05 July 2023
3 menit baca

10 Tips Investasi untuk Pemula Supaya Tidak Salah Langkah

3 menit baca

 

Investasi adalah suatu kegiatan yang penting bagi pemula untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Namun, banyak pemula yang merasa bingung dan takut untuk memulai investasi karena ketidaktahuan mereka tentang pasar modal dan risiko yang terlibat. Maka dari itu, berikut daftar tips investasi untuk pemula agar tidak salah langkah.

 

  • Tentukan Tujuan Keuangan Anda

 

Sebelum memulai investasi, tentukan terlebih dahulu tujuan keuangan Anda. Apakah Anda ingin mempersiapkan dana pensiun, membeli rumah, atau membayar pendidikan anak? 

 

Dengan mengetahui tujuan Anda, Anda dapat menentukan strategi investasi yang tepat untuk mencapai target tersebut. Setiap tujuan memiliki tingkat risiko dan jangka waktu yang berbeda, oleh karena itu, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai.

 

  • Pelajari Dasar-dasar Investasi

 

Sebelum Anda memulai investasi, penting untuk mempelajari dasar-dasar investasi terlebih dahulu. Anda perlu memahami konsep-konsep seperti risiko investasi, diversifikasi, dan instrumen investasi yang tersedia. 

 

Baca buku, ikuti seminar, atau ikuti kursus online untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang investasi. Semakin Anda memahami investasi, semakin siap Anda dalam mengambil keputusan yang cerdas.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

  • Tentukan Toleransi Risiko Anda

 

Setiap investor memiliki toleransi risiko yang berbeda. Beberapa orang mungkin lebih cenderung mengambil risiko tinggi untuk peluang keuntungan yang lebih besar, sementara yang lain mungkin lebih memilih investasi yang lebih stabil dan aman. 

 

Penting untuk mengetahui sejauh mana Anda siap mengambil risiko. Hal ini akan membantu Anda memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

  • Diversifikasikan Portofolio Anda

 

Diversifikasi adalah salah satu kunci keberhasilan investasi. Dengan mendiversifikasi portofolio Anda, Anda mengurangi risiko kerugian yang terkait dengan penurunan nilai satu instrumen investasi. 

 

Investasikan dana Anda dalam berbagai jenis instrumen, seperti saham, obligasi, dan reksa dana. Jangan hanya mengandalkan satu jenis investasi saja. Diversifikasi membantu melindungi portofolio Anda dari risiko yang tidak terduga.

 

Baca Juga: Pentingnya Diversifikasi Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

  • Lakukan Riset Pasar dan Analisis Fundamental

 

Sebelum membeli saham atau instrumen investasi lainnya, lakukan riset pasar dan analisis fundamental terlebih dahulu. Pelajari kinerja perusahaan, tren industri, dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi nilai investasi Anda. 

 

Dengan melakukan riset yang komprehensif, Anda dapat membuat keputusan investasi yang lebih informasi dan terinformasi.

 

  • Gunakan Pendekatan Investasi Jangka Panjang

 

Investasi jangka panjang cenderung memberikan hasil yang lebih baik daripada investasi jangka pendek. Ketika Anda berinvestasi untuk jangka panjang, Anda memiliki waktu yang lebih lama untuk mengatasi fluktuasi pasar dan memanfaatkan pertumbuhan jangka panjang. 

 

Jadi, bersabarlah dan jangan terburu-buru dalam menjual investasi Anda ketika terjadi perubahan pasar yang singkat. Dengan demikian, Anda bisa memanen keuntungan dengan baik.

 

  • Perhatikan Biaya dan Fee

 

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, perhatikan biaya dan fee yang terkait dengan investasi tersebut. Beberapa instrumen investasi mungkin memiliki biaya transaksi atau fee yang tinggi, yang dapat mengurangi keuntungan Anda. 

 

Pahami dengan baik struktur biaya dan fee yang terkait dengan investasi yang Anda pilih, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana.

 

  • Jangan Biarkan Emosi Memengaruhi Keputusan Investasi

 

Emosi seperti ketakutan dan keserakahan seringkali dapat mempengaruhi keputusan investasi yang rasional. Jangan biarkan emosi Anda mengendalikan Anda saat berinvestasi. 

 

Buatlah rencana investasi yang baik, dan tetap berpegang pada rencana tersebut meskipun pasar mengalami fluktuasi. Hindari terburu-buru dalam menjual atau membeli investasi hanya karena emosi Anda sedang bergejolak.

 

  • Evaluasi dan Pantau Investasi Anda Secara Berkala

 

Investasi yang baik membutuhkan pemantauan dan evaluasi secara berkala. Pantau kinerja investasi Anda dan evaluasi apakah investasi tersebut masih sesuai dengan tujuan keuangan Anda. Jika diperlukan, lakukan penyesuaian portofolio untuk memaksimalkan potensi keuntungan dan mengurangi risiko.

 

  • Manfaatkan Platform Crowdfunding untuk Investasi

 

Terakhir, salah satu tips investasi untuk pemula adalah memanfaatkan securities crowdfunding. Platform crowdfunding adalah platform investasi yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam proyek bisnis dengan dana yang terjangkau. 

 

Platform seperti ini dapat memberikan kesempatan kepada pemula untuk berpartisipasi dalam investasi yang sebelumnya hanya terbatas pada investor institusional. Salah satunya adalah platform Bizhare yang telah terbukti menjadi salah satu penyelenggara crowdfunding nomor 1 di Indonesia.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Dalam memulai investasi, pemula perlu memperhatikan beberapa hal agar tidak salah langkah. Tentukan tujuan keuangan, pelajari dasar-dasar investasi, diversifikasikan portofolio, lakukan riset pasar, gunakan pendekatan jangka panjang, perhatikan biaya, hindari pengaruh emosi, hingga evaluasi investasi secara berkala.

 

Dengan menerapkan tips-tips investasi ini, pemula dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam investasi mereka. Semoga berhasil!

1400 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
380 Suka