medis atau perbaikan rumah.

 

Mulailah menyisihkan sebagian kecil dari penghasilan setiap bulan untuk dana darurat. Idealnya, dana darurat setara dengan biaya hidup selama 3-6 bulan. Dengan memiliki dana darurat, Anda bisa merasa lebih tenang dan siap menghadapi keadaan darurat tanpa harus khawatir keuangan terganggu.

 

  • Ketergantungan pada Kartu Kredit

 

Menggunakan kartu kredit untuk memenuhi gaya hidup yang tidak sebanding dengan penghasilan dapat membawa masalah keuangan jangka panjang. Bunga tinggi pada kartu kredit bisa membuat utang semakin menumpuk jika tidak dibayar penuh setiap bulan.

 

Gunakan kartu kredit hanya untuk keadaan darurat atau kebutuhan mendesak. Bayar tagihan kartu kredit secara penuh setiap bulan untuk menghindari bunga yang tinggi. Bijak dalam penggunaan kartu kredit akan membantu Anda menjaga stabilitas keuangan dan menghindari jebakan utang.

 

  • Tidak Mencatat Pengeluaran

 

Tanpa mencatat pengeluaran, kita tidak akan tahu kemana uang kita pergi dan sulit untuk mengontrol pengeluaran. Hal ini sering menyebabkan kebocoran anggaran yang tidak disadari, sehingga keuangan menjadi tidak terkendali.

 

Gunakan aplikasi keuangan atau catat pengeluaran harian secara manual. Dengan mencatat pengeluaran, kita bisa mengidentifikasi pos-pos mana yang bisa dihemat. Mengetahui detail pengeluaran membantu dalam merencanakan anggaran yang lebih baik dan efektif.

 

Baca Juga: 14 Tips Menabung untuk Pelajar SD-SMP-SMA, Muda & Cepat!

 

  • Belanja Impulsif

 

Belanja impulsif adalah pembelian yang dilakukan tanpa perencanaan dan sering kali hanya berdasarkan emosi sesaat. Kebiasaan ini bisa menguras tabungan dan menyebabkan penyesalan setelahnya.

 

Buat daftar belanja sebelum pergi ke toko dan patuhi daftar tersebut. Hindari browsing produk di e-commerce tanpa tujuan yang jelas. Dengan memiliki rencana belanja yang jelas, Anda bisa mengurangi pembelian impulsif dan menghemat lebih banyak uang.

 

  • Mengabaikan Investasi

 

Tidak berinvestasi sama saja dengan membiarkan uang menganggur dan tidak berkembang. Inflasi akan mengurangi nilai uang jika tidak diinvestasikan dengan baik.

 

Pelajari berbagai instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan Anda. Mulailah berinvestasi secara rutin, meskipun dalam jumlah kecil. Dengan berinvestasi, uang Anda dapat berkembang dan membantu mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

 

Jika Anda sudah memiliki pengalaman yang cukup dan ingin mencoba berinvestasi dengan modal lebih tinggi, Anda bisa mencoba menanam modal saham bisnis di platform securities crowdfunding Bizhare.

 

Mulai dari jutaan Rupiah, Anda sudah bisa memiliki saham bisnis terbaik dari aneka sektor, mulai dari FnB, penginapan, hingga logistik. Tentu saja, Anda harus mempelajari terlebih dahulu proposal bisnis terkait agar tahu track recordnya dan bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.

 

Memulai investasi sejak dini dapat membantu Anda mengembangkan tabungan Anda lebih cepat dan meraih keuntungan di masa depan.

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

  • Hidup dari Gaji ke Gaji

 

Kebiasaan ini membuat seseorang tidak memiliki tabungan dan rentan terhadap masalah keuangan jika terjadi keadaan darurat. Tanpa tabungan, setiap kali ada pengeluaran tak terduga, keuangan Anda bisa terganggu.

 

Atur anggaran yang realistis dan disiplin dalam menabung. Mulailah dengan menyisihkan sedikit demi sedikit hingga mencapai target tabungan yang diinginkan. Dengan memiliki tabungan, Anda bisa lebih tenang dan siap menghadapi situasi tak terduga.

 

  • Tidak Membuat Anggaran Bulanan

 

Tanpa anggaran, sulit untuk mengontrol pengeluaran dan memastikan uang digunakan dengan bijak. Hal ini bisa menyebabkan pengeluaran yang tidak terkendali dan kesulitan mencapai tujuan finansial.

 

Buat anggaran bulanan yang mencakup semua pengeluaran dan pendapatan. Tinjau dan evaluasi anggaran secara berkala untuk memastikan tetap sesuai dengan rencana. Dengan anggaran yang jelas, Anda bisa mengelola keuangan lebih efektif dan mencapai tujuan keuangan.

 

Baca Juga: Cara Menyusun Rencana Masa Depan & Contohnya

 

  • Mengabaikan Pendidikan Keuangan

 

Kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan membuat seseorang rentan terhadap kesalahan finansial. Ini bisa menyebabkan keputusan keuangan yang buruk dan kesulitan mencapai stabilitas finansial.

 

Luangkan waktu untuk belajar tentang keuangan pribadi melalui buku, seminar, atau kursus online. Pengetahuan yang baik tentang keuangan akan membantu membuat keputusan yang lebih bijak. Dengan terus belajar, Anda bisa meningkatkan kemampuan mengelola keuangan dan mencapai kebebasan finansial.

 

Baca Juga: Tujuan Keuangan: Pengertian, Jenis, & Cara Menentukannya

 

Mengubah kebiasaan buruk dalam mengelola uang memang tidak mudah, tetapi sangat penting untuk kesehatan keuangan jangka panjang. Dengan mengenali dan mengatasi kebiasaan buruk ini, kita bisa mencapai stabilitas finansial dan meraih tujuan keuangan yang diinginkan. 

 

Selalu ingat bahwa perencanaan dan disiplin adalah kunci utama dalam mengelola keuangan dengan baik. Pengetahuan yang cukup tentang keuangan dan kebiasaan yang baik akan membantu Anda dalam mencapai kebebasan finansial dan kehidupan yang lebih sejahtera.

 

Amankan Keuangan Anda dengan Poin Bizhare, Yuk! 

 

Salah satu cara dalam mencegah maupun mengatasi bad money habits adalah memanfaatkan promo dan diskon untuk menghemat pengeluaran belanja. Anda dapat mencarinya di supermarket, restoran, atau warung makan terdekat. Sebelum berbelanja, pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk agar Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencari promo dan diskon untuk pembayaran tagihan, transportasi, atau kebutuhan lainnya yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Salah satunya, jika Anda sering berinvestasi di Bizhare, Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

87 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
16 Suka